5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik

Halodoc, Jakarta - Baik naik kendaraan pribadi maupun transportasi umum, mudik bersama Si Kecil terkadang punya tantangan tersendiri. Apalagi bagi ibu yang baru pertama kali akan mengalaminya. Pasalnya, di dalam perjalanan enggak menutup kemungkinan anak akan rewel atau bosan karena kemacetan, kelelahan, atau alasan lainnya. Nah, berikut tips yang bisa ibu coba agar Si Kecil enggak rewel selama dalam perjalanan mudik.

  1. Cek Kesehatannya

Menurut ahli spesialis gizi, sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya ibu untuk memastikan bahwa Si Kecil tengah berada dalam kondisi yang fit. Pasalnya, mudik yang memakan waktu lama bisa jadi menguras tenaganya sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, siapkanlah obat-obatan sederhana untuk dirinya dan anggota keluarga lainnya. Misalnya, obat sakit kepala, obat alergi, obat sakit mag, mabuk perjalanan, hingga obat anti diare. Obat-obatan ini amat membantu sebagai pertolongan pertama selama mudik.

  1. Jangan Lupakan Mainan Favoritnya

Bila Si Kecil memiliki mainan favorit seperti mobil-mobilan atau boneka, bawalah mainan tersebut untuk menghilangkan rasa penat di tengah perjalanan. Kata psikolog anak, sebaiknya bawalah mainan tersebut lebih dari satu agar ia enggak cepat merasa bosan. Lalu, berikan mainan itu satu persatu, bukannya sekaligus.

Selain itu, ibu bersama anggota keluarga lainnya juga bisa menciptakan permainan sendiri. Misalnya, tebak kata, menghitung jumlah mobil, atau permainan menarik lainnya.

(Baca juga: 6 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa)

  1. Perbanyak Informasi

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jalur yang akan dilewati. Misalnya, penginapan, tempat istirahat, restoran, dan tempat-tempat lainnya yang diperlukan selama perjalanan mudik. Nah, ketika Si Kecil sudah mulai merasa enggak nyaman di dalam kendaraan, ambil waktu rehat dan ajak dirinya bermain.

Agar dirinya enggak mudah merasa lelah atau bosan, disarankan untuk beristirahat setiap dua atau tiga jam. Hal ini pun juga bisa mengembalikan tenaga ibu atau ayah yang membawa kendaraan.

  1. Ketahui Kebiasaan Si Kecil

Agar anak merasa nyaman selama perjalanan mudik, ibu bisa kembali mengingat kebiasaan Si Kecil. Mulai dari jam tidur, ekspresinya jika sudah mulai lelah, atau perilakunya jika sudah mulai bosan. Mengenal kebiasaan Si Kecil ini bisa membantu ibu menenangkan Si Kecil jika ia mulai rewel di perjalanan. Termasuk juga, menu makanan Si Kecil. Bukan tidak mungkin ibu akan menemukan kesulitan menemukan makanan yang cocok dengan seleranya. Jadi, dari rumah ibu bisa menyiapkan menu khusus untuk berjaga-jaga kalau Si Kecil sulit makan saat di jalan.

  1. Persiapkan Aktivitas untuk Mengisi Waktu

Ibu sebaiknya perlu menyiapkan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu baik dalam perjalanan maupun ketika bersitirahat. Tujuannya, agar anak enggak merasa bosan selama perjalanan mudik yang memakan waktu cukup lama. Ibu bisa menyediakan film kartun favorit atau bahkan buku cerita untuk anak. Kalau memungkinkan, singgah ke tempat tertentu saat dalam perjalanan mudik juga membuat Si Kecil lebih antusias, lho. Misalnya, dalam perjalanan mudik akan melewati pantai. Maka tunjukan pada di Si Kecil jadi ia punya “sesuatu” yang lain untuk dinantikan selama perjalanan.

(Baca juga: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak Melalui Hewan Peliharaan)

  1. Pilih Trasnsportasi yang Tepat

Kalau memilih mudik dengan transportasi umum, sebaiknya pilih yang sesuai dengan preferensi anak. Hingga saat ini, pesawat masih menjadi transportasi primadona yang banyak dipilih orang. Selain bisa memangkas durasi perjalanan, transportasi udara ini juga bisa meminimalkan kondisi rewel Si Kecil saat di perjalanan. Namun, jika memilih kereta atau bis sebaiknya pastikan segala kebutuhan Si Kecil dalam perjalanan terpenuhi. Dengan begini, ia tidak bosan meski harus berada di perjalanan selama 8 hingga 12 jam atau lebih.

(Baca juga: Ajak Si Kecil Lakukan Hal Ini Agar Tak Lemas Saat Puasa)

Nah, andaikan Si Kecil atau anggota keluarga lainnya memiliki masalah kesehatan selama perjalan mudik, ibu enggak perlu panik. Ibu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, ibu bisa mengobrol dengan dokter spesialis anak dengan lebih mudah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!