19 April 2018

6 Tips Aman Bersepeda

6 Tips Aman Bersepeda

Halodoc, Jakarta – Kalau kamu mencari olahraga yang seru, mudah dilakukan, dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, coba saja bersepeda. Bersepeda mengelilingi komplek perumahan sambil menikmati pemandangan sekitar dan hembusan angin yang sejuk pasti sangat mengasyikkan. Bahkan saat ini, sudah banyak orang yang pergi ke kantor dengan bersepeda atau yang dikenal juga dengan istilah “bike to work”. Enggak cuma seru, bersepeda juga sangat menyehatkan, lho.

Bersepeda bisa membuat tubuh terutama kaki bergerak secara aktif. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, salah satu syarat penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan bergerak secara aktif. Bersepeda sendiri, jika dilakukan secara rutin, minimal 30 menit setiap hari bisa memberi dampak positif berikut bagi kesehatan tubuh:

  • Menjaga Berat Badan

Bersepeda juga termasuk olahraga yang efektif membakar kalori dalam tubuh. Dengan bersepeda selama 30 menit, kamu sudah bisa membakar kurang lebih 300 kalori. Buat kamu yang ingin melangsingkan tubuh atau menjaga berat badan tetap ideal, cobalah bersepeda secara rutin dipadukan dengan pola makan gizi seimbang. (Baca juga: Patut Dicoba! Mengecilkan Perut dengan Bersepeda)

  • Meredakan Stres

Kalau kamu lagi merasa bad mood atau stres, coba deh atasi dengan bersepeda. Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan membuat suasana hati jadi positif. Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu akan membuat rasa stresmu berkurang, apalagi bila ditambah dengan pemandangan cantik yang bisa kamu nikmati saat bersepeda. (Baca juga: Cara Menurunkan Depresi dengan Bersepeda)

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Bersepeda sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular, karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah dalam tubuhmu akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara rutin juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Mengingat banyaknya manfaat baik yang bisa didapatkan melalui bersepeda, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga ini secara rutin. Namun agar kamu tetap aman, perhatikan dulu yuk tips berikut:

1. Cek Sepedamu Terlebih Dahulu

Sebelum pergi bersepeda, ada baiknya kamu pastikan sepeda dalam kondisi baik. Pengecekan ini tidak harus dilakukan setiap hari, tapi bisa dalam seminggu sekali. Saat pengecekan, pastikan rem dapat berfungsi dengan baik, mata rantai bersih dan terlumasi dengan baik, serta cek roda dan pastikan mereka tidak goyang. Terakhir, pastikan tekanan angin pada ban berada di kondisi yang pas.

2. Kenakan Atribut Pelindung

Beberapa bagian tubuh yang paling rentan terluka bila jatuh dari sepeda adalah kepala, sikut, dan lutut. Jadi, kenakanlah atribut pelindung seperti helm serta pelindung siku dan lutut, agar jika kamu terjatuh, efeknya tidak terlalu fatal.

3. Kenakan Baju yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Jangan karena kamu bersepeda untuk pergi ke kantor, lantas kamu mengenakan kemeja atau rok bagi yang wanita, supaya tidak perlu mengganti baju dan bisa menghemat waktu. Pakaian seperti itu akan menyulitkan kamu saat bersepeda. Jadi, kenakanlah baju yang nyaman dan menyerap keringat, serta bawahan yang bisa mendukung pergerakkanmu saat menggowes sepeda.  

4. Kenakan Sepatu

Tidak hanya pakaian, kamu pun sebaiknya menggunakan alas kaki yang tepat saat bersepeda. Kamu dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang datar, agar kamu dapat lebih mantap dan nyaman saat menggowes maupun menahan sepeda saat ingin berhenti.

5. Pastikan Kamu Terlihat

Kamu dianjurkan untuk ekstra berhati-hati kalau ingin bersepeda pada malam hari. Karena kondisi jalan yang gelap sangat rawan terjadi kecelakaan. Jadi, pasanglah lampu pada sepeda dan gunakan baju berwarna terang atau berbahan glow in the dark, agar kamu bisa terlihat oleh pengguna kendaraan lain.

6. Taati Aturan Lalu Lintas

Saat bersepeda di jalan raya, patuhilah rambu lalu lintas. Biar aman, sebisa mungkin bersepeda di jalur khusus bagi pengendara sepeda atau ambil sisi kiri jalur lambat yang tidak terlalu padat kendaraan. Jangan lupa gunakan bel sepeda saat ingin memperingatkan mobil atau motor ya.

Kalau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat sedang bersepeda, seperti cedera atau luka, kamu bisa beli produk kesehatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc lho. Caranya sangat mudah, tinggal order, dan pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.