• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Cuaca Dingin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Cuaca Dingin

7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Cuaca Dingin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Juni 2022

“Krim pelembap berbahan dasar minyak dapat membantu mengatasi kulit kering saat cuaca dingin. Minum air putih juga ampuh untuk membuat tubuhmu tetap terhidrasi sehingga tetap lembap dan sehat.”

7 Cara Mengatasi Kulit Kering di Cuaca Dingin

Halodoc, Jakarta – Cuaca dingin seperti di musim hujan atau sering berada di ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit kering. Pada sebagian orang, udara dingin dapat membuat pipi jadi merona. Namun, kebanyakan orang lebih sering mengalami masalah kulit kering ketika berada di cuaca yang dingin. 

Kulit kering dapat terjadi pada tangan, kaki, dan wajah. Dampaknya kulit dapat pecah-pecah, mengelupas, bahkan berdarah. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi kulit kering di cuaca dingin?

Penggunaan Krim Malam dan Menghidrasi Tubuh Supaya Terhindar dari Kulit Kering saat Cuaca Dingin

Setiap orang punya kondisi kulit yang berbeda. Paparan kondisi lingkungan yang sama bisa memberikan respons berbeda. Bagi kamu yang kerap mengalami masalah kulit kering saat cuaca dingin, ada beberapa tips perawatan kulit yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Gunakan Krim Malam

Menghadapi cuaca dingin terkadang membuatmu perlu untuk mengaplikasikan krim khusus. Carilah krim pelembap yang berbahan dasar minyak, sebab krim ini lebih melembapkan kulit daripada krim berbahan dasar air. Untuk memudahkanmu, pilihlah krim malam karena biasanya berbahan dasar minyak.

Namun, jangan sembarangan memilih bahan minyak, karena tidak semua kandungan minyak cocok untuk wajah. Pilihlah jenis minyak yang tidak menyumbat pori-pori, seperti avocado oil, mineral oil, primrose oil, atau almond oil. Sementara shea atau butter oil masih menjadi perdebatan karena jenis minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Pelembap Dibanding Sunscreen

Sunscreen umumnya digunakan untuk cuaca panas. Sedangkan untuk menghadapi cuaca yang dingin, kamu perlu mengaplikasikan pelembap ke tangan dan wajah yang tidak terlindungi. Untuk tangan, gunakan pelembap khusus tangan atau hand cream. Aplikasikan 30 menit sebelum kamu pergi keluar, dan aplikasikan kembali secara berkala pada saat berada di luar.

3. Lindungi Tanganmu

Tangan memiliki kulit yang cukup tipis dan kelenjar minyak yang lebih sedikit dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Makanya tangan adalah bagian tubuh yang mudah sekali kering, terutama pada saat cuaca dingin dan kering. Akibatnya, tangan bisa gatal dan pecah-pecah. Karena itu, lindungi tangan dengan mengenakan sarung tangan setiap kali bepergian ke tempat yang dingin.  

4. Hindari Memakai Sarung Tangan dan Kaus Kaki Basah

Sarung tangan dan kaus kaki yang basah ataupun lembap dapat menyebabkan kulit gatal-gatal, pecah, bahkan mengalami eksim, yaitu kondisi kulit yang meradang dan melepuh.

5. Memasang Pelembap Ruangan

Terlalu lama berada di ruangan dengan mesin penghangat atau pendingin seperti air conditioner (AC) dapat membuat kulit menjadi kering. Nah, cara mengatasi kulit kering di kondisi ini bisa dengan memanfaatkan mesin pelembap ruangan (humidifier) agar udara di dalam ruangan tidak terlalu kering.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi kulit kering juga bisa melalui tips simpel ini. Mungkin kamu sudah mendengar nasihat ini beribu kali, tapi banyak meminum air putih sangat ampuh untuk membuat tubuhmu tetap terhidrasi. Alhasil  kondisi kulitmu pun akan tetap sehat dan lembap.

7. Melembapkan Kaki

Lotion untuk kaki yang mengandung mint  memang menyegarkan saat musim panas. Tapi untuk musim dingin, lotion tersebut tidak cocok. Gunakanlah lotion yang mengandung petroleum jelly atau gliserin. Bersihkan juga kaki dari kulit mati dengan menggunakan scrub. Dengan demikian, lotion kaki yang kamu gunakan dapat terserap lebih cepat dan dalam.

Jangan ragu untuk tanya dokter melalui aplikasi Halodoc terkait kondisi kulitmu atau masalah kesehatan lainnya. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Dry Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies for Dry Skin.