16 May 2018

6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa

6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Setelah menjalani puasa seharian, pasti akan sangat menyenangkan apabila menyantap makanan dan minuman manis. Segelas es teh manis saja rasanya akan sangat menyejukkan. Namun, apabila makanan dan minuman manis dikonsumsi secara berlebihan, akibatnya juga tidak baik untuk tubuhmu. Glukosa tersebut akan disimpan menjadi lemak di tubuhmu dan membuat berat badanmu naik. Tidak mau kan sebulan puasa malah membuatmu gemuk? Maka dari itu, ada baiknya kamu mengalihkan makanan manis tersebut ke buah-buahan bisa jadi pilihan tepat.
Selain memiliki rasa manis yang tidak berlebihan, buah-buahan akan sangat cocok dinikmati dengan cara dimakan atau dibuat menjadi jus buah. Nah, berikut ini beberapa buah yang cocok untk berbuka puasa:

(Baca juga: 7 Buah Terbaik Untuk Jantung Sehat)

  1. Apel

Mengosumsi apel untuk berbuka puasa akan membantu sistem pencernaanmu dengan cara menyiapkan sistem pencernaanmu untuk menerima makanan yang lebih kompleks. Apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga penting untuk menjaga sistem pencernaanmu tetap sehat selama berpuasa.

Dengan mengonsumsi apel sebelum makan besar akan mencegahmu untuk makan berlebihan saat berbuka puasa. Selain itu, apel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menjaga kesehatan jantung, dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

  1. Semangka

Buah ini sudah sangat terkenal sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena kandungan airnya yang banyak dan dapat mencegah dehidrasi. Semangka juga mengandung banyak zat antioksidan, vitamin, dan mineral. Semangka juga termasuk dalam buah yang sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga akan cepat menggantikan energi dan cairan tubuhmu setelah seharian berpuasa. Semangka juga mengandung banyak likopen yang akan membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang sudah dikenal luas akan kandungan lemak sehatnya. Buah ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi yang telah hilang selama berpuasa. Dengan efek mengenyangkan, kamu pun dapat mengontrol porsi makanmu, sehingga tidak akan menaikkan berat badanmu. Konsumsilah alpukat dengan cara apapun yang kamu suka dan kamu akan mudah menahan diri untuk tidak makan berlebihan.

  1. Pepaya

Selama berpuasa, tubuhmu akan berusaha mengeluarkan racun yang ada di tubuhmu. Nah, dengan mengonsumsi buah pepaya, maka racun di dalam tubuh akan dibersihkan dan pencernaanmu akan menjadi lebih lancar. Kamu dapat menyajikannya bersama dengan buah-buhan yang lain sebagai es buah atau langsung dikonsumsi.

  1. Buah Anggur

Rasanya yang segar dan manis sangat cocok untuk dijadikan alternatif untuk berbuka puasa. Buah ini pun termasuk buah yang mudah dicerna dan kaya akan kandungan serat.  Kandungan airnya juga cukup banyak, sehingga dapat mencegah sembelit. Hebatnya lagi, kandungan antioksidan dalam buah kecil ini mampu mencegah risiko kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan kanker usus besar.

  1. Blewah

Buah ini memang buah yang khas saat bulan Ramadan. Biasanya disajikan sebagai pelengkap es buah segar. Tidak hanya rasanya yang manis, buah ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin A yang banyak. Sama halnya dengan buah yang disebutkan sebelumnya, buah ini cocok dikonsumsi sebelum makan besar karena akan membantu melancarkan proses penyerapan makanan di ususmu, sehingga perutmu nanti tidak akan terlalu kaget saat masuk makanan yang lebih kompleks.

(Baca juga: 9 Buah-buahan Yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa)

Itulah keenam jenis buah yang cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa yang pastinya sangat menyehatkan. Setelah ini, yuk mulai rutin konsumsi buah setiap hari! Untuk tips kesehatan lainnya, kamu bisa bebas berinteraksi selama 24 jam, ke dokter ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.