6 Dampak Negatif Kekurangan Vitamin B Selama Puasa

6 Dampak Negatif Kekurangan Vitamin B Selama Puasa

Halodoc, Jakarta - Vitamin B mempunyai peran penting untuk membantu tubuh bisa berfungsi dengan baik dan menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak sedikit orang yang lupa pentingnya vitamin B ketika puasa.

Padahal, tubuh mudah terserang penyakit jika tidak mengonsumsi vitamin, terlebih jika asupan makanan yang kamu konsumsi cenderung tidak sehat. Nah, ini yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B.

  • Lemas dan Lelah

Tubuh terasa lemas dan mudah lelah menjadi gejala awal yang akan kamu rasakan jika tubuh kekurangan asupan vitamin B. Pasalnya, vitamin B berperan untuk memproduksi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kurangnya asupan vitamin ini membuat oksigen tidak terangkut secara efisien ke seluruh tubuh yang membuat kamu rentan lemas dan lelah. Tidak hanya itu, lemas dan lemah pada tubuh ini juga bisa terjadi karena anemia megaloblastik akibat dari kurangnya asupan vitamin B pada tubuh. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh?

  • Glositis dan Sariawan

Glositis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lidah yang meradang. Jika kamu mengalaminya, lidah berubah warna dan bentuk, membuatnya terasa sakit, merah, dan bengkak. Peradangan membuat lidah terlihat halus, karena semua tonjolan kecil pada lidah meregang dan menghilang. Tidak hanya itu, kurangnya vitamin B membuat kamu rentan sariawan, terlebih ketika puasa.

  • Perubahan Suasana Hati

Kekurangan vitamin B, terutama vitamin B12, dikaitkan dengan perubahan suasana hati dan otak seperti depresi dan demensia. Kadar homosistein yang tinggi yang disebabkan oleh kadar B12 yang rendah menyebabkan kerusakan pada jaringan otak dan mengganggu sinyal ke dan dari otak. Inilah yang menjadi penyebab suasana hati sering berubah.

  • Napas Pendek dan Pusing

Jika kamu mengalami anemia karena kekurangan vitamin B, kamu bisa mengalami sesak napas dan pusing. Hal ini dapat memburuk jika kamu berpuasa dan beraktivitas padat. Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah yang dibutuhkan untuk mendapatkan oksigen yang cukup untuk sel tubuh. Namun, gejala ini memiliki banyak penyebab, jadi sebaiknya kamu tetap memeriksakan diri ke dokter jika sesak napas yang kamu alami sangat mengganggu.

Baca juga: Waspada, Ini 5 Gejala Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

  • Pucat dan Tidak Sehat

Orang yang mengalami defisiensi vitamin B sering terlihat pucat, bahkan terkadang mengalami kuning pada kulit dan mata, yang dikenal dengan penyakit kuning. Ini terjadi karena vitamin B jenis B12 memiliki peran penting dalam produksi DNA yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah. Tanpa itu, instruksi untuk membangun sel tidak akan lengkap, dan sel tidak akan bisa membelah.

  • Perubahan Gerakan

Jika tidak segera ditangani, defisiensi vitamin B menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem saraf, dan ini memengaruhi bagaimana kamu bergerak dan berjalan. Bahkan dapat juga memengaruhi keseimbangan dan koordinasi sehingga membuat kamu rentan terjatuh. Gejala ini sering terjadi pada lansia yang mengalami defisiensi vitamin B.

Baca juga: 2 Cara Atasi Masalah Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Nah, itu tadi dampak negatif yang terjadi jika kamu tidak memenuhi asupan vitamin B ketika puasa. Jadi, segera beli vitamin B ya, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, dan puasa pun tetap lancar hingga lebaran tiba. Tidak sulit, kamu bisa beli melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc dan pilih langsung vitamin B yang kamu ingin beli.