• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Jenis Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda

6 Jenis Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Mei 2022

“Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci menjaga tubuh yang sehat. Dengan memilih makanan yang tepat pula, kamu bisa melawan tanda-tanda penuaan dini sehingga terlihat awet muda.”

6 Jenis Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda

Halodoc, Jakarta – Sarapan yang bikin awet muda ternyata bukan hanya mitos belaka. Nyatanya, memang ada sejumlah makanan yang mampu melawan tanda-tanda penuaan. Pilihan makanan yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya ternyata bisa mengurangi kerutan, melembapkan rambut, dan memperbaiki sel dalam tubuh. 

Bagi wanita yang sudah menginjak usia lanjut pasti sangat tertarik ingin mencobanya. Nah, berikut ini adalah 6 jenis sarapan kaya vitamin yang bisa kamu pilih untuk sarapan agar tetap awet muda. 

Sarapan yang Bisa Bikin Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami efek penuaan. Tanda-tanda penuaan ini memang sulit dihindari. Namun, dengan pola makan yang sehat bukan tidak mungkin efek ini mampu diminimalisir. Nah, berikut jenis makanan yang dinilai mampu melawan efek penuaan:

1.  Kiwi termasuk sarapan bikin awet muda

Meski ukurannya kecil, buah yang satu ini mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit kamu terlihat muda. Dalam studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tinggi dapat menekan risiko memiliki kerutan. Mereka pun dinilai akan terhindar dari kondisi kulit kering jika dibandingkan dengan orang yang sedikit mengonsumsi vitamin C. 

Selain kaya akan antioksidan, vitamin C juga bisa membantu melawan radikal bebas akibat dampak negatif lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Selain itu, vitamin C juga membantu untuk menstimulasi produksi kolagen yang semakin melambat seiring usia.

2.  Salmon salah satu sarapan bikin awet muda

Kaya akan omega 3, salmon menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega 3 bisa membuat sistem saraf berjalan dengan lancar. Selain itu, salmon juga mengandung tinggi protein yang membantu menjaga massa otot, memperbaiki jaringan kulit serta memproduksi hormon yang dibutuhkan tubuh.

Untuk sarapan, kamu bisa menikmati salmon yang sudah dipanggang dan diberi alpukat di atasnya. Buah berwarna hijau bisa memberikan nutrisi vitamin E yang kamu butuhkan dan melindungi dari sinar UV.

3.  Kale

Sayur berwarna hijau ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bisa membuat kamu awet muda dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Vitamin A akan membantu memproduksi minyak yang membuat rambut tetap lembab dan kemilau.

Tentu saja, vitamin A juga bermanfaat untuk kulit, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mata. Selain itu, kale juga kaya vitamin C untuk produksi kolagen dan potassium untuk massa otot.

Kamu bisa mulai sarapan pagi dengan kale dengan membuat scrambled egg yang diberi potongan kale dan beri taburan keju mozzarella untuk menambah selera sarapan kamu.

4.  Kenari

Kacang kenari kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk rambut dan kulit agar tetap terjaga kesehatan dan kelembabannya. Selain itu, kenari juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang menjaga kulit tetap kenyal dari dalam.

Nikmati kacang kenari untuk sarapan dengan mengombinasikannya bersama oats dan pemanis alami seperti madu atau sirup maple dan olive oil. Masak selama 20 hingga 25 menit untuk membuat granola favorit yang juga bisa kamu jadikan camilan sehat agar awet muda.

5.  Oat

Makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula dan inflamasi yang justru mempercepat munculnya garis halus. Jadi mulai sekarang kamu mesti mengurangi makanan yang mengandung banyak gula lebih sering mengonsumsi makanan sejenis oat. 

Jika dijadikan sarapan, makanan ini pun mengandung tinggi serat yang membantu menurunkan kolesterol, memperbaiki pencernaan, serta menjaga berat badan tetap stabil. Dengan begini, kamu akan merasa lebih sehat dan tentu saja lebih muda.

6.  Kubis

Kubis masih “bersaudara” dengan kale yang juga merupakan sumber vitamin A. Asupan kubis yang cukup bisa melembutkan kulit serta mempertajam penglihatan. Sayuran ini juga merupakan sumber bitamin B9 dan folat yang bisa mencegah efek negatif sinar matahari.

Panggang potongan kubis dengan keju frittata favorit dan juga sajikan dengan kentang atau pasta favorit. Tak hanya lezat namun juga bisa membuat kulit awet muda.

Kalau kamu mengalami permasalahan kulit yang sulit ditangani, sebaiknya periksakan saja ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kamu bisa membuat janji rumah sakit terlebih dahulu agar lebih praktis lewat aplikasi Halodoc. Segera periksakan kondisimu dengan dokter yang ahli, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Anti-Aging Foods to Support Your 40s-and-Beyond Body.
Eating Well. Diakses pada 2022. 12 Anti-Aging Foods to Make Your Skin Look Years Younger.