60 Seconds Rule, Teknik Cuci Muka Agar Lebih Glowing

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
60 Seconds Rule, Teknik Cuci Muka Agar Lebih Glowing

Halodoc, Jakarta – Mencuci muka adalah tahapan penting yang perlu dijalani untuk mendapatkan wajah yang bersinar dan cerah. Melakukan double cleansing atau melakukan pembersihan wajah dengan sabun pencuci muka diyakini membantu untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih segar dan cerah.

Baca juga: 3 Metode Cuci Muka ala Korea yang Bikin Kulit Flawless

Namun, baru-baru ini muncul teknik baru untuk mencuci muka yang dikenal sebagai 60 seconds rule. Teknik ini muncul dan diperkenalkan oleh pakar estetika, Nayamka Robert-Smith. Nyatanya tidak hanya cara mencuci muka, durasi mencuci muka juga diperlukan untuk mendapatkan wajah yang bersinar dan cerah.

Begini Cara Melakukan 60 Seconds Rule

Menurut Nayamka, mencuci muka selama 1 menit membuat kandungan pada sabun pencuci muka dapat bekerja dengan baik. Melakukan 60 seconds rule membantu untuk memaksimalkan proses mencuci muka karena membantu melembutkan kulit wajah. Teknik ini juga membuat sabun muka bekerja lebih efektif dalam membersihkan pori-pori pada wajah.

Dengan melakukan 60 seconds rule, kamu lebih memerhatikan sudut-sudut wajah seperti sudut hidung, dagu, dan pinggiran rambut. Yuk, lakukan 60 seconds rule untuk mendapatkan wajah yang lebih bersinar. Caranya, kamu perlu membasahi wajah terlebih dulu dan usapkan sabun wajah secukupnya. Kemudian, lakukan gerakan memijat sekitar wajah selama 1 menit. Perhatikan tiap sudut yang ada pada wajah agar kotoran terangkat dari wajah.

Tidak hanya membersihkan wajah secara optimal, gerakan memijat yang dilakukan pada wajah juga bisa membuat sirkulasi darah pada wajah semakin lancar. Kondisi ini tentunya membantu untuk membuat kulit wajah terlihat lebih sehat.

Namun, apakah teknik ini dapat dilakukan oleh semua jenis kulit? Teknik ini dapat dilakukan untuk semua jenis kulit, namun hasilnya tentu berbeda-beda tiap individu. Selain itu, teknik 60 seconds rule juga tidak dapat menghilangkan jerawat dengan optimal. Hal ini dikarenakan penyebab jerawat yang bukan hanya dari masalah kulit, melainkan perubahan hormon hingga tingkat stres yang tinggi.

Baca juga: Ingin Cantik? Ini Perlunya Cuci Muka dengan Sabun Khusus

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba teknik ini agar proses pembersihan wajah menjadi optimal dan tidak ada kotoran pada wajah yang tertinggal.

Lakukan Kebiasaan Ini untuk Mencerahkan Wajah

Tidak hanya melakukan 60 seconds rule, lakukan beberapa kebiasaan ini agar kamu dapat mencerahkan kulit wajah, yaitu:

1. Hindari Paparan Matahari Langsung

Sinar matahari baik untuk kesehatan kulit, khususnya sinar matahari di waktu pagi hari. Hindari paparan sinar matahari langsung pada siang hari karena kondisi ini membuat kulit kering dan terlihat kusam. 

2. Jangan Tidur dengan Riasan Wajah

Rasa lelah yang dirasakan setelah beraktivitas selama satu hari sebaiknya jangan membuat kamu beristirahat menggunakan riasan wajah. Kebiasaan tidur dengan riasan wajah yang masih menempel dapat mengakibatkan wajah kusam, tidak bersinar, dan berjerawat.

Baca juga: Seharian Kena Debu dan Polusi, Boleh Langsung Cuci Muka?

3. Gunakan Pelembap

Jangan lupa untuk gunakan pelembap dan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup panjang.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Cukup Istirahat

Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jangan lupa perbanyak konsumsi air putih dan penuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam sehari.

Selain perawatan wajah dari luar, perawatan wajah dari dalam juga diperlukan. Itulah pentingnya menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat bisa agar mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan cerah. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 60 Seconds Rule
Cosmopolitan. Diakses pada 2019. 60 Seconds Rule
Good Housekeeping. Diakses pada 2019. 7 Tips Get Glowing Skin