• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bau Ketiak Bikin Enggak Pede? Begini 7 Cara Alami Mengatasinya

Bau Ketiak Bikin Enggak Pede? Begini 7 Cara Alami Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Baik wanita maupun pria, tentunya sama-sama akan terganggu bila ketiknya bau bukan main. Apalagi bila orang-orang disekelilingnya menyadari, bukan bau lagi yang jadi soal, tetapi rasa malu dan percaya diri. Setuju?

Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan bau ketiak? Kebanyakan orang mengandalkan deaodorant untuk menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Antiperspirant dan deodoran konvensional memang bisa menjadi cara simpel untuk memerangi bau ketiak. Namun, sebenarnya ada beberapa cara lain alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak.

Penasaran? Nah, berikut cara menghilangkan bau ketika secara alami.

Baca juga: Awas, 5 Makanan Ini Sebabkan Bau Badan!

  1. Kurangi Makanan Pedas

Doyan mengonsumsi makanan pedas? Bagi kamu yang sudah memiliki “riwayat” bau ketiak, ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan pedas. Sebab, makanan pedas seperti kari, bawang putih, dan makanan pedas lainnya berpotensi membuatkeringat beberapa orang lebih bau.

Selain makanan pedas, cara menghilangkan bau ketiak secara alami juga bisa dengan menghindari diet tinggi daging merah. Alasannya, menu ini bisa meningkatkan munculnya bau badan dengan lebih cepat.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Cara menghilangkan bau ketiak juga bisa melalui air hangat. Cobalah mandi secara teratur dengan air hangat untuk membantu membunuh bakteri yang ada di kulit. Selain itu, cobalah kenakan pakaian yang bisa membuat kulit tubuh bernapa. Misalnya, pakaian yang berbahan wol atau sutra.

  1. Cukur dan Waxing Bulu Ketiak

Selain dua hal di atas, cara menghilangkan bau ketiak secara alami juga bisa melalui tips ini. Mau bukti? Simaklah studi dalam jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health di bawah ini.

Ahli dalam studi tersebut meneliti hubungan mencukur bulut ketiak dengan bau ketiak pada pria. Metode pertama, yaitu dengan mencukur bulu ketiak yang diikuti dengan membersihkan dan mencucui ketiak. Bagaimana hasilnya? Cara ini ternyata tidak berdampak signifikan. Dengan kata lain, bau ketika tak mau menjauh.

Namun, ada metode kedua, yaitu  mencukur bulu ketiak dan diikuti dengan waxing, serta membersihkan dan mencucui ketiak. Mau tahu hasilnya? Ternyata, metode ini bisa menurunkan bau ketika secara langsung dan signifikan.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Bukan dengan Parfum, Ini Cara Jitu Hilangkan Bau Badan

  1. Masker Ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak juga bisa melalui masker ketiak. Cara yang bisa digunakan adalah dengan memaskeri area ketiakmu setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan lulur atau juga campuran tepung gandum yang diberi minyak zaitun yang dioleskan. Kemudian, didiamkan sejenak lalu dicuci bersih.

  1. Garam

Garam atau natrium klorida memiliki kemampuan untuk membunuh banyak bakteri. Caranya? Campurkan sedikit air dan sejumput garam, kemudian oleskan ke area ketiak. Cara ini dapat membantu mengendalikan bau badan bagi mereka yang mengalami bau ketiak.

  1. Asam lemon

Selain lima hal di atas, cara menghilangkan bau ketiak juga bisa melalui lemon. Caranya simpel kok. Gosokkan di ketiak secara perlahan dengan gerakan memutar. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu membunuh bakteri dan bau. Lemon juga memiliki efek astringen ringan yang meniru efek penutupan pori dari aktivitas antiperspiran.

Baca juga: Awas, 5 Makanan Ini Sebabkan Bau Badan!

  1. Sabun Antijerawat

Kamu juga bisa menggunakan sabun antijerawat untuk menghilangkan bau ketiak. Menggunakan sabun antibakteri yang dibuat untuk jerawat, dapat membantu membunuh beberapa bakteri yang menyebabkan bau badan. bukan hanya menutupi baunya saja.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2020. 8 Natural Ways To Combat Body Odor Without Deodorant.
WebMD. Diakses pada 2020. Preventing Body Odor.
Medical News Today. Diakses pada 2020.What's to know about body odor?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. A Comparative Clinical Study of Different Hair Removal Procedures and Their Impact on Axillary Odor Reduction in Men.