7 Cara Alami untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
7 Cara Alami untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Halodoc, Jakarta – Tidak ada orang yang nyaman dengan aroma menyengat ketiak. Dan kebanyakan orang mengandalkan deodorant untuk memerangi bau badan. Deodoran konvensional dan antiperspirant biasanya dapat menghilangkan aroma bau, tetapi dapat menimbulkan beberapa efek samping yang buruk.

Kebanyakan deodoran dan antiperspiran mengandung paraben dan phthalate yang dapat mengacaukan hormon tubuh. Karenanya, untuk kesehatan jangka panjang, ada baiknya kamu menerapkan cara alami untuk menghilangkan bau ketiak. Berikut ini tipsnya!

Pola Makan Sehat sampai Campuran Minyak Esensial

Menurut penelitian dari Journal of Inorganic Biokimia produk-produk yang mengandung aluminium yang dapat menyebabkan ketidakstabilan gen dalam jaringan payudara, akhirnya dapat mengarah pada pertumbuhan sel tumor atau kanker. 

Saat ini tidak ada penelitian definitif yang menghubungkan aluminium dengan kanker, tetapi menurut penelitian dari European Journal of Cancer Prevention, kanker payudara cenderung dikaitkan dengan penggunaan produk yang mengandung logam.

Baca juga: Bukan dengan Parfum, Ini Cara Jitu Hilangkan Bau Badan

Diperlukan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami risiko menggunakan deodoran ini.  Nah, tidak ada salahnya untuk mulai mencari metode alternatif agar bebas dari bau ketiak. Berikut ini cara alami yang direkomendasikan untuk menghilangkan bau ketiak:

  1. Diet Sehat

Langkah pertama untuk menghilangkan bau badan adalah menjaga pola makan yang sehat. Makanan seperti daging merah sebenarnya dapat menyebabkan bau badan yang lebih intens dan bertahan untuk jangka waktu lama.

Baca juga: Awas, 5 Makanan Ini Sebabkan Bau Badan!

  1. Masker Ketiak

Menjaga ketiak bersih dan bebas bakteri dapat membantu meningkatkan aroma alami. Cara yang bisa digunakan adalah dengan memaskeri area ketiakmu setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan lulur atau juga campuran tepung gandum yang diberi minyak zaitun yang dioleskan, kemudian didiamkan sejenak lalu dicuci bersih.

  1. Air Mawar

Air mawar adalah zat antibakteri alami, dan untuk manfaat tambahan, air mawar memiliki bebauan yang sedap dan tidak terlalu menyengat. Beberapa orang mencampur air mawar dengan minyak pohon teh, tetapi kamu juga dapat menggunakannya tanpa campuran bahan lain.

  1. Sabun Antijerawat

Kamu juga bisa menggunakan sabun antijerawat untuk dibersihkan ke ke bagian ketiak. Menggunakan sabun antibakteri yang dibuat untuk jerawat dapat membantu membunuh beberapa bakteri yang menyebabkan bau badan, bukan hanya menutupi baunya saja. Kandungan benzoil peroksida adalah pilihan tepat untuk membunuh bakteri pada ketiak.

  1. Campuran Esensial Oil

Buat campuran deodoran sendiri menggunakan minyak esensial favorit. Minyak seperti bergamot, citrus, cengkeh, kayu cedar, patchouli, vetiver, bahkan rangkaian aroma bunga seperti ylang ylang, lavender, cemara, dan geranium sangat baik menghilangkan bau, dan mencegah keringat.

  1. Asam lemon

Punya lemon di dapur? Gosokkan di ketiak secara perlahan dengan gerakan memutar. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu membunuh bakteri dan bau. Lemon juga memiliki efek astringen ringan yang meniru efek penutupan pori dari aktivitas antiperspiran.

  1. Garam

Garam atau natrium klorida memiliki kemampuan untuk membunuh banyak bakteri. Caranya? Campurkan sedikit air dan sejumput garam kemudian oleskan ke area ketiak. Ini dapat membantu mengendalikan bau badan bagi banyak orang tanpa efek samping dari pewangi, aluminium, dan bahan kimia lainnya yang ditemukan di sebagian besar deodoran.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai tip kesehatan dan kecantikan, obrolkan saja di Halodoc untuk informasi lebih lengkapnya. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2019. 8 Natural Ways To Combat Body Odor Without Deodorant.
WebMD. Diakses pada 2019. Preventing Body Odor.