07 March 2018

6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Kesibukan yang padat kadang membuat sebagian orang tidak bisa berolahraga karena enggak sempat pergi ke tempat gym. Nyatanya, olahraga itu enggak selalu harus dilakukan di tempat gym kok. Asal kamu niat, kamu bisa melakukan latihan-latihan seperti sit up, push up, atau yoga di rumah. Nah, agar latihan olahraga kamu di rumah lebih maksimal, ini 6 alat olahraga yang perlu kamu siapkan.

Selain banyak manfaatnya, beberapa alat olahraga ini juga praktis, mudah disimpan bahkan dibawa kemana saja. Yuk, cari tahu berikut ini:

  1. Tali Skipping

Salah satu olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, termasuk di rumah, adalah lompat tali alias skipping. Olahraga melompat ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Kamu juga bisa menjadikan skipping sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak jika tidak suka berlari.

Bagi pemula, lakukan skipping tanpa berhenti selama 30 detik atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi sebanyak tiga sampai empat set, dengan beristirahat selama 30 sampai 90 detik di sela-sela set. Setelah beberapa minggu, tingkatkan durasi lompat tali menjadi 60 sampai 90 detik.

  1. Matras Yoga

Kalau kamu memilih yoga sebagai olahraga yang ingin kamu lakukan secara rutin, maka matras yoga menjadi peralatan penting yang wajib kamu miliki. Matras yoga berfungsi sebagai alas untuk menjaga pijakan tetap mantap selama melakukan gerakan-gerakan yoga, sekaligus melindungi tubuh dari benturan jika kamu jatuh tergelincir. Kamu pun jadi lebih nyaman berlama-lama melakukan olahraga yoga di atas matras yoga.

  1. Dumbell

Alat olahraga selanjutnya yang sangat berguna untuk latihan kekuatan adalah dumbbell atau barbel. Bobot dumbbell pun bervariasi, ada yang sangat ringan (1 kilogram) sampai yang berat (10 kilogram). Kamu bisa berlatih mengangkat dumbbell secara rutin untuk membentuk otot lengan dan bahu. Kamu juga bisa menambah intensitas olahraga dengan melakukan gerakan sit up, bench press, dan squat sambil memegang dumbbell.

  1. Resistance Band

Selain dumbbell, alat olahraga berupa seutas tali karet yang elastis ini juga berguna untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Resistance band punya bentuk yang berbeda-beda, ada yang benar-benar seperti seutas tali, ada yang berbentuk lingkaran, ada juga yang memiliki pegangan di kedua ujungnya. Tingkat elastisitasnya juga bermacam-macam, mulai dari rendah sampai tinggi. Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit tali ditarik sehingga otot tubuhmu harus bekerja ekstra untuk menariknya.

Umumnya, resistance band digunakan dengan cara menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Tapi bisa juga dengan menginjak salah satu ujung, dan kemudian tarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin.

  1. Foam Roller

Alat olahraga yang satu ini berupa gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang setelah melakukan olahraga berat. Kamu juga bisa menggunakan foam roller sebelum berolahraga untuk mencegah cedera. Foam roller juga bisa digunakan sebagai alat bantu olahraga selama yoga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berlatih dengan menggunakan foam roller secara rutin juga dapat menghilangkan selulit di tubuh, lho.

  1. Ketel

Ketel adalah bola beban yang memiliki pegangan di atasnya. Cara menggunakannya adalah dengan mengangkat, seperti angkat beban, atau diayunkan. Berlatih dengan menggunakan ketel juga termasuk latihan kekuatan yang dapat menguatkan otot bagian tubuh atas, termasuk otot inti tubuh. Sama seperti dumbbell, kamu bisa menggunakan ketel saat melakukan gerakan-gerakan seperti plank, squat, sampai push up untuk memaksimalkan olahraga tersebut.

Jadi, enggak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga, ya. Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan, enggak perlu repot-repot, pakai saja aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google.