• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ganti Perban pada Luka Bakar

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ganti Perban pada Luka Bakar

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ganti Perban pada Luka Bakar

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat luka bakar, salah satunya dengan membalut perban. Bagi luka yang parah, pembalutan dengan perban mungkin harus dilakukan dalam waktu yang tergolong lama. Meski begitu, penting untuk mengganti perban luka secara teratur selama proses penyembuhan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ganti perban luka bakar. 

Perawatan untuk luka bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis luka dan tingkat keparahannya. Perban bisa menjadi salah satu cara pendukung untuk mempercepat pemulihan dan menjaga luka. Hal ini juga dilakukan untuk menurunkan risiko terjadinya infeksi pada luka. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat ganti perban yang membalut luka? 

Baca juga: Awas, Jangan Bersihkan Luka dengan Alkohol

Hal yang Harus Diperhatikan saat Ganti Perban 

Ganti perban perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mempercepat proses penyembuhan. Biasanya, dokter akan memberi jadwal ganti perban atau kamu bisa melakukannya kapan saja jika dibutuhkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ganti perban, di antaranya: 

1.Mencuci Tangan 

Saat akan mengganti perban, biasakan untuk selalu mencuci tangan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kontaminasi saat menyentuh perban yang akan diganti atau menyentuh luka. 

2.Lakukan Perlahan 

Saat mengganti perban, penting untuk melakukannya secara perlahan. Setelah perban terlepas, coba perhatikan luka dengan baik untuk memastikan ada atau tidak tanda infeksi yang muncul. Kamu bisa mengenali tanda infeksi pada luka, seperti muncul cairan kuning atau hijau, aroma tidak sedap, nyeri yang semakin parah, mual dan muntah, hingga mengalami demam ringan. 

3.Bersihkan Luka 

Saat mengganti perban, kamu juga bisa membersihkan luka dengan larutan pembersih. Hal ini bisa dilakukan jika luka sudah dalam kondisi yang lebih baik. Setelah itu, keringkan luka dengan kasa. 

Baca juga: Alasan Tangan Harus dalam Keadaan Bersih saat Ganti Perban

4.Oleskan Obat 

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, kamu bisa mengoleskan obat yang disarankan dokter pada luka. Selain itu, sebaiknya hindari menggaruk luka meskipun terasa gatal. 

5.Ganti Perban Baru 

Setelah melepas perban, gunakan perban yang baru dan bersih untuk kembali menutup luka. Setelah proses pembersihan selesai, segera tutup luka agar perban tidak terpapar bakteri. 

6.Buang Perban 

Segera buang perban bekas pakai ke tempat sampah. Biar lebih aman, usahakan untuk membungkus perban bekas dengan kantong plastik sebelum dibuang. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko penyebaran dan penularan bakteri. 

7.Cuci Tangan 

Sebelum mengganti perban kamu harus mencuci tangan, dan hal yang sama juga harus dilakukan setelah proses ganti perban selesai. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun antibakteri setiap selesai mengganti perban. 

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengganti perban. Dengan begitu, kebersihan luka akan selalu terjaga dengan baik dan pemulihan bisa segera terjadi. Selain itu, pastikan untuk rutin melakukan pemeriksaan sampai luka sembuh, terutama jika muncul tanda-tanda terjadi gangguan pada luka bakar yang dialami. 

Baca juga: Harus Anti Kuman, Ini yang Diperhatikan Saat Mengganti Perban Luka

Jika ragu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk meminta bantuan dan saran dari dokter dalam mengganti perban. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang sama untuk menyampaikan keluhan kesehatan pada dokter tepercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Incision Care: Procedure Details.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Recognize and Treat an Infected Wound.