Mengidap Psoriasis? 5 Dokter Kulit Ini Bisa Beri Solusi

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Januari 2024

“Psoriasis bisa menyebabkan gejala yang sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya kamu segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit di Halodoc.”

Mengidap Psoriasis? 5 Dokter Kulit Ini Bisa Beri SolusiMengidap Psoriasis? 5 Dokter Kulit Ini Bisa Beri Solusi

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang memengaruhi kulit. Pada psoriasis, sistem kekebalan tubuh menganggap kulit sebagai ancaman dan merespon dengan mempercepat siklus hidup sel-sel kulit.

Hal ini menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit dalam bentuk plak yang kemerahan dan bersisik.

Psoriasis memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit kepala, siku, lutut, punggung, dan kuku. Gejala bervariasi, tetapi beberapa ciri umum meliputi plak kemerahan bersisik, gatal, nyeri, perubahan pada kuku, kulit kering dan pecah-pecah, bahkan gangguan pada sendi (psoriatic arthritis).

Tanda Psoriasis yang Harus Diperiksakan ke Dokter Kulit

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala psoriasis atau memiliki kecurigaan mengidapnya, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Nah, tanda kamu harus periksa ke dokter kulit saat mengalamai psoriasis, antara lain: 

  1. Gejala yang mengganggu: Jika psoriasis mempengaruhi kenyamanan dan kualitas hidup, pemeriksaan oleh spesialis kulit dapat membantu dalam menentukan opsi pengobatan yang sesuai. Untuk gejala gatal, Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek.
  2. Diagnosis dan perencanaan pengobatan: Dermatolog membantu mengonfirmasi diagnosis psoriasis dan merencanakan rencana pengobatan yang sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan psoriasis yang kamu miliki.
  3. Pengelolaan psoriasis pada bagian tubuh tertentu: Jika psoriasis terjadi di area yang sensitif atau terpapar, seperti wajah atau kulit kepala, konsultasi dengan dermatolog dapat memberikan solusi pengelolaan yang efektif.
  4. Pemantauan dan pengelolaan psoriatic arthritis: Jika kamu mengalami gejala psoriatic arthritis, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan dan pengelolaan yang tepat.

Dalam perjalanan perawatan psoriasis, kolaborasi dengan dokter spesialis kulit akan membantu memastikan pendekatan yang terkoordinasi dan efektif untuk mengelola kondisi ini.

Daftar Dokter Kulit yang Bisa Bantu Perawatan Psoriasis

Kamu perlu segera menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin di Halodoc apabila kondisi psoriasis yang kamu alami tak kunjung membaik. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis kulit di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun. 

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya, ini daftarnya:

1. dr. Corry Khathreen Sp.D.V.E

Corry Khathreen Sp.D.V.E adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Ia berhasil menyelesaikan pendidikan dokter umum pada 2010.

Kemudian, ia melanjutkan studi di kampus yang sama hingga memperoleh gelar dokter spesialis kulit dan kelamin pada 2020.

Tak hanya sibuk berpraktik di Jakarta Pusat dan Selatan, ia juga masih menjadi anggota aktif IDI dan PERDOSKI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Corry Khathreen Sp.D.V.E dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit kulit dan kelamin di Halodoc, termasuk kondisi psoriasis, kulit sensitif, ruam kulit dan gigitan serangga, kulit kering dan eksim, jerawat, serta tindakan estetika.

Chat dr. Corry Khathreen Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Frieda Sp.D.V.E  berhasil menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya pada 2015.

Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dan mendapatkan gelar dokter spesialis kulit dan kelamin pada 2022.

Selain berpraktik di Bogor, Jawa Barat, ia juga masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit kulit dan kelamin di Halodoc, termasuk kondisi psoriasis.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

3. dr. Prida Ayudianti Sp.D.V.E, FINSDV

Prida Ayudianti Sp.D.V.E, FINSDV telah mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2008.

Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis kulit dan kelamin pada 2013.

Ia kini berpraktik di Malang, Jawa Timur dan masih menjadi anggota aktif IDI dan PERDOSKI.

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Prida Ayudianti Sp.D.V.E, FINSDV dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit kulit dan kelamin di Halodoc, termasuk kondisi psoriasis.

Chat dr. Prida Ayudianti Sp.D.V.E, FINSDV mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Tritya Mudita Sp.D.V.E

Tritya Mudita Sp.D.V.E berhasil menamatkan pendidikan dokter umumnya di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2015.

Ia pun melanjutkan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis kulit dan kelamin pada 2021.

Ia kini berpraktik di Nganjuk, Jawa Timur dan masih menjadi anggota aktif IDI dan PERDOSKI.

Dengan pengalaman selama 9 tahun, dr. Tritya Mudita Sp.D.V.E dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit kulit dan kelamin di Halodoc, termasuk kondisi psoriasis, kulit lansia, penyakit kelamin, ruam kulit dan gigitan serangga, jerawat, serta masalah kulit anak.

Chat dr. Tritya Mudita Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

5. dr. Roni Aldiano Sp.D.V.E

Roni Aldiano Sp.D.V.E berhasil mendapatkan gelar dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada 2007.

Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan berhasil mendapatkan gelar dokter spesialis kulit dan kelamin pada 2015.

Ia kini berpraktik di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau dan masih menjadi anggota aktif IDI dan PERDOSKI.

Berbekal 17 tahun, dr. Roni Aldiano Sp.D.V.E dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit kulit dan kelamin di Halodoc, termasuk kondisi psoriasis, penyakit kelamin, ruam kulit dan gigitan serangga, jerawat, serta tindakan estetika.

Chat dr. Roni Aldiano Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis kulit yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi anemia. 

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter gigi lainnya.

Kamu juga bisa konsultasi dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon. Klik gambar di bawah ini untuk chat dokter kulit terpercaya di Halodoc dengan biaya lebih murah.

dokter kulit halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Psoriasis.
NHS UK. Diakses pada 2024. Psoriasis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Psoriasis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan