6 Pilihan Makanan untuk Pengidap Vertigo

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
makanan untuk pengidap vertigo

Halodoc, Jakarta - Vertigo adalah penyakit yang membuat pengidapnya merasa pusing, seolah-olah bumi sedang berputar. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat di daerah labirin atau rumah siput di daerah telinga. Pengidap vertigo juga akan mengalami mual dan muntah, serta tidak mampu berdiri atau sering terjatuh akibat masalah keseimbangan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Vertigo Mengganggu

Vertigo tergolong sebagai penyakit yang parah karena seringkali datang tiba-tiba. Orang usia produktif berisiko mengidap penyakit ini jika tidak menerapkan pola hidup sehat. Untuk mengurangi gejala yang timbul akibat vertigo, perlu adanya asupan makanan yang bisa meringankan vertigo. Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk pengidap vertigo?

1. Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak vitamin B6. Makanan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dicampur dengan hidangan seperti salad, mi, atau dikonsumsi secara langsung.

2. Bayam

Dari kelompok sayuran, makanan untuk pengidap vertigo yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalah bayam. Sayuran yang satu ini mengandung vitamin B6 yang mampu membantu mengobati penyakit pusing.

3. Ikan Air Tawar

Makanan untuk pengidap vertigo selanjutnya adalah ikan air tawar. Perlu diketahui, jika pengidap vertigo dilarang mengonsumsi daging. Asupan protein bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan air tawar, sebab makanan ini tidak banyak mengandung garam dan dianggap bisa mengurangi gejala pusing akibat vertigo.

4. Manggis

Buah manggis mengandung banyak vitamin A, B6, B12, dan C  yang baik untuk menunjang asupan gizi para pengidap vertigo. Manfaat makanan ini bukan hanya berasal dari buahnya, tetapi juga dari kulitnya. Sebab, kulit buah manggis mengandung zat xanthone, yakni antioksidan yang berfungsi sebagai obat analgesik sehingga mampu mengatasi vertigo.

5. Pisang

Pengidap vertigo juga disarankan untuk mengonsumsi pisang. Buah yang satu ini dianggap bisa menjadi makanan untuk pengidap vertigo karena mampu menambah energi dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

6. Selai Kacang

Kacang olahan seperti selai kacang memiliki kandungan vitamin B6. Makanan ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme, menangkal radikal bebas, dan mengurangi gejala pusing akibat vertigo. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin, setidaknya satu sendok per hari.

Baca juga: Kenali Tanda Penyebab Vertigo Berikut Ini

Selain mengonsumsi enam makanan di atas, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan air dengan memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Kondisi dehidrasi bisa membuat seseorang mengalami sakit kepala hingga vertigo. Meski begitu, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral terlalu banyak dalam waktu cepat. Hal ini bisa memberikan beban bagi perut dan memperparah rasa mual yang dirasakan. Bagilah waktu minum air putih menjadi 2 gelas di pagi hari, 2 gelas di waktu siang, 2 gelas di sore hari, dan 2 gelasnya lagi di malam hari.  

Itulah enam makanan untuk pengidap vertigo yang baik untuk dikonsumsi. Sebaliknya, pengidap vertigo tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu asin, terlalu manis, kacang-kacangan, biji-bijian, serta daging dan keju.

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Agar kondisi kesehatan selalu optimal, sebaiknya kamu rutin memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call pada fitur Contact Doctor. Yuk, download aplikasi   Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.