Khasiat Buah Apel yang Cocok untuk 6 Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Khasiat Buah Apel yang Cocok untuk 6 Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menyukai buah apel. Buah yang berwarna merah dan hijau ini mempunyai rasa yang manis dan gurih. Selain rasanya, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan memiliki khasiat khusus untuk menangkal atau mencegah berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang terdapat pada buah ini kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk menjaga tubuh kesehatan tubuh. Seseorang yang gemar mengonsumsi makanan ini terbukti lebih sehat dan stamina tubuh terjaga. Berikut adalah khasiat apel untuk mencegah beberapa penyakit menyerang kamu!

Baca juga: Apel Merah Vs Apel Hijau, Lebih Sehat Mana?

Khasiat Apel Terhadap Beberapa Penyakit

Buah apel memberikan dampak baik pada tubuh mulai dari kulit hingga dagingnya. Kamu dapat merasakan tubuh menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi apel secara rutin. Apel kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Kandungan tersebut membantu untuk mengurangi risiko kanker, diabetes, hingga jantung.

Maka dari itu, untuk merasakan manfaat dari apel, kamu disarankan paling tidak mengonsumsi dua buah setiap harinya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang khasiat buah apel terhadap beberapa penyakit, berikut ini pembahasan tentang hal tersebut:

  1. Melawan Alzheimer

Salah satu manfaat apel yang dapat dirasakan adalah mampu melawan alzheimer yang dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang. Kandungan quercetin pada apel adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak dari demensia pada hari tua. Selain itu, jus apel juga melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang berhubungan dengan Alzheimer.

  1. Mencegah Kanker

Khasiat buah apel lainnya yang baik untuk tubuh kamu, yaitu mencegah kanker menyerang tubuh. Buah ini dapat mencegah pertumbuhan kanker, khususnya kanker payudara, paru-paru, lambung, dan usus besar. Selain itu, seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini juga dapat terlindungi dari kanker usus dan perut. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait buah apel atau jenis buah lainnya, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu bisa melakukan tanya jawab melalui Chat dan Video/Voice Call. Caranya mudah, cukup download aplikasinya di smartphone, ya!

Baca juga: Cocok untuk Menu Diet, Ini 5 Manfaat Apel

  1. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat apel lainnya yang baik untuk kamu adalah menstabilkan gula darah di dalam tubuh. Banyak penyakit yang disebabkan oleh gula darah yang terlalu tinggi, salah satunya adalah diabetes. Dengan mengonsumsi apel, kandungannya memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa masuk ke aliran darah.

  1. Menurunkan Risiko Stroke

Disebutkan apabila salah satu khasiat dari buah apel adalah menurunkan risiko seseorang mengalami stroke. Seseorang yang mengonsumsi 200 gram buah yang kaya serat, termasuk apel, dapat menurunkan risiko terhadap stroke sebesar 32 persen. Buah ini juga mampu menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap normal yang menyebabkan stroke jika mengalami gangguan.

  1. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Jantung

Khasiat buah apel lainnya adalah mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Seseorang yang secara rutin mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan dampak baik bagi jantungnya. Hal ini terjadi karena buah apel mengurangi sumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Kandungan dari apel juga mampu mencegah kolesterol menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah.

Baca juga: Ini 8 Buah Rendah Kalori yang Wajib Dikonsumsi Saat Puasa

  1. Membuat Paru-Paru Lebih Baik

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini membuat paru-parunya menjadi lebih baik. Khasiat dari buah apel ini mempunyai kandungan untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, vitamin C dari buah dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Maka dari itu, jika kamu ingin mengonsumsi buah yang menyehatkan, pilihlah apel. Hal tersebut karena buah ini terbukti memiliki banyak dampak baik bagi tubuh dan kelangsungan hidup.

Referensi:
Medical News Today.Diakses pada 2019.Apples: Health benefits, facts, research
The Healthy.Diakses pada 2019.Apple Health Benefits You Might Not Know About