13 July 2018

6 Penyebab Kanker Prostat

penyebab kanker prostat

Halodoc, Jakarta – Walaupun bentuknya hanya berupa kelenjar kecil, tapi prostat memiliki peran yang cukup penting dalam sistem reproduksi pria. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Namun sayang, tidak sedikit pria yang terkena kanker prostat. Di Indonesia, kanker prostat menduduki urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak dengan jumlah pengidap sebanyak 971 orang pada 2011. Karena itu, pria wajib tahu faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan kanker prostat agar bisa melakukan tindakan pencegahan.

Kanker prostat bisa terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Kanker prostat ada yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat, tapi kebanyakan kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar. Pria yang mengidap kanker prostat, awalnya mungkin tidak akan merasakan gejala apa-apa. Namun, ketika prostat sudah membengkak dan mulai mempengaruhi uretra, barulah pengidap akan merasakan gejala-gejala berikut:

  • Mr. P terasa nyeri atau panas saat buang air kecil atau ejakulasi.
  • Jadi sering buang air kecil, terutama saat malam hari.
  • Merasa kandung kemih selalu penuh.
  • Muncul bercak darah dalam urine atau air mani.

Gejala-gejala kanker prostat di atas biasanya akan muncul ketika kanker sudah menyebar keluar dari prostat. Namun, gejala-gejala tersebut tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat, karena infeksi saluran kencing juga bisa menyebabkan gejala yang sama. Baca juga: 5 Masalah Kesehatan Mr P yang Malu Dibahas Pria

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti kanker prostat. Namun yang pasti, perubahan pada DNA sel prostat normal dapat menyebabkan terjadinya kanker prostat. Selain itu, berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seorang pria terkena kanker prostat:

1. Usia

Kanker prostat paling banyak dialami oleh pria berusia lanjut. Sekitar delapan dari sepuluh pengidap kanker prostat adalah pria berusia di atas 65 tahun.

2. Faktor Genetik

Riwayat kesehatan keluarga turut memengaruhi risiko seorang pria terkena kanker prostat. Misalnya, jika ada anggota keluarga laki-laki yang mengidap kanker prostat atau saudara perempuan yang mengidap kanker payudara, risiko kamu terkena kanker prostat akan meningkat. Namun, risiko kanker prostat akan lebih besar bila saudaramu yang mengidap kanker dibandingkan bila ayah yang mengidap penyakit ini.

3. Obesitas

Berat badan yang terlalu berlebihan juga bisa meningkatkan risiko seorang pria terkena kanker prostat. Karena itu, para pria disarankan untuk berolahraga secara teratur dan makan makanan sehat agar berat badan tetap ideal. Baca juga: Cek Hubungan Berat Badan VS Kesuburan Pria

4. Makanan

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi juga bisa memicu terjadinya kanker prostat. Selain itu, pria yang lebih sering makan daging merah dan olahan produk susu berlemak tinggi juga memiliki risiko terkena kanker prostat yang lebih tinggi dibanding pria yang jarang mengonsumsi makanan tersebut.

5. Ras

Pria yang berasal dari ras Afrika-Amerika dan Karibia juga berisiko lebih besar terkena kanker prostat. Kasus kanker prostat juga lebih sering ditemukan di belahan Amerika Utara, Eropa Barat Laut, Australia, dan Kepulauan Karibia.

6. Penyakit Menular Seksual

Mengidap penyakit menular seksual seperti gonorea atau klamidia diduga juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Karena itu, kamu dianjurkan untuk berhubungan intim hanya dengan satu orang saja dan selalu gunakan pelindung saat melakukan hubungan seksual. Baca juga: 5 Penyakit Kelamin Berbahaya yang Perlu Diketahui

Nah, itulah beberapa penyebab kanker prostat. Kalau kamu masih penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai jenis kanker yang sering menyerang pria ini, tanyakan saja langsung pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Gunakan fitur Call, Chat, atau Video Call untuk berdiskusi dan minta saran kesehatan dari dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!