6 Cara Ampuh Mengontrol Tekanan Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Cara Ampuh Mengontrol Tekanan Darah

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi, atau yang lebih populer dengan sebutan hipertensi, tidak bisa disembuhkan. Namun, pengidap tekanan darah tinggi tetap dapat hidup sehat dan terbebas dari gejala, selama bisa mengontrol tekanan darah dengan baik. Nah, berikut beberapa cara sederhana tetapi ampuh untuk mengontrol tekanan darah:

1. Menerapkan Pola Makan Sehat Rendah Garam

Hal utama yang perlu diperhatikan oleh pengidap tekanan darah tinggi adalah asupan makanan. Makanan asin atau yang mengandung kadar garam tinggi perlu benar-benar dijauhi. Sebab, asupan garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh, yang kemudian berimbas pada peningkatan tekanan darah. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

Menghindari makanan dengan kadar garam tinggi juga tetap perlu dihindari, meski sudah teratur minum obat hipertensi. Sebagai gantinya, pengidap tekanan darah tinggi perlu memperbanyak asupan buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin, kalium, antioksidan, dan magnesium. Perlu diketahui bahwa makanan tinggi serat dapat menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik pada pengidap hipertensi.

Jika kamu masih bingung, pola makan seperti apa yang perlu diterapkan, dan jenis makanan apa saja yang boleh serta tidak boleh dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gizi. Agar lebih mudah, cobalah download aplikasi Halodoc, dan gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi lewat chat, yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja. 

2. Rutin Berolahraga

Selain menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga juga penting dilakukan, agar tekanan darah tetap terkontrol. Tak hanya baik bagi pengidap tekanan darah tinggi, rutin berolahraga juga baik dilakukan untuk mengurangi risiko hipertensi pada orang yang belum mengidap penyakit ini. 

Olahraga yang perlu dilakukan bukanlah yang berintensitas tinggi. Berbagai aktivitas fisik sederhana juga bisa dilakukan, seperti berjalan kaki, naik-turun tangga, atau sekadar bersih-bersih kamar. Pokoknya, buatlah tubuhmu aktif bergerak setiap harinya, di sela-sela rutinitas harian.

Baca juga: Makanan Asin Bisa Bikin Darah Tinggi, Kenali Faktanya

3. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas memiliki kaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya, menjaga berat badan tetap ideal juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini bisa dicapai dengan menerapkan diet sehat dan berolahraga teratur. 

4. Kelola Stres

Kerap dianggap sepele, padahal stres merupakan salah satu hal yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Sebab, stres dapat menjadi cikal bakal dari munculnya kebiasaan tidak sehat, seperti kalap saat makan, merokok, minum alkohol, dan begadang, yang kemudian menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Hal ini berlaku bagi kamu yang memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol. Hal ini karena dua kebiasaan buruk itu dapat memicu berbagai penyakit kronis berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, dan kanker.

Baca juga: 3 Tips Olahraga untuk Pengidap Hipertensi

Jadi, meski sulit meninggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol jika sudah kecanduan, cobalah untuk memulainya pelan-pelan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menguatkan niat dan tekad untuk berhenti merokok dan minum alkohol, lalu mulai kurangi perlahan hingga benar-benar meninggalkannya.

Hal ini juga berlaku jika kamu merupakan perokok pasif. Sebab, terpapar asap rokok teman atau orang terdekatmu jauh lebih berbahaya. Jadi, cobalah untuk menjauhi paparan asap rokok, dengan tidak berada di dekat orang yang sedang merokok.

6. Rutin Cek Tekanan Darah

Selain berbagai upaya tadi, rutin cek tekanan darah juga penting untuk dilakukan. Dengan memantau tekanan darah secara rutin, kamu bisa segera melakukan tindakan pencegahan ketika tekanan darah terus-menerus lebih tinggi dari normalnya.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. How to Control High Blood Pressure Without Medicine.
WebMD. Diakses pada 2019. How to Control and Lower High Blood Pressure.