7 Buah Terbaik untuk Jantung Sehat

7 Buah Terbaik untuk Jantung Sehat
MAKANAN SEHAT 04 May 2018

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu penyuka buah-buahan, selamat! Makanan kesukaanmu ini sangat baik bagi kesehatan, terutama buah yang kaya serat, vitamin, dan gizi. Selain baik untuk kesehatan pencernaan, beberapa buah juga sehat untuk jantung. Konsumsi buah-buahan ini bisa menurukan risiko serangan penyakit jantung.

 

  • Apel

 

Buah apel mengandung senyawa aktif flavonoid yang bisa mencegah risiko berbagai penyakit yang bisa terjadi pada jantung. Kandungan seratnya yang kaya juga memperlancar proses pencernaan.

 

  • Buah beri

 

Buah berry mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan ini memiliki manfaat baik bagi jantung sehingga sangat baik jika dikonsumsi setiap hari.

(Baca juga: 5 Sarapan yang Baik untuk Pengidap Diabetes)

 

  • Pepaya

 

Buah tropis yang mudah kita temukan di pasar ini ternyata sangat baik untuk kesehatan. Di dalam buah pepaya terkandung vitamin C, E, antioksidan serta zat papain (protein pepaya) yang baik untuk mengatasi penyakit jantung.

 

  • Semangka

 

Selain segar dan cocok dikonsumsi di daerah tropis seperti Indonesia, buah semangka mengandung nutrisi baik seperti likopen B serta asam amino yang baik bagi kesehatan jantung dan menjaga imunitas tubuh.  

 

  • Pisang

 

Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, potasium, dan kaya kandungan serat. Selain meningkatkan hormon bahagia, kandungan potasium dan magnesium dalam pisang bisa menurunkan tekanan darah.

 

  • Melon

 

Kandungan vitamin A, B6, C, folat, potasium, dan serat dalam melon sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan jantung.

 

  • Jeruk Bali

 

Jeruk Bali paling enak disajikan bersama salad atau dijadikan jus. Mengandung vitamin C, potasium, kalsium, dan flavonoid yang sangat baik membantu menurunkan tekanan darah.  Jeruk Bali yang berwarna merah atau pink memiliki kandungan karoten lebih tinggi ketimbang berwarna putih.

Kesehatan jantung memang layak mendapatkan perhatian khusus mengingat penyakit jantung karena merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi saat ini. Konsumsi buah sehat untuk jantung bisa membantu kamu mencegah serangan jantung. Apalagi jenis buah-buahan tersebut sangat mudah ditemukan.

(Baca juga: Berkhasiat dalam Menurunkan Kolesterol, Makanan Ini Wajib Dicoba)

Jika kamu ingin tahu tips lainnya untuk menjaga jantung sehat, kamu bisa bertanya kepada dokter favorit di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi para dokter melalui layanan video/voice call atau chat. Selain bertanya kepada dokter, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat yang akan langsung di antar dalam satu jam. Serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya