15 October 2018

Awas, 5 Makanan Ini Sebabkan Bau Badan

Awas, 5 Makanan Ini Sebabkan Bau Badan

Halodoc, Jakarta – Bau badan disebabkan karena bakteri yang terdapat pada tubuh. Sebenarnya keringat sendiri sama sekali tidak berbau, perkembangan bakteri yang dipicu oleh adanya keringatlah yang menyebabkan timbulnya bau badan.

Selain karena perkembangbiakan bakteri, makanan juga bisa menjadi pemicu bau badan. Sejatinya, apa yang kamu makan dapat secara langsung memengaruhi cara aroma tubuhmu. Ini dikarenakan tubuh memetabolisme senyawa sulfur yang ditemukan dalam banyak makanan.

Akibatnya, ada aroma yang dihasilkan dan melekat di tubuh. Supaya terhindar dari bau badan, maka ada baiknya kamu mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan berikut ini:

  1. Daging Merah

Pada tahun 2006, para peneliti dari Republik Ceko mengumpulkan sampel keringat dari orang yang mengonsumsi daging merah dan vegetarian untuk dibandingkan. Kemudian, sekelompok orang yang berbeda diminta untuk mengidentifikasi dan membandingkan aroma mana yang paling tidak enak.

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan kalau aroma tubuh orang yang tidak mengonsumsi daging lebih menyenangkan ketimbang mereka yang mengonsumsi daging. Membatasi konsumsi daging merah adalah salah satu upaya untuk mengurangi bau badan tidak sedap.

  1. Ayam Kari

Tidak hanya ayam kari, tetapi segala jenis makanan yang diolah dengan bumbu kari akan menjadi pemicu bau badan. Ini disebabkan karena rempah-rempah ataupun bumbu yang digunakan untuk memasak makanan ini sangat kuat sehingga sampai meninggalkan jejak di tubuh dan menempel di pori-pori.

Untuk menghindari bau badan berlebihan sehabis mengonsumsi makanan berkari, cobalah mengganti bumbu yang terlalu kuat, seperti jintan dengan bumbu yang memiliki aroma segar layaknya jahe dan kapulaga.

  1. Bawang Putih

Bau bawang putih bisa dengan mudah menempel ke tubuhmu dan meninggalkan aroma tak sedap setelah dikonsumsi karena di dalam bawang putih ada senyawa sulfur lain yang disebut alisin yang dilepaskan ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan. Alisin cepat rusak setelah dikonsumsi dan diubah menjadi zat lain, yang menimbulkan bau tak sedap ketika berkeringat. Untuk situasi seperti ini maka cara menghilangkan bau badan dapat dengan mengonsumsi air putih untuk menetralisir bau serta menggunakan deodoran.

  1. Asparagus

Asparagus memang makanan yang enak, tetapi dibalik rasanya yang enak, asparagus dapat menimbulkan bau urine lewat senyawa sulfur mercaptan yang rusak dalam sistem pencernaan. Untuk mengurangi sensasi bau saat berkemih sehabis mengonsumsi asparagus, kamu bisa membarenginya dengan mengonsumsi paprika. Kombinasi paprika dan asparagus dapat meredam aroma bau yang biasanya timbul sehabis makan asparagus.

  1. Brokoli dan Kubis

Kedua jenis sayuran ini mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan sel karsinogenik. Di balik manfaatnya tersebut, brokoli dan kubis dapat menciptakan aroma bau, bahkan perut kembung karena kandungan gas yang terdapat di dalamnya.

Mengolah kubis dan brokoli secara benar adalah salah satu cara mengurangi bau yang disebabkan oleh sayuran ini. Misalnya, kamu bisa mengukus brokoli tanpa perlu menambahkan bumbu-bumbu yang membuat rasa dan aromanya semakin kuat.

Untuk kubis sendiri, ada baiknya kamu menghindari pengolahannya dengan cara menggoreng yang hanya akan meningkatkan kandungan gas di kubis. Mengonsumsi mentah jauh lebih baik ketimbang pengolahan dengan cara memanaskan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau badan serta cara penanganannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: