30 August 2018

6 Makanan yang Perlu Diperhatikan untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

hamil trimester ketiga,kehamilan trimester ketiga,

Halodoc, Jakarta – Saat usia kandungan semakin besar, makanan lezat bukan lagi menjadi sesuatu yang wajib dikonsumsi. Nilai nutrisi di dalam setiap makanan menjadi poin utama yang harus diperhatikan ketika menginjak kehamilan trimester ketiga. Ini bukan menjadi sesuatu yang berguna untuk ibu saja, tetapi juga bagi anak.

Menurut Tamas Horvath, Ph.D., profesor dari Yale University School of Medicine, konsumsi makanan tertentu pada saat kehamilan trimester ketiga bisa menjadi kunci perkembangan metabolisme bayi. Pada masa tersebut, otak bayi akan mengembangkan koneksi yang terkait dengan proses metabolisme.

Karenanya, menjaga asupan makanan memang kunci kehamilan yang sehat di trimester ketiga. Berikut adalah makanan yang perlu diperhatikan ibu hamil di trimester ketiga:

  1. Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan adalah asupan yang penting untuk diperhatikan ketika menginjak kehamilan trimester ketiga. Ibu hamil membutuhkan serat yang banyak supaya terhindar dari bahaya sembelit. Semangka, melon, tomat, pepaya, dan mentimun adalah pilihan buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ketika menginjak kehamilan trimester ketiga.

  1. Ikan

Protein hewani menjadi salah satu asupan yang perlu diperhatikan selama kehamilan trimester ketiga. Protein bermanfaat untuk membangun sel-sel tubuh dan janin. Kekurangan protein dapat mengganggu perkembangan otot, persendian, dan tulang, bahkan bisa menyebabkan masalah dalam pertumbuhan otak janin.

  1. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan ibu hamil cukup asupan vitamin, asam lemak omega-3, dan protein. Asupan kacang-kacangan bisa diperoleh dari biji bunga matahari dan buah-buahan kering seperti hazelnut, walnut, atau muesli. Supaya rasanya lebih enak, ibu bisa menambahkan potongan buah-buahan segar seperti kiwi dan raspberry.

  1. Green Smoothies

Kalau ibu termasuk orang yang malas atau tidak suka mengunyah sayur dan buah-buahan, ibu bisa memilih green smoothies sebagai pilihan untuk asupan serat tinggi. Green smoothies merupakan sumber kaya serat, kalsium, Vitamin B16, magnesium, dan kalium.

Campuran bayam atau kale dengan buah beri, nanas, dan perasan jeruk adalah kombinasi yang sangat menyehatkan dan menyegarkan. Ibu juga bisa memilih beberapa pilihan lain seperti air kelapa, mangga, mint, atau bahkan jahe sekali pun.

  1. Susu

Ibu hamil membutuhkan asupan susu sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan selama masa kehamilan. Ibu membutuhkan susu sebagai asupan lemak jenuh dan sumber kalsium yang memang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, susu juga dapat membantu pembentukan tulang janin di dalam kandungan. Selain susu, beberapa produk makanan yang dikonsumsi sebagai sumber kalsium adalah alpukat, minyak zaitun, kacang, yoghurt, dan keju.

  1. Kentang

Menjaga agar berat badan tetap stabil memang penting selama masa kehamilan. Namun, bukan berarti ibu harus memangkas habis jumlah kalori yang dikonsumsi. Ibu bisa menggantinya dengan makanan jenis lain yang lebih menyehatkan seperti kentang. Kentang bisa menjadi pilihan sehat tanpa harus menghilangkan sepenuhnya asupan kalori. Selain kentang, ibu pun bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih menyehatkan.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil di trimester ketiga, potensi penyakit yang bisa dialami di trimester ketiga kehamilan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: