19 June 2018

Inilah 6 Makanan Penyebab Jerawat

makanan penyebab jerawat, makanan pemicu jerawat, makanan penyebab munculnya jerawat

Halodoc, Jakarta – Ada banyak masalah kesehatan kulit yang kerap menyerang kulit tubuh, terlebih jika kulit kamu tidak terjaga kebersihannya. Salah satunya adalah jerawat. Penyakit kulit ini berupa bintik-bintik berwarna putih yang umumnya banyak menyerang kulit muka, punggung, dan bagian dada. Pada kondisi yang akut, munculnya jerawat biasanya akan disertai dengan peradangan kulit dan rasa gatal serta nanah.

Tak hanya disebabkan oleh debu dan kotoran atau penggunaan kosmetik, jerawat juga bisa muncul karena makanan. Ini dia beberapa makanan penyebab jerawat yang perlu kamu hindari supaya kulit bebas dari jerawat yang mengganggu:

Makanan Pedas

Pedas menjadi cita rasa utama hampir seluruh kuliner di Indonesia. Rasa pedas disinyalir akan membuat rasa makanan semakin lezat dan menggoda. Namun, ternyata makanan dengan rasa pedas perlu kamu hindari karena bisa memicu munculnya jerawat. Mengapa demikian?

Saat kamu menyantap makanan pedas, kulit muka kamu akan berubah warna menjadi kemerahan sebagai akibat dari meningkatnya sirkulasi darah ke bagian muka. Inilah yang menyebabkan jerawat bermunculan. Tak hanya itu, mengonsumi makanan pedas secara berlebihan juga memicu terjadinya gangguan pencernaan. Pencernaan yang mengalami gangguan juga akan membuat jerawat bermunculan.

(Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat)

Minuman Bersoda

Kamu sedang jerawatan? Sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda. Tak hanya kandungan gulanya yang tinggi akan membuat gula darah kamu meningkat drastis, minuman bersoda ternyata juga mengandung senyawa aspartam yang menyebabkan penurunan kadar pH dan memicu terjadinya peradangan pada kulit. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak asupan air mineral.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang rasanya begitu lezat. Namun, makanan ini juga harus kamu hindari supaya kulit muka kamu bebas dari jerawat. Makanan olahan atau fast food tinggi akan kandungan lemak dan gula. Tak hanya membuat kulit kamu rentan berjerawat, kamu juga akan rentan terserang penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi serta diabetes. Selain fast food, makanan penyebab jerawat yang juga perlu kamu hindari adalah makanan kemasan.

Gluten

Pasta, gandum, roti, tepung terigu, dan sereal merupakan beberapa jenis makanan yang memiliki kadar gluten tinggi. Pada sebagian orang, gluten disinyalir dapat menjadi pemicu terjadinya peradangan dan masalah pencernaan. Nah, jika kulit kamu rentan mengalami jerawat, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang memiliki gluten tinggi, karena gluten juga bisa menyebabkan kulit mengalami jerawatan kronis.

(Baca juga: 6 Dampak Kacang-Kacangan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit)

Cokelat dan Permen

Kadar gula yang tinggi pada makanan akan menyebabkan peningkatan hormon yang memicu munculnya jerawat. Tak hanya itu, serat elastin dan kolagen pada kulit kamu pun terancam mengalami kerusakan jika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan terjadi penumpukan kotoran dan sel kulit mati pada pori-pori. Inilah yang membuat kulit kamu jerawatan.

Makanan Berminyak

Selain gula, lemak juga harus dihindari jika kamu tidak ingin jerawatan. Studi menyebutkan bahwa makanan dengan kadar lemak dan garam yang tinggi menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada kulit. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan yang digoreng ya, apalagi jika minyak yang digunakan jarang diganti.

 

Itu tadi enam makanan penyebab jerawat yang harus kamu hindari supaya kulit bebas dari masalah jerawat. Kalau kamu memiliki masalah seputar jerawat yang mengganggu, kamu bisa bertanya langsung pada dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter-dokter kulit terbaik akan memberikan solusi yang tepat untuk semua permasalahan jerawat dan kesehatan kulit yang kamu alami. Aplikasi Halodoc bisa kamu download melalui Google Play Store dan App Store ya.