• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Mengobati Puting yang Lecet Saat Menyusui

5 Tips Mengobati Puting yang Lecet Saat Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Ibu yang memberikan ASI eksklusif sering mengalami masalah puting lecet. Kondisi ini kerap terjadi sekitar dua hari setelah melahirkan. Lecetnya puting dapat disebabkan karena posisi Si Kecil yang kurang tepat atau mulut bayi yang tidak menempel dengan baik saat menyusui.

Bukan hanya membuat ibu kesakitan, ibu mungkin khawatir dengan darah yang bisa bercampur dengan ASI dan terminum oleh Si Kecil. Lantas, bagaimana cara merawat dan mengobati puting yang lecet selama menyusui?

Baca Juga: Mitos dan Fakta tentang Menyusui yang Perlu Diketahui Ibu

Cara Mengobati Puting Lecet Saat Menyusui

Jangan sampai kondisi puting yang lecet membuat ibu kapok menyusui Si Kecil. Berikut perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati puting yang lecet akibat menyusui, yaitu:

1. Gunakan ASI

Menurut studi dalam ACS Publications, ASI yang diproduksi oleh tubuh ibu sebenarnya mengandung anti-bakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengobati puting lecet dan mengurangi rasa sakitnya. Caranya, oleskan beberapa tetes ASI pada area puting yang lecet sebelum dan sesudah menyusui, kemudian angin-anginkan hingga kering.

2. Kompres dengan Air Hangat

Untuk mengurangi rasa sakit di puting yang lecet, ibu bisa menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat, kemudian kompres payudara sebelum menyusui. Melansir dari Medical News Today, kompres air hangat juga membantu membersihkan area puting dan meningkatkan produksi ASI. Ibu bisa mandi dengan air hangat agar efeknya terasa hingga ke sekujur tubuh.

3. Oleskan Pelembap Alami

Bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond berkhasiat melembapkan area puting yang lecet. Selain itu, ibu dapat menggunakan tea tree oil yang mengandung antiseptik, sehingga mampu mengobati puting lecet lebih cepat. Kandungan tersebut dapat mencegah masalah lain yang dapat menghambat pemulihan puting yang sakit.

Baca Juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

4. Oleskan Salep

Salep khusus untuk menangani puting lecet kini mudah ditemukan dan banyak di jual bebas. Nah, penggunaan salep ini dapat mencegah puting melepuh, menjaga area puting tetap lembap dan mengurangi rasa gatal dan nyeri. Pilihlah salep yang mengandung chamomile atau calendula untuk menenangkan puting yang lecet.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan beberapa infeksi jamur yang rentan terjadi ketika puting lecet. Pastikan ibu banyak mengonsumsi buah dan sayuran, serta vitamin atau suplemen.

Jika ibu butuh suplemen atau vitamin, ibu bisa membelinya lewat aplikasi Halodoc. Tidak usah repot keluar rumah, tinggal order dan pesanan diantarkan dalam satu jam.

Baca Juga: 3 Tradisi Unik Ibu Menyusui di Dunia

Ibu juga tidak boleh lupa untuk selalu menjaga kebersihan payudara dengan mengganti bantalan payudara atau breast pad setiap selesai menyusui. Sebaiknya menggunakan bra berbahan katun agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Biarkan puting benar-benar kering sebelum kembali berpakaian.

 

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2020. How do you treat a milk blister?.
Verywell Family. Diakses pada 2020. Information and Treatment of Nipple Blebs.
ACS Publications. Diakses pada 2020. Human Milk Oligosaccharides Exhibit Antimicrobial and Antibiofilm Properties against Group B Streptococcus.