• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan untuk Luka
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan untuk Luka

6 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan untuk Luka

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Desember 2022

“Daun binahong merupakan tanaman yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk mempercepat penyembuhan luka, salah satu manfaat lainnya adalah mengatasi kolesterol.”

6 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan untuk Luka6 Manfaat Daun Binahong, Mempercepat Penyembuhan untuk Luka

Halodoc, Jakarta – Binahong adalah salah satu tanaman yang terkenal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mempercepat penyembuhan yang disebabkan oleh luka. 

Berbagai Macam Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Daun binahong (anredera cordifolia) merupakan tumbuhan asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, serta banyak digunakan untuk pengobatan dari penyakit. Sebab, tanaman ini kaya akan kandungan flavonoid dan antioksidan, serta berbagai nutrisi lainnya.

Nah, berikut beberapa manfaat dari daun binahong untuk kesehatan:

1. Mengatasi Batuk

Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah mampu mengobati batuk. Cara mengonsumsinya adalah dengan meminum air rebusan dari daun ini.

Ekstrak daun binahong dan air hasil rebusannya mengandung anti bakteri sehingga bakteri penyebab batuk bisa teratasi. Beberapa klaim menyebut semua jenis batuk bisa teratasi dengan mengonsumsi air rebusan ini secara rutin.

2. Mengatasi Sakit Maag

Manfaat daun binahong lainnya adalah untuk mengatasi maag akibat produksi asam lambung berlebih. Air rebusannya mampu mengembalikan asam lambung ke ambang normal. Bukan hanya itu, kandungan antioksidannya juga sangat baik mencegah kanker.

3. Mengatasi Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu kandungan yang dapat membahayakan tubuh saat jumlahnya terlalu banyak, terutama jenis LDL. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya dapat melawan kolesterol dan menjaga tubuh tetap sehat. Maka dari itu, konsumsi air ini secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Air rebusan dari daun binahong juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, tanaman ini kaya akan kandungan antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan lutein. Kandungan tersebut mampu menjaga mata tetap sehat dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

5. Mengatasi Gejala Menstruasi

Jika kamu kerap mengalami berbagai gangguan saat menstruasi, air rebusan dari daun binahong bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut. Berbagai kandungan dari tanaman ini sangat baik dalam mengatasi rasa tidak nyaman selama haid.

Selain itu, kandungan zat besi dan berbagai mineral yang ada mampu membuat haid terjadi lebih lancar. Beberapa wanita kerap mengalami ketidakberaturan dalam pola menstruasi, sehingga cara ini bisa menjadi solusi.

6. Perawatan Kulit

Manfaat daun binahong lainnya adalah dapat diolah sebagai ramuan untuk merawat kulit. Tanaman ini mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat, serta menghindari penuaan dini.

Cara membuatnya, tumbuk daun tersebut hingga halus dan oleskan langsung pada wajah. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang bercahaya dan mulus.

Itulah berbagai manfaat dari daun binahong untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu mengincar salah satu manfaat yang disebutkan, cobalah untuk mengonsumsi olahan dari tanaman ini secara rutin. Niscaya, bukan hanya manfaat yang diinginkan saja yang didapatkan, melainkan juga berbagai hal positif lainnya.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait berbagai manfaat dari daun binahong, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Love Inshallah. Diakses pada 2022. 9 Health Benefits of Heartleaf Maderavine Madevine Leaves (Anredera cordifolia).
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 15 Health Benefits of Binahong Leaves (No.2 is Amazing).