• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Kesibukan yang padat terkadang membuat kamu tidak punya waktu untuk berolahraga di tempat gym. Selain itu, biaya untuk berlangganan di tempat gym rata-rata juga tidak murah. Tidak perlu khawatir, olahraga tidak selalu harus dilakukan di tempat gym. Asal kamu punya niat, kamu bisa melakukan latihan-latihan seperti sit up, push up, atau yoga di rumah.

Nah, agar olahraga di rumah lebih maksimal, kamu perlu menggunakan alat olahraga. Tidak harus memiliki alat-alat olahraga yang besar dan lengkap seperti di gym, alat olahraga praktis di bawah ini dapat menunjang aktivitas olahraga di rumah, yaitu:

Baca Juga: 6 Gerakan Olahraga ala Gym yang Bisa Dilakukan di Rumah

  1. Tali Skipping

Lompat tali alias skipping adalah olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Olahraga melompat ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Kamu dapat menjadikan skipping sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak jika tidak suka berlari.

Dilansir dari Health, melakukan lompat tali selama 10 menit ternyata setara dengan joging 30 menit, lho! Kalau kamu masih pemula, kamu mungkin belum mampu untuk langsung melakukan lompat tali selama 10 menit.

Untuk itu, kamu bisa mulai dengan melompat selama 30 detik terlebih dahulu. Ulangi sebanyak tiga sampai empat kali repetisi, istirahat selama 30 sampai 90 detik di sela-sela repetisi. Kalau sudah mulai terbiasa, tingkatkan durasi lompat tali menjadi 60 sampai 90 detik setiap minggunya.

  1. Matras Yoga

Jika kamu memilih yoga sebagai olahraga yang ingin dilakukan secara rutin, maka wajib untuk memiliki matras yoga. Matras yoga berfungsi sebagai alas untuk menjaga pijakan selama melakukan gerakan-gerakan yoga dan melindungi tubuh dari benturan jika kamu jatuh tergelincir. Olahraga yaga menjadi lebih nyaman untuk dilakukan.

Perlu diketahui, matras yoga bukan cuma bisa digunakan saat olahraga yoga saja. Matras yoga dapat mencegah kamu tergelincir di lantai, sehingga memudahkan kamu saat melakukan push-up dan plank. Jadi, kamu bisa menggunakan benda ini untuk melakukan sit up, push up, plank, dan lainnya.

  1. Dumbbell

Dumbbell atau barbel adalah alat olahraga yang berguna untuk latihan kekuatan. Bobot dumbbell bervariasi, ada yang sangat ringan (1 kilogram) sampai yang berat (10 kilogram). Kamu bisa berlatih mengangkat dumbbell secara rutin untuk membentuk otot lengan dan bahu. Jika kamu ingin meningkatkan intensitas olahraga, kamu bisa mencoba melakukan gerakan sit up, bench press, dan squat sambil memegang dumbbell.

Baca Juga: Gerakan dan Alat Olahraga yang Memicu Cedera

  1. Resistance Band

Resistance band adalah alat olahraga berupa seutas tali karet yang elastis. Selain dumbel, alat ini juga berguna untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Resistance band punya bentuk yang berbeda-beda, ada yang benar-benar seperti seutas tali, ada yang berbentuk lingkaran, ada juga yang memiliki pegangan di kedua ujungnya. Alat ini juga tersedia dalam tingkat elastisitasnya yang bermacam-macam, mulai dari rendah sampai tinggi.

Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit tali ditarik sehingga otot tubuhmu harus bekerja ekstra untuk menariknya. Umumnya, resistance band digunakan dengan cara menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Tapi bisa juga dengan menginjak salah satu ujung, dan kemudian tarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin.

  1. Foam Roller

Alat olahraga yang satu ini berupa gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang setelah melakukan olahraga berat. Kamu dapat menggunakan foam roller sebelum berolahraga untuk mencegah cedera.

Foam roller dapat digunakan selama melakukan yoga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berlatih dengan menggunakan foam roller secara rutin juga dapat menghilangkan selulit di tubuh.

  1. Ketel

Ketel adalah bola beban yang memiliki pegangan di atasnya. Cara menggunakannya dengan mengangkat, seperti angkat beban, atau diayunkan. Berlatih dengan menggunakan ketel juga termasuk latihan kekuatan yang menguatkan otot bagian tubuh atas, termasuk otot inti tubuh. Sama seperti dumbbell, kamu bisa menggunakan ketel saat melakukan gerakan-gerakan seperti plank, squat, sampai push up untuk memaksimalkan olahraga tersebut.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

Jadi, jangan ada alasan lagi untuk tidak berolahraga, ya. Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain berolahraga, kamu perlu menjaga pola makan dan minum suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika kamu membutuhkan suplemen dan vitamin, kamu bisa membeli lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot ke luar rumah, tinggal kamu pesan dan akan diantar ke tempat tujuan. Lebih praktis, kan?

Referensi :
USA TODAY Classifieds. Diakses pada 2020. 10 PIECES OF HOME GYM EQUIPMENT YOU NEED TO HAVE.
Health. Diakses pada 2020. The 15 Must-Have Pieces of Fitness Equipment for Home Workouts.