24 May 2018

5 Tips Sahur Bagi Pengidap Mag

5 Tips Sahur Bagi Pengidap Mag

Halodoc, Jakarta – Pengidap mag yang menjalankan ibadah puasa terkadang suka merasa khawatir, takut magnya bisa kambuh kapan saja. Wajar sih, pasalnya telat makan sedikit saja asam lambung bisa meroket dan menimbulkan rasa perih pada perut. Namun, kamu enggak perlu resah. Banyak kok ahli yang mengatakan kalau puasa memiliki banyak manfaat bagi pengidap mag.

Sebelumnya, mag sendiri dibagi menjadi dua jenis. Pertama mag organik, jenis ini timbul karena ada kelainan pada lambung sehingga bagi kamu yang ingin berpuasa, sebaiknya perlu berdiskusi dulu dengan dokter. Nah, yang kedua mag fungsional. Jenis ini boleh kok, bahkan dianjurkan berpuasa oleh para ahli. Mag jenis ini enggak disebabkan oleh kerusakan lambung, tapi dikarenakan waktu makan yang tak teratur dan pola makan yang keliru.

Meski pengidap mag diperbolehkan berpuasa, tapi ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan. Misalnya, saat mengonsumsi makanan di kala sahur. Nah, berikut tips sahur bagi penderita mag.

(Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Mag Saat Puasa)

  1. Jangan Terlalu Keras

Cobalah untuk tidak mengonsumsi nasi yang terlampau keras. Sebagai gantinya, cobalah nasi lembek secukupnya lengkap dengan sayur dan lauk sesuai dengan selera. Yang mesti diingat, jangan sesekali mencoba sayuran dan lauk yang bisa meningkatkan asam lambung.

  1. Pisang

Buah yang satu ini memiliki pH yang baik untuk membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. Namun, sayangnya manfaat pisang ini enggak berlaku pada semua orang. Sebab ada juga sekelompok kecil orang yang justru penyakit asam lambungnya memburuk setelah mengonsumsi pisang.

(Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Saat Sahur Buka Puasa)

  1. Konsumsi Oatmeal

Makanan yang ini juga baik bagi penderita penyakit asam lambung seperti mag. Alasannya, oatmeal bisa menyerap asam lambung sehingga bisa mengurangi gejala penyakit tersebut.

  1. Daging Tanpa Lemak

Contohnya, daging sapi, ikan, atau ayam yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus. Menu jenis ini baik untuk pengidap penyakit asam lambung.  Sebaiknya jangan olah makanan tersebut dengan cara digoreng, sebab makanan yang berlemak dan berminyak enggak disarankan untuk pengidap asam lambung.

  1. Minum

Bagi pengidap mag sebaiknya mesti minum secara berkala. Sebab konsumsi air dalam jumlah banyak justru akan membuat perut jadi kembung dan tidak nyaman.

(Baca juga: Pola Makan Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadan)

Nah, bagi kamu yang mengidap sakit mag, ada baiknya untuk berdiskusi dulu dengan dokter agar puasa bisa berjalan dengan aman dan efektif. Kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!