5 Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan untuk Hilangkan Kista

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan untuk Hilangkan Kista

Halodoc, Jakarta - Kista adalah sebuah struktur yang mirip kantung dan berisi bahan cair, setengah padat, atau gas. Hal ini dapat terjadi di semua bagian tubuh. Gangguan ini dapat terjadi di dalam tubuh dan juga di luar tubuh.

Walau begitu, kista yang terjadi dapat berbeda-beda tergantung dari lokasi terjadi, jenis yang menyerang, dan tingkat keparahannya. Gangguan yang dapat membuat benjolan ini dapat dihilangkan dengan banyak cara, salah satunya adalah tindakan medis.

Tindakan Medis Untuk Hilangkan Kista

Perawatan yang dilakukan untuk mengatasi kista tergantung pada faktor yang menyebabkannya. Faktor-faktor tersebut antara lain jenis kista yang terjadi, lokasi kejadian, seberapa besar ukuran, dan tingkat ketidaknyamanan yang timbul. Berikut adalah beberapa tindakan medis untuk atasi kista:

  1. Obat Kortikosteroid

Salah satu tindakan medis yang dapat dilakukan adalah diberikannya obat untuk menangani hal tersebut. Dokter mungkin akan menyuntikkan obat kortikosteroid apabila gangguan tersebut terjadi di lutut kamu. Hal ini tidak selalu mengobati kista, tetapi rasa sakitnya dapat hilang.

  1. Obat Antibiotik

Pengobatan lainnya yang mungkin diberikan untuk menangani kista yang terjadi adalah obat antibiotik. Hal tersebut digunakan ketika kista mengalami infeksi. Obat ini dapat kamu beli dengan resep dokter melalui aplikasi Halodoc.

  1. Drainase Cairan

Drainase cairan juga mungkin dilakukan untuk hilangkan kista. Hal ini umumnya dilakukan pada kista lutut. Dokter akan mengalirkan cairan dari sendi kamu dengan menggunakan jarum. Tindakan medis ini umumnya dilakukan dengan pemeriksaan USG.

  1. Berendam di Air Hangat

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk hilangkan kista adalah dengan berendam di air hangat. Kamu dapat melakukan cara ini sebanyak tiga hingga empat kali sehari. Kista dapat menyusut dan sembuh apabila kamu melakukannya secara rutin.

  1. Operasi

Hal terakhir yang dapat dilakukan jika tidak ada alternatif lain untuk hilangkan kista adalah dengan melakukan operasi. Operasi yang dilakukan dapat berupa operasi kecil atau besar. Hal tersebut umumnya dilakukan jika kista terjadi pada bagian tubuh yang tidak terjangkau.

Sekarang kamu sudah tahu cara untuk hilangkan kista yang menyerang kamu. Jika ingin tahu cara hilangkan kista yang terjadi pada kamu secara efektif, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu bisa bertanya pada dokter kapan dan di mana saja. Mudah kan?

Sekarang, kamu sudah tahu cara menghilangkan kista, tetapi belum tahu hal yang menjadi gejala dan penyebab dari gangguan ini. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Ketahui Penyebab Kista pada Remaja Putri

Gejala yang Ditimbulkan Kista

Tanda atau gejala yang dapat ditimbulkan oleh kista dapat berbeda-beda, tergantung pada jenisnya. Umumnya, seseorang akan sadar terdapat benjolan yang tidak normal pada tubuh. Hal tersebut biasanya ketika seseorang mengalami kista kulit dan kista di bawah kulit.

Seseorang mungkin mengetahui kista payudara telah menyerangnya ketika menyentuh bagian tersebut. Kista pada payudara dapat terasa menyakitkan. Selain itu, kista yang terjadi pada otak dapat menyebabkan sakit kepala. Kendati demikian, kista-kista lainnya yang terjadi di dalam tubuh mungkin tidak menimbulkan gejala.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Miom & Kista

Penyebab Kista pada Tubuh

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan kista pada seseorang. Hal tersebut dapat terjadi karena penyebab yang ringan hingga berat. Berikut adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kista:

Baca juga: Ini Beda Kista dan Tumor di Rahim

  • Tumor.

  • Faktor genetik.

  • Infeksi.

  • Kelainan pada organ embrio yang sedang berkembang.

  • Kecacatan pada sel.

  • Kondisi peradangan kronis.

  • Penyumbatan saluran di tubuh yang menyebabkan cairan menumpuk.