Kanker Prostat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan penyakit akibat sel-sel kelenjar prostat berubah menjadi sel ganas yang menyebabkan prostat membesar, keras, dan berbenjol-benjol. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kencing pria. Fungsinya adalah untuk menghasilkan air mani sebagai sumber nutrisi sperma. Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker tersering pada pria. Umumnya, kondisi ini terjadi pada pria di atas usia 50 tahun.

 

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat dapat tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Gejala kanker prostat akan timbul ketika prostat membesar atau membengkak dan mulai memengaruhi uretra. Beberapa gejala yang timbul, antara lain:

  • Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari.
  • Nyeri atau panas pada Mr P saat buang air kecil atau ejakulasi.
  • Merasa kandung kemih selalu penuh.
  • Darah dalam urine atau air mani.
  • Tekanan saat mengeluarkan urine berkurang.
  • Sulit untuk menahan buang air kecil.

Pada stadium lanjut, kanker prostat sering menjalar (bermetastasis) ke tulang. Akibatnya, kondisi ini menimbulkan rasa nyeri hebat pada tulang belakang, tulang panggul, atau pangkal paha.

 

Penyebab Kanker Prostat

Penyebab timbulnya kanker prostat belum diketahui. Namun, faktor keturunan atau genetik serta mutasi gen tertentu diduga menjadi penyebab kanker prostat.

 

Faktor Risiko Kanker Prostat

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker prostat, antara lain:

  • Pria yang berusia 50 tahun ke atas.
  • Memiliki riwayat kanker prostat dalam keluarga.

 

Diagnosis Kanker Prostat

Dokter akan mendiagnosis kanker prostat dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan colok dubur untuk memeriksa ukuran kelenjar prostat, serta pemeriksaan penunjang seperti:

  • Pemeriksaan darah, yaitu tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen khusus prostat).
  • Biopsi, yaitu pengambilan sampel jaringan prostat untuk diperiksa di laboratorium.

 

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan kanker prostat tergantung pada stadium penyakitnya. Pada stadium awal, pengobatan dilakukan dengan operasi pengangkatan prostat (prostatektomi). Pada kasus tertentu juga diperlukan tindakan radiasi. Pada stadium lanjut, operasi sudah tidak dapat dilakukan.

Pengobatan yang dilakukan adalah dengan kemoterapi dan memberikan obat hormonal. Obat hormonal tersebut dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang. Jika terdapat metastasis ke tulang, radiasi di daerah tulang juga perlu dilakukan. Pengobatan pada stadium lanjut tidak bertujuan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mengurangi ukuran tumor dan mengurangi keluhan penderitanya.

 

Pencegahan Kanker Prostat

Beberapa upaya untuk pencegahan kanker prostat, antara lain dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti:

  • Mengkonsumsi sepiring buah dan sayur setiap hari.
  • Melakukan latihan jasmani 4–5 kali dalam seminggu.
  • Mempertahankan berat badan ideal.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika cara penanganan dan pencegahan di atas tidak berhasil, segera berdiskusi dengan dokter. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di sini.