6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak kenal penyakit kutu air? Penyakit ini merupakan infeksi jamur yang menimbulkan ruam bersisik pada sela-sela jari kaki. Kutu air, atau dalam dunia medis dikenal sebagai tinea pedis, akan berisiko dialami oleh orang-orang yang tidak menjaga kebersihan kakinya dengan baik.

Pengidap kutu air akan mengalami serangkaian gejala, seperti adanya lepuhan pada sela-sela jari kaki yang terasa gatal, serta kulit yang retak dan mengelupas. Jika mengalami hal ini, berikut bahan alami untuk atasi kutu air:

Baca juga: Musim Hujan, Cegah Kutu Air dengan 7 Cara Ini

1. Tea Tree Oil

Kandungan pada tea tree oil sudah tidak diragukan lagi. Bahan alami yang satu ini diklaim ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam masalah kulit. Salah satunya kutu air. Kandungan pada tea tree mampu membunuh berbagai macam jamur, kuman, dan bakteri penyebab masalah pada kulit.

Tea tree oil juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah dampak negatif radikal bebas pada kulit. Ketika mengidap kutu air, kamu cukup mengoleskan bahan alami yang satu ini pada area yang terkena. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengoleskannya tiga kali dalam sehari.

2. Garam

Garam sudah dikenal mampu mengatasi peradangan, salah satunya pada kulit. Jika kamu mengidap kutu air, campurkan garam dengan air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan hal tersebut setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari. Dalam hal ini, garam berperan sebagai pembunuh jamur penyebab kutu air.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Terkena Kutu Air

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung minyak atsiri dan allicin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antiseptik, serta antiinflamasi. Selain itu, kandungan pada bawang putih juga mampu meredakan rasa nyeri akibat rasa gatal yang berlebihan.

Pengidap kutu air dapat menumbuk satu siung bawang putih, kemudian tempelkan pada area yang terkena dengan balutan kain atau perban. Diamkan selama beberapa jam. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara tersebut secara berkala.

4. Soda Kue

Kandungan antiseptik pada soda kue ternyata efektif dalam membunuh kuman atau jamur yang menjadi penyebab dari kutu air. Dalam hal ini, kamu dapat merendam kaki pada larutan soda kue dan air hangat selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukannya sesering mungkin.

5. Singkong

Kandungan sianida pada singkong ternyata ampuh dalam membunuh jamur penyebab kutu air. Caranya dengan menempelkan daging singkong yang sudah dihaluskan pada area yang terkena, kemudian diamkan hingga mengering. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari.

6. Daun Sirih

Antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat membunuh kuman penyebab kutu air. Dalam hal ini, kamu dapat merebus daun sirih dengan garam. Gunakan air rebusan ini untuk merendam kaki. Lakukan selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini sesering mungkin.

Baca juga: Hilangkan Kutu Air dengan Korek Api, Bolehkah?

Jika kamu telah menggunakan berbagai macam bahan tersebut, tetapi kutu air kamu tidak kunjung membaik, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui Halodoc. Penanganan secepatnya akan meminimalisir terjadinya komplikasi yang berbahaya. Jadi, jangan lupa jaga selalu kesehatanmu, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Athlete’s Foot.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Five Home Remedies for Athlete's Foot.