26 January 2018

6 Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Menstruasi

6 Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Saat menstruasi, beberapa orang akan merasakan nyeri perut, pusing, mual, bahkan lemas. Akibatnya, beberapa wanita akan memilih diam di kamar dan menghindari aktivitas fisik, termasuk berolahraga. Tapi, tahukah kamu jika olahraga ternyata bisa membantu meredakan gejala sakit saat menstruasi?

Berolahraga saat menstruasi bisa membantu meningkatkan efektivitas dari sirkulasi darah sehingga mengurangi nyeri dan sakit kepala akibat hilangnya darah dan zat besi. Selain itu, saat kamu berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang merupakan senyawa kimia yang dilepaskan otak untuk membantu meringankan rasa sakit yang dialami wanita saat menstruasi. Endorfin menghasilkan efek pereda rasa sakit dan dapat membantu menurunkan prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot pada wanita yang menstruasi.

Sayangnya, tidak semua olahraga cocok dilakukan saat kamu menstruasi. Coba intip beberapa olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi di sini, yuk!

Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat menstruasi. Selain mudah dilakukan, berjalan kaki memiliki risiko cedera atau terluka yang kecil. Jadi, jika kamu jarang berolahraga dan ingin mulai berolahraga, kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki.

Lari

Jika berjalan kaki kurang menyenangkan, kamu bisa menggantinya dengan berlari. Jangan lupa perbanyak konsumsi air putih agar kamu tidak dehidrasi saat berlari.

Yoga

Selain menyehatkan tubuh, yoga bisa membuat tubuh rileks dan ketenangan pikiran. Pada umumnya, gerakan yoga aman dilakukan saat menstruasi. Namun ada beberapa gerakan yang perlu dihindari saat kamu sedang menstruasi, misalkan gerakan sikap lilin, postur kepala dikaki dan kaki di kepala yang dapat menekan dan memicu penyumbatan pembuluh darah di rahim, sehingga dapat memperbanyak volume darah yang keluar.

Pilates

Pilates tidak hanya membuat tubuh kamu kencang dan ideal, tapi juga bisa meringankan gejala saat menstruasi. Beberapa gerakan pilates membutuhkan penggunaan otot-otot dasar panggul yang bisa mengurangi gejala-gejala menstruasi, seperti nyeri dan kram perut.

Menari

Menari adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan saat menstruasi. Kamu bisa mengikuti kelas zumba, jika kamu merasa tidak bisa menari dan butuh teman untuk berolahraga. Menari dengan musik tidak hanya membuat kamu menjadi rileks dan bahagia, tapi juga bisa meningkatkan fleksibilitas sendi, membakar kalori, dan mengurangi nyeri saat menstruasi.

Bersepeda

Bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena menstruasi.

Sebaiknya, olahraga tidak hanya dilakukan saat menstruasi saja. Upayakan untuk rutin berolahraga setidaknya tiga kali seminggu dengan durasi 15 – 30 menit. Dengan rutin berolahraga, kamu bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Jika kamu memiliki keluhan saat menstruasi, kamu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Atau, jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.