7 Manfaat Apel untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Manfaat Apel untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Bisa dibilang apel adalah buah paling terkenal di dunia. Apel mudah didapatkan karena hampir tersedia di seluruh dunia. Manfaat apel paling terkenal adalah membuat perut kenyang lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Namun, manfaat apel tidak hanya itu saja,  buah ini punya segudang manfaat untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Apel Merah Vs Apel Hijau, Lebih Sehat Mana?

Ada banyak bukti menunjukkan bahwa manfaat apel merah memberikan banyak manfaat kesehatan  untuk kulit. Apel menjadi salah satu buah yang memberikan hasil kulit yang lebih glowing dan indah. Berikut ini beberapa manfaat apel untuk kulit yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Mencerahkan Kulit

Buah apel mampu membuat kulit tampak lebih cerah dan menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi. Kandungan kolagen dalam apel berfungsi untuk memberikan elastisitas kulit. Kulit yang lebih elastis memberikan kesan kulit terlihat lebih bercahaya dan awet muda.

  1. Menghidrasi Kulit

Apel menghidrasi sekaligus membersihkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, potong seiris apel dan oleskan jusnya di seluruh wajah sampai mengering. Ini akan menyeimbangkan produksi minyak dalam tubuh dengan menjadikannya masker pelembab yang bagus. Apel juga bisa digunakan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

  1. Agen Anti Penuaan

Masker apel bermanfaat sebagai agen anti penuaan karena mampu mengangkat kulit kusam dan kusut serta menjaga kelembapannya. Selain dijadikan masker, konsumsi apel secara teratur menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Kamu dapat menggosok apel yang telah parut ke bagian wajah dan biarkan selama 10-20 menit. 

Baca Juga: Khasiat Buah Apel yang Cocok untuk 6 Penyakit Ini

  1. Perlindungan UV

Apel mengandung partikel pertahanan UVB yang memberikan perlindungan ekstra dari sinar matahari. Buah ini mampu mengobati sengatan matahari dan mencegah kulit mengalami pengelupasan. Untuk mendapatkan manfaat ini, campur satu sendok teh gliserin dengan apel parut. Kemudian, oleskan pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Setelah kering, cuci dengan air dingin hingga bersih.

  1. Menghilangkan Jerawat, Noda, dan Bintik-bintik Gelap

Untuk menghilangkan jerawat, noda, dan bintik-bintik gelap, kamu bisa menumbuk seperempat apel dengan krim susu dan mengoleskannya di wajah. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

  1. Dapat Dijadikan Toner

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang cuka apel. Cuka apel memiliki manfaat luar biasa dengan membantu mengencangkan kulit dan merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit. Tak hanya itu, cuka sari apel juga membantu membersihkan pori-pori kulit dari patogen dan minyak yang dapat memicu jerawat. Cuka apel juga mampu menyeimbangkan tingkat pH kulit, sehingga memungkinkan kulit untuk membatasi produksi minyaknya yang berlebihan. 

  1. Mengandung Banyak Vitamin C

Konsumsi apel secara rutin meningkatkan asupan vitamin C atau asam askorbat. Vitamin ini terlibat dalam pembentukan kolagen, protein yang banyak ditemukan di kulit. Kolagen adalah komponen struktural penting dari kulit yang membantu menjaga penghalang tahan air kulit. Kekurangan vitamin C menyebabkan produksi kolagen rendah yang akhirnya menyebabkan pembukaan kembali luka lama dan robeknya kulit. 

Baca Juga: Cuka Apel Bisa Dikonsumsi untuk Diet, Benarkah?

Manfaat apel di atas bisa kamu peroleh dengan mengonsumsinya langsung, menjadikannya masker atau pun dijadikan toner. Kalau punya pertanyaan lain seputar gizi buah apel, tanyakan kepada ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Hubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Style Craze. Diakses pada 2019. 36 Amazing Benefits Of Apples For Skin, Hair, And Health.
SF Gate. Diakses pada 2019. Apple Health Benefits for Skin.