6 Jenis Olahraga Ringan yang Mesti Dicoba saat di Kantor

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Jenis Olahraga Ringan yang Mesti Dicoba saat di Kantor

Halodoc, Jakarta - Duduk sepanjang hari di depan meja kerja dan laptop memang sering membuat tubuh kelelahan. Namun, mau bagaimana lagi? Inilah dilema yang mesti dialami pekerja kantoran. Padahal, agar tubuh tetap prima dan fit, kita mesti harus rajin bergerak dan rutin berolahraga.

Bagi kamu yang super sibuk, sebenarnya bisa kok memilih olahraga ringan agar badan tetap aktif selama di kantor. Jenis-jenis olahraganya juga cukup sederhana kok. Nah, berikut penjelasannya:

1. Angkat Beban

Enggak perlu menggunakan beban yang berat. Kamu bisa kok memilih dumbbell kecil sebagai alternatifnya. Selain itu, dumbbell ini juga cukup praktis untuk digunakan dan disimpan. Selain membuat badan tetap aktif, angkat beban juga menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga: 5 Tips Latihan Angkat Beban untuk Pemula

2. Jalan Kaki

Ingat, jangan terus berada di depan meja selama berjam-jam. Ketika badan sudah terasa kaku atau cukup lelah, cobalah ambil sejenak waktu untuk mengistirahatkannya. Kamu bisa kok mencoba jalan santai di halaman kantor atau ke tempat lainnya sembari menjernihkan pikiran.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa kok meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki. Terlebih lagi, jalan cepat menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, menurut kolaborasi peneliti dari University of Sydney, Cambridge, Edinburgh, Limerick dan Ulster, mereka yang berjalan dengan kecepatan tinggi, mengalami penurunan risiko kematian hingga 53 persen.

3. Peregangan Tangan

Peregangan tangan juga bisa kamu pilih sebagai olahraga ringan yang bisa dicoba. Caranya mudah kok. Letakkan tangan di atas pangkuan dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lalu, lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Kemudian, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari tersebut. Tarik sekuat mungkin, tapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Latihan isometrik ini bisa memperkuat otot bahu, dada, bisep, dan sederhana, tanpa perlu meninggalkan meja kerja.

Baca juga: 3 Gerakan Olahraga Sehat di Kantor

4. Beban Tubuh

Yang satu ini cukup sederhana, bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Misalnya, kamu bisa mencoba push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak.

5. Squat

Squat juga bisa kamu pilih sebagai olahraga ringan di kantor. Kamu bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. Pastikan agar kursi kerjamu tidak bergerak terlebih dahulu agar olahragamu tidak terganggu.

Selain squat, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan squat-lunge. Gerakannya jelas, squat dan lunge. Lunge sendiri merupakan gerakan menekuk lutut ke depan sementara kaki lainnya di posisikan di belakang dikenal. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan duduk-berdiri-lunge. Gerakan sederhana ini sudah cukup melatih otot kaki.

6. Peregangan Punggung

Peregangan punggung juga bisa kamu coba selama di kantor. Olahraga ringan ini cukup mudah kok dilakukan. Sebelum punggung terasa sakit, berdirilah dan sentuhlah jari-jari kaki. Lakukan gerakan ini sampai dua atau tiga kali. Gerakan ini merupakan cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Ini 5 Olahraga Murah & Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Mau tahu cara agar tetap sehat dan aktif meski sibuk bekerja? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!