Mau Bakar Lemak dengan Cepat? Coba 5 Makanan Ini

Mau Bakar Lemak dengan Cepat? Coba 5 Makanan Ini
DIET & NUTRISI 26 March 2018

Halodoc, Jakarta – Memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang. Itu mengapa banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan diet. Sayangnya, banyak yang mengira jika diet hanya bisa dilakukan dengan mengurangi porsi makan.

Padahal, diet juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu yang memang efektif untuk membakar lemak tubuh. Jika saat ini kamu sedang diet, kamu perlu tahu cara cepat bakar lemak tubuh dengan makanan. Apa saja? Simak di sini, yuk! (Baca juga: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut)

1. Oatmeal

Oatmeal sering dijadikan makanan untuk diet. Alasannya karena oatmeal dibuat dari gandum utuh yang bebas lemak jenuh dan kaya serat yang bikin kenyang lebih lama. Konsumsi oatmeal juga dapat membantu kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon yang dapat meluruhkan lemak di dalam perut. Agar konsumsi oatmeal efektif menurunkan berat badan, sebisa mungkin, hindari penggunaan topping yang tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam, ya. 

2. Kacang-kacangan

Sebuah studi menemukan bahwa kacang dapat membantu menurunkan berat badan dan memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Ini karena kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, dan kacang edamame mengandung lemak sehat dan kaya serat yang bikin kenyang lebih lama. Agar tidak berlebihan, kamu bisa meletakkan 28 gram atau setara dengan satu genggaman tangan kacang ke dalam mangkuk kecil. Kamu bisa mengolah kacang dengan cara direbus, dikukus (untuk kacang edamame), atau ditambahkan ke sup dan salad untuk dikonsumsi saat diet. (Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah)

3. Putih Telur

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi putih telur saat sarapan. Ini karena putih telur tidak memiliki kolestrol, rendah kalori, dan mengandung leucine, senyawa yang dapat mengatur protein otot dan membakar lemak tubuh. Sebuah studi di Pennington Biomedical Research Center telah membuktikan bahwa orang yang sarapan dua putih telur setiap pagi akan lebih berenergi dan mengalami penurunan lebih banyak dibandingkan yang sarapan dengan roti.

4. Teh Hijau

Teh hijau banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Ini karena teh hijau dianggap efektif dalam menurunkan berat badan dan membakar lemak. Tidak salah memang, karena sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology of Behavior menyebutkan bahwa orang yang diet sambil mengonsumsi teh hijau mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan yang tidak.

5. Yogurt

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity disebutkan bahwa konsumsi yogurt dapat menyalakan mesin pembakar lemak di dalam tubuh. Itu mengapa konsumsi yogurt saat diet diyakini dapat mempercepat penurunan berat badan dan mengecilkan perut. Kamu bisa menambahkan yogurt di menu diet harian. Tapi pastikan yogurt yang kamu pilih adalah yogurt yang rendah lemak dan rendah gula. Jika kamu ingin menambahkan topping pada yogurt, sebisa mungkin gunakan topping yang rendah kalori seperti buah dan kacang-kacangan.

Selain makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu memerhatikan kondisi kesehatan saat diet. Jika kamu punya keluhan kesehatan, ada baiknya kamu segera bicara dengan dokter. Agar tidak repot, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. (Baca juga: Ingin Langsing? Coba Panduan Makan ala Diet Keto)


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya