Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Melalui Hewan Peliharaan

Mengajarkan Tanggung Jawab pada Anak Melalui Hewan Peliharaan
IBU & ANAK 24 May 2018

Halodoc, Jakarta - Kehadiran hewan peliharaan di tengah-tengah keluarga dapat membawa kebahagian sendiri bagi setiap anggota keluarga. Begitu pun untuk anak, sebab hewan peliharaan bisa jadi teman terbaik baginya. Selain itu, secara tidak langsung dengan memelihara hewan juga dapat mengajarkan tanggung jawab pada anak.

Meskipun memiliki hewan peliharaan dapat mengajarkan tanggung jawab pada anak, orangtua juga tetap harus mengawasi dan ikut mengurus hewan peliharaannya. Orangtua juga tetap harus bertanggung jawab atas kelangsungan hidup hewan peliharaannya. Jangan jadikan adopsi hewan peliharaan semata-mata hanya untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak, tetapi orangtua juga harus menyayangi hewan peliharaannya dengan tulus. Dengan begitu, Si Kecil juga dapat belajar mengenai tanggung jawab dari cara orangtua merawat hewan peliharaan.

Berikut adalah cara mengajarkan tanggung jawab pada anak yang terdapat dalam memelihara hewan peliharaan:

(Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak)

Memberi Makanan

Layaknya manusia, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, atau ikan juga memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Sebagai keluarga yang mengadopsinya, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab untuk memastikan bahwa hewan peliharaan yang diadopsi terpenuhi asupan makanannya. Oleh karena itu, orangtua bisa mengajarkan anak untuk memberi hewan peliharaanya makan.

Ajarkan anak pengertian bahwa hewan peliharaan juga membutuhkan makan sama seperti dirinya. Dengan begitu, anak akan lebih berempati karena rasa lapar adalah hal paling alami yang terjadi pada makhluk hidup. Selain itu, dengan mengajarkannya untuk memberi makan pada hewan peliharaan dapat menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup yang ada di dunia.

Memberi Perhatian

Memiliki hewan peliharaan tidak hanya soal memberinya makan. Hewan peliharaan juga harus diperhatikan keberadaanya. Di antaranya bisa dilakukan dengan cara mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, bermain, bercengkrama, atau sekedar mengelus kepalanya. Dengan begitu, hewan peliharaan akan merasa diterima di keluarga.

Ajarkanlah anak untuk memberikan perhatian pada hewan peliharaannya. Terkadang, anak-anak melihat hewan peliharaan sebagai mainannya. Oleh sebab itu, berikan pengertian bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia membutuhkan perhatian.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah dengan mengatur acara bermain yang melibatkan hewan peliharaan. Dengan melewatkan waktu bersama dengan hewan peliharaan, anak akan paham bahwa mengurus hewan peliharaan membutuhkan tanggung jawab.

Memberi Perawatan

Supaya hewan peliharaan selalu sehat, perawatan juga perlu dilakukan oleh yang memeliharanya. Merawat hewan peliharaan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, dalam mengadopsi hewan peliharaan memang memerlukan komitmen penuh. Jangan sampai hewan peliharaan hanya mendapatkan perhatian hanya pada saat mereka lucu dan menggemaskan. Perawatan tersebut bisa berupa memandikan, menyikat bulu, atau membersihkan kotoran hewan peliharaan.

(Baca juga: 6 Manfaat Punya Hewan Peliharaan untuk Anak)

Cobalah untuk melibatkan anak ketika sedang melakukan perawatan rutin. Jangan berikan sepenuhnya tanggung jawab merawat hewan peliharaan pada anak. Orangtua juga harus ikut mengawasi perawatan yang diberikan pada hewan peliharaan. Jadikan kegiatan perawatan ini sebagai kegiatan tim sekeluarga. Dengan begitu, anak akan paham bahwa ini adalah tanggung jawab bersama dan dapat menumbuhkan sisi tanggung jawab dalam dirinya.

Selain perawatan rutin, hewan peliharaan juga perlu diberikan perawatan kesehatan rutin. Ajaklah Si Kecil, ketika mengadakan kunjungan rutin atau kunjungan ketika hewan peliharaan sakit ke dokter hewan. Cara ini akan mengajarkan Si Kecil untuk berempati terhadap hewan peliharannya. Dengan begitu, Si Kecil akan memahami bahwa dirinya memiliki tanggung jawab untuk menjaga hewan peliharaannya selalu sehat.

Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab melalui hewan peliharaan memang memiliki tantangannya tersediri. Namun, upaya itu akan berbuah manis jika orangtua terus bersabar dan menjadi panutan yang terbaik bagi Si Kecil.

Menjaga kesehatan anak juga bisa menjadi tantangan bagi orangtua. Namun jangan khawatir, dengan Halodoc sehat menjadi lebih mudah. Dengan aplikasi ini, ibu dengan mudah bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Chat,Voice Call, atau Video Call. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan ibu akan sampai dalam waktu satu jam. Bahkan, ibu juga bisa memesan lab service tanpa harus keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Tak Hanya Cegah Stress, Ini 5 Manfaat Memelihara Hewan)

 


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Meski tidak banyak yang tahu, bridge adalah jenis olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 nanti. Lan...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

15 August 2018

Selain clean eating, ada beberapa cara diet lain yang juga menerapkan pola makan sehat, seperti vegetarian, ve...

Selengkapnya

IBU & ANAK

15 August 2018

Waspada penyakit ricket yang menyerang anak....

Selengkapnya