06 August 2017

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Halodoc, Jakarta - Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah melebihi batas normal. Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa adanya gejala, dimana tekanan darah yang tidak normal didalam arteri menyebabkan meningkatnya risiko terhadap stroke, aneurisma atau pelebaran pembuluh darah, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal. Tekanan darah akan melambung tinggi apabila mencapai 140/90 mmHg. Hipertensi sulit disadari karena tidak memiliki gejala khusus. Namun, ada beberapa hal yang setidaknya dapat dijadikan indikator, karena berkaitan langsung dengan kondisi fisik. Seperti pusing atau sakit kepala, sering gelisah, wajah merah, tengkuk terasa pegal, mudah marah, telinga berdenggung, susah tidur, sesak napas, mudah lelah, mata berkunang-kunang dan mimisan.

Penyebab hipertensi belum bisa dipastikan pada lebih dari 90 persen kasus yang ada. Dalam kasus di mana sama sekali tidak ada penyebab atau faktor jelas, hipertensi dikenal sebagai hipertensi primer. Ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko mengalami darah tinggi, yaitu:

  • Bertambahnya usia.
  • Faktor keturunan
  • Perokok
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Jarang berolahraga.
  • Suka konsumsi makanan yang asin.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.
  • Tingkat stres yang tinggi.


Sementara hipertensi yang disebabkan oleh kondisi dasar tertentu disebut hipertensi sekunder. Secara keseluruhan, 10 persen dari kasus hipertensi merupakan jenis sekunder. Beberapa penyebab di balik kondisi ini umumnya meliputi:

  • Diabetes.
  • Penyakit ginjal.
  • Kondisi yang memengaruhi jaringan tubuh, misalnya lupus.
  • Obat-obatan tertentu, misalnya pil kontrasepsi, analgesik atau obat pereda sakit, obat pilek, serta dekongestan.
  • Penyempitan pembuluh darah (arteri) yang mengalirkan darah ke ginjal.
  • Gangguan hormon, khususnya tiroid.

 
Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Hipertensi, bukanlah jenis penyakit yang asing. Tidak hanya pria, wanita  juga  mengalaminya. Pengidap darah tinggi dianjurkan untuk mengatur menu makanan sehari-hari. Selain itu, juga perlu menghindari apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi. 7 jenis makanan berikut adalah makanan yang harus dihindari atau dibatasi ketika seseorang mengidap hipertensi:

  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi. Makanan tersebut dilarang karena dapat memicu penyakit darah tinggi dan jantung.
  2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium seperti biskuit, craker, keripik dan makanan kering yang asin. Selain pemicu hipertensi semakin parah makanan tersebut juga menjadi penyebab penyakit kanker.
  3. Makanan dan minuman dalam kaleng misalnya sarden, sosis, kornet, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng, soft drink. Makanan olahan dalam kaleng tak hanya meningkatkan risiko hipertensi, tetapi juga memicu obesitas dan penyakit kardiovaskular.
  4. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayuran atau buah-buahan, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang). Makanan yang diawetkan seperti yang disebutkan dapat meningkatkan tekanan darah.
  5. Susu full cream, mentega, margarine, keju mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi atau kambing, kuning telur, kulit ayam). Makanan yang sudah disebutkan tersebut mengandung lemak jenuh yang bisa memperparah penyakit hipertensi.
  6. Bumbu-bumbu seperti kecap, msg, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium. Makanan yang mengandung garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.
  7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape. Alkohol juga berpotensi merusak dinding arteri sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kebiasaan mengonsumsi alkohol bagi pengidap tekanan darah tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius.


Diskusikan dengan dokter spesialis terbaik tentang penyebab hipertensi dan makanan apa saja yang harus dihindari pengidap hipertensi atau darah tinggi dapat melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Kamu bisa berdiskusi via chat, video call atau voice call pada aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc di smartphone sekarang juga untuk menggunakannya.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi