15 August 2018

6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

olahraga,membakar kalori

Halodoc, Jakarta – Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, biasanya ia akan mencari olahraga yang mampu membakar kalori paling banyak dan cepat. Membakar kalori di tubuh diyakini sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak heran jika jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori lebih akan digandrungi orang-orang yang ingin lebih cepat langsing dan ideal.

Membuat berat badan menjadi ideal memang tidak mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan siapapun bisa melakukannya termasuk bagi orang yang mengalami berat badan berlebihan. Dibutuhkan kegiatan seperti berolahraga yang mampu membakar banyak kalori agar berat badan menjadi ideal.  Beberapa olahraga yang mampu membakar kalori lebih banyak diantaranya adalah:

 

  • Lari

 

Lari adalah olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa bantuan alat dan tergolong murah. Selain itu ternyata lari sangat cepat membantu membakar kalori dalam tubuh. Setidaknya kamu akan menghilangkan 748 kalori dalam satu jam. Olahraga lari paling seru jika dilakukan pada pagi atau sore hari, di saat matahari tidak terlalu terik. Sebaiknya jangan terlalu memforsir saat lari, jeda istirahat perlu dilakukan untuk mengambil nafas. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berlari.

 

 

  • Bersepeda

 

Bersepeda juga termasuk olahraga yang fun untuk dilakukan. Dengan melakukan olahraga ini kamu bisa menghilangkan kalori hingga 1000 kalori per jam. Satu jam bersepeda pada intensitas maksimum akan membantu seorang wanita dengan berat badan 72 kilogram membakar sekitar 850 kalori dan jumlahnya bahkan lebih tinggi untuk pria, yaitu sekitar 950 kalori.

Baca juga: Latihan Otot Kaki dan Paha, Ini Serunya Olahraga Bersepeda

 

  • High Intensity Interval Training

 

Olahraga ini salah satu yang bisa dilakukan saat kamu ingin membakar lemak. HIIT atau High Intensity Interval Training bisa dibilang paling efisien dan cepat untuk membakar lemak. Jenis olahraga kardio ini adalah kombinasi antara olahraga berintensitas sedang dan tinggi dalam waktu yang memang telah ditentukan. Olahraga ini juga cocok bagi kamu yang sedang proses pembakaran lemak terjadi secara efektif dan cepat.

 

Cara melakukan olahraga HIIT yaitu dengan berlari lebih dulu selama 30 detik, lalu lanjutkan dengan berjalan kaki (berlari-ari kecil diperbolehkan) selama 90 detik. Hal ini, bergantung dari tingkat kebugaran tubuh setiap orang. Jadi bisa dikatakan kalau olahraga ini bisa diterapkan secara berbeda pada tiap orang. Untuk hasil terbaik, lakukan olahraga HIIT ini di pagi hari dan dengan perut yang belum terisi apapun atau sebelum sarapan.

 

 

  • Kick Boxing

 

Beberapa waktu belakangan, olahraga ini jadi yang banyak diminati, terutama para selebriti. Kemudian banyak pula orang-orang yang terpengaruh dan mencoba olahraga kick boxing. Olahraga ini dikenal sebagai jenis  olahraga yang bisa melindungi diri dari segala macam kejahatan saat sedang bepergian. Namun di balik itu, kick boxing menawarkan proses pembakaran lemak yang cukup tinggi.

 

Selain jago membela diri dan merasa diri jadi lebih aman, kick boxing adalah latihan yang paling cepat dan banyak membakar lemak. Dengan 1 jam berolahraga kamu bisa membakar 582-864 kalori. Patut dicoba!

 

 

  • Lompat tali

 

Umumnya sudah banyak yang mengenal olahraga lompat tali, apalagi saat masih kanak-kanak. Aktivitas fisik ini juga merupakan salah satu latihan yang membakar kalori paling banyak. Satu jam melakukan lompat tali dapat membantu pria membakar hingga 850 kalori, sedangkan wanita bisa membakar hingga 750 kalori.

Baca juga: Uji Adrenalin Sambil Olahraga, Jet Ski Bisa Jadi Pilihan

 

  • Berenang

 

Banyak orang yang menyukai jenis olahraga ini, apalagi karena tidak mengeluarkan keringat. Kalori yang dapat dibakar dari berenang yaitu sekitar 720 kalori pada wanita, dan 840 kalori pada pria setiap satu jam. Jika kamu merasakan lapar setelah berenang, maka itu adalah salah satu bukti bahwa berenang dapat membakar kalori. Saat berenang tubuh akan terasa susah untuk bergerak karena berada di dalam air. Tentu energi yang dibutuhkan pun sangat tinggi sehingga pembakaran kalori dapat terjadi.

 

Itulah fakta jenis-jenis olahraga yang mampu membakar kalori lebih banyak. Kalau kamu memiliki pertanyaan lain seputar olahraga atau cara menurunkan berat badan, jangan pernah ragu bertanya pada dokter di Halodoc.

 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter ahli dan tepercaya kapan saja dan dimana melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

 

Baca juga: Intip Menu Makan Timnas U23 di Asian Games 2018