5 Tips untuk Mencegah Benturan pada Mata

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Tips untuk Mencegah Benturan pada Mata

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya tangan, siku, kaki atau lutut saja yang bisa terbentur, bagian tubuh lain seperti mata juga berisiko mengalaminya. Benturan mata sering terjadi saat berolahraga, bekerja, bermain maupun insiden yang terjadi di dalam rumah. Salah satu risiko yang mengancam akibat benturan pada mata adalah cedera mata. Untungnya, sebagian besar benturan maupun cedera mata dapat dicegah. Berikut langkah-langkah sederhana yang mengurangi risiko terjadinya benturan pada mata, yaitu:

Baca Juga: Sering Diabaikan, 6 Penyebab Retina Mata Rusak

  1. Pakai Kacamata

Selain mencegah masuknya debu dan partikel lain ke dalam mata, kacamata bisa mencegah benturan pada mata. Kenakan kacamata pelindung selama aktivitas berisiko, seperti saat bekerja, mengendarai motor atau berolahraga. Olahraga yang menggunakan bola, keping, tongkat, raket, benda terbang juga berpotensi menimbulkan benturan bahkan menyebabkan cedera mata.

Pilih kacamata pelindung olahraga yang berlabel ASTM F803. Kacamata ini telah memenuhi standar produk konsumen yang ditetapkan oleh ASTM International. Kacamata yang belum diuji untuk penggunaan olahraga, seperti kacamata hitam menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada tanpa menggunakan kacamata sama sekali.

  1. Atur Perabotan

Kamu juga perlu mengatur perabotan-perabotan rumah yang berisiko menyebabkan benturan pada mata maupun benturan ke bagian butuh lain. Perabotan yang berisiko menyebabkan benturan contohnya lukisan atau benda-benda yang dipajang di tembok. Pastikan agar lukisan, foto maupun benda-benda lain dipajang di tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata

  1. Pasang Lampu

Penerangan yang tidak memadai juga berisiko menyebabkan benturan pada mata. Oleh karena itu, pasang lampu di berbagai tempat yang kurang terkena cahaya. Kamu perlu memasang pegangan tangan untuk meningkatkan keamanan di tangga.

  1. Hati-Hati Saat Membuka Botol

Hati-hati saat membuka botol anggur atau minuman berkarbonasi. Meski kedengarannya sepele, jika tidak dilakukan dengan hati-hati tutup maupun pembuka botol bisa melukai mata. 

  1. Kenakan Helm

Kenakan helm dengan masker wajah polikarbonat atau pelindung kawat saat mengendarai motor maupun melakukan olahraga berdampak tinggi. Ini bertujuan untuk mencegah benturan mata jika kamu mengalami kecelakaan lalu lintas atau insiden saat olahraga.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar kesehatan mata, diskusikan saja bersama dokter mata Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Cedera Mata

Benturan terkadang bisa menyebabkan cedera mata. Sebelum mendapatkan perawatan medis, berikut langkah sederhana untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut, yaitu:

  • Jangan menyentuh, menggosok, atau memberi tekanan pada mata;

  • Jangan mencoba untuk menghapus atau mengambil objek yang masuk ke permukaan mata atau benda yang tampaknya telah menembus mata;

  • Jangan mengoleskan salep atau obat pada mata;

  • Bilas  bahan kimia yang terpapar mata dengan air bersih;

  • Tempatkan pelindung atau kasa di atas mata dengan lembut sampai mendapatkan penanganan medis.

Baca Juga: Mata Jadi Lebih Sehat dengan Instagram Dark Mode, Benarkah?

Cari bantuan medis dari dokter spesialis mata atau dokter lain sesegera mungkin bahkan jika cedera tampaknya kecil. Menunda perawatan bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan. 

Referensi :
John Hopkins Medicines. Diakses pada 2019. Preventing Eye Injuries.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Eye injury: Tips to protect vision.