• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan Pemicu Psoriasis yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan Pemicu Psoriasis yang Perlu Diwaspadai

7 Makanan Pemicu Psoriasis yang Perlu Diwaspadai

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Agustus 2022

“Ada beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya psoriasis. Contoh beberapa makanan pemicu tersebut, antara lain daging merah dan makanan olahan.”

7 Makanan Pemicu Psoriasis yang Perlu Diwaspadai7 Makanan Pemicu Psoriasis yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Psoriasis adalah gangguan pada kulit akibat pertumbuhan yang terlalu cepat. Masalah ini dapat menyebabkan kulit bersisik, memerah, dan bahkan menimbulkan bercak tebal.

Gangguan ini termasuk dalam penyakit autoimun yang belum diketahui penyebab pastinya. Namun, ada beberapa faktor yang mampu memicu psoriasis terjadi, salah satunya adalah makanan.

Makanan yang Dapat Memicu Psoriasis

1. Daging Merah

Daging merah termasuk makanan yang dapat memicu terjadinya masalah kulit ini. Pasalnya, kandungan lemak tak jenuh jamak atau disebut asam arakidonat dapat memicu psoriasis pada seseorang yang pernah mengalaminya. 

Makanan ini juga dapat membuat gejalanya semakin parah saat terjadi. Sebab, daging merah dapat memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh.

2. Produk Susu dan Olahannya

Makanan lainnya yang dapat memicu psoriasis adalah produk susu dan olahannya. Masalah kulit ini dapat terjadi karena adanya kandungan asam arakidonat. Sama seperti daging merah, kandungan ini dapat memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, susu sapi juga mengandung protein kasein yang dapat memicu peradangan. Maka dari itu, seseorang yang mengidap psoriasis ada baiknya menghindari produk yang terbuat dari susu, seperti keju dan susu.

3. Makanan Olahan

Ada banyak sekali makanan olahan, terutama yang dibekukan, bisa memicu terjadinya psoriasis. Sama seperti sebelumnya, makanan ini dapat memicu peradangan pada tubuh. Hal ini disebabkan kandungan gula dan tepung olahan terkandung di dalamnya.

Bukan hanya itu, makanan olahan yang dikemas juga melalui proses pengolahan berlapis. Proses ini dapat meningkatkan senyawa yang dapat memicu terjadinya peradangan pada tubuh.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan peradangan. Selain itu, alasan lainnya untuk menghindari junk food karena kaya kalori dengan minim nilai gizi. Sebab, seseorang yang alami psoriasis kerap terjadi pada masalah berat badan.

5. Tanaman Nightshade

Banyak orang yang tidak tahu apa itu tanaman Nightshade. Padahal beberapa contoh tanaman dalam keluarga ini, seperti terong, tomat, kentang, dan masih banyak lagi. Tanaman ini dipercaya dapat membuat gejala psoriasis menjadi semakin parah.

6. Alkohol

Meski bukan makanan, alkohol termasuk harus dihindari oleh seseorang yang mengidap psoriasis. Alkohol memang salah satu yang dapat memicu terjadinya masalah kulit. Minuman ini dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga gangguan ini lebih mudah kambuh.

7. Keluarga Jeruk

Disebutkan jika keluarga jeruk, seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan limau, dapat membuat psoriasis kambuh. Sebab, kandungan dari jeruk dapat menjadi alergen pada kulit. Buah-buahan ini dapat memicu gejala psoriasis yang merugikan.

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya terjadinya psoriasis pada seseorang. Untuk seseorang yang mengidap gangguan ini, ada baiknya untuk menghindari segala makanan atau minuman yang telah disebutkan.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan kulit juga perlu dilakukan secara rutin agar masalah ini tidak mudah kambuh. Dengan begitu, keindahan kulit tetap terjaga dan nikmat untuk dipandang.

Kamu juga bisa lho melakukan pemesanan pemeriksaan kulit terkait psoriasis di rumah sakit rekanan Halodoc, melalui fitur janji medis. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone. Maka dari itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 8 Foods That Might Cause Psoriasis Flare-Ups.
Healthline. Diakses pada 2022. What Foods Can Trigger a Psoriasis Flare-Up?