19 March 2019

6 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kista Ovarium

6 Pantangan Makanan bagi Pengidap Kista Ovarium

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang takut dengan adanya kista ovarium pada tubuhnya. Dikhawatirkan kondisi ini berkembang menjadi penyakit kanker dan cukup mematikan. Padahal, adanya kista ovarium tidak lantas berkembang menjadi kanker dan mematikan. Kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan di dalam ovarium.

Kondisi ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Hal yang membuat kondisi ini berbahaya ketika kista ovarium pecah, memiliki ukuran yang besar, dan menghalangi aliran darah menuju ovarium.

Baca juga: Kista Ovarium, Benarkah Bikin Susah Punya Keturunan?

Gejala Kista Ovarium

Biasanya, pada beberapa kasus, pengidap tidak menyadari adanya kista ovarium dalam tubuh. Biasanya, kista ovarium dirasakan ketika telah menjadi besar. Sebaiknya selalu periksa diri pada dokter untuk mencegah pembesaran kista atau pecahnya kista dalam ovarium. Dengan melakukan ultrasonografi nyatanya kista ovarium dapat terdeteksi. Kenali beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan kista ovarium dalam tubuh:

  1. Sering buang air kecil dan nyeri pada saat buang air besar.

  2. Pengidap lebih sering merasa lelah dan pusing.

  3. Perut yang terasa selalu kembung dan gangguan dirasakan pada pengidap kista ovarium.

  4. Pengidap mengalami gangguan siklus menstruasi dan nyeri panggul sebelum menstruasi.

  5. Rasa mual yang disertai dengan muntah juga dirasakan pengidap.

Baca juga: 10 Hal Ini Bisa Menyebabkan Kista Ovarium

Makanan Pantangan bagi Pengidap Kista Ovarium

Meskipun tidak berbahaya, namun sebaiknya kamu memerhatikan gaya hidup dan pola makan yang kamu konsumsi agar kista ovarium tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih parah. Berikut ini jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi pengidap kista ovarium:

  • Makanan Cepat Saji

Bagi pengidap kista ovarium, sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan. Nyatanya terlalu sering konsumsi makanan ini meningkatkan risiko komplikasi penyakit seperti kanker ovarium. Kandungan pengawet dan kolesterol dapat memperburuk kondisi.

  • Minuman Soda dan Alkohol

Hindari konsumsi minuman bersoda dan alkohol jika kamu memiliki kista ovarium. Hal ini memperburuk keadaan karena meningkatkan kadar estrogen.

  • Minuman yang Mengandung Kafein

Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi yang mengandung kafein secukupnya saja.

  • Daging Merah

Sebaiknya kurangi konsumsi daging merah jika kamu terdeteksi memiliki kista ovarium. Kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada daging merah dapat menyebabkan berkembangnya sel abnormal pada tubuh kamu.

  • Makanan Laut

Sebaiknya kamu harus perhatikan jumlah makanan laut yang dikonsumsi ketika kamu memiliki kista ovarium. Kandungan kolesterol yang tinggi membuat pertumbuhan dan perkembangan kista ovarium begitu cepat.

  • Beberapa Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tapi, sayuran seperti tauge, sawi putih dan cabe kurang baik bagi pengidap kista ovarium. Selain itu, buah seperti nangka, durian dan anggur sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak bagi pengidap kista ovarium. Hal ini karena buah tersebut mengandung alkohol yang memperparah kondisi.

Selain menghindari makanan, tidak ada salahnya lakukan kontrol pada dokter untuk mengetahui perkembangan atau kondisi kista ovarium. Selain itu, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung seputar penyakit kista ovarium. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Kaum Hawa Perlu Tahu 2 Gangguan Ovarium