11 August 2018

7 Manfaat Bermain Gim bagi Kesehatan Mental

Manfaat bermain gim

Halodoc, Jakarta – Meski banyak yang menganggap bermain gim kurang bermanfaat, nyatanya, aktivitas ini bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. Berikut ini tujuh manfaat bermain gim bagi kesehatan mental yang perlu diketahui:

Baca juga: Masuk Asian Games 2018, Ini yang Disebut E-Sport

1. Latihan Fisik

Bermain gim bisa menjadi salah satu bentuk latihan fisik, terutama jika permainannya melibatkan banyak gerakan tubuh (bukan hanya mengandalkan jari). Contoh permainan gim yang melibatkan gerakan tubuh adalah Dance Dance Revolution.

2. Mengurangi Stres dan Menangkal Depresi

Bermain gim bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebosanan. Itu mengapa bermain gim bisa membantu mengurangi stres dan menangkal depresi. Ini karena biasanya, orang yang gemar bermain gim memiliki otak yang lebih aktif sehingga bisa terhindar dari gangguan mental. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa bermain gim bermanfaat untuk memperbaiki suasana hari, sensitivitas refleks, dan keterampilan sosial.

3. Mempertajam Fokus

Manfaat bermain gim selanjutnya adalah mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sebab saat bermain gim, mata harus jeli dan waspada agar bisa menyelesaikan misi permainan. Hal inilah yang akhirnya bisa mempertajam fokus dan meningkatkan koordinasi tubuh, terutama mata dan tangan.

4. Merangsang Saraf

Layaknya permainan motorik lain, bermain gim memerlukan kemampuan audio-visual yang baik sehingga bisa merangsang kinerja sel-sel saraf. Dengan kinerja saraf yang lebih baik, seseorang yang suka bermain gim akan memiliki daya konsentrasi yang lebih tinggi dibanding yang jarang bermain gim.

5. Melatih Refleks Tubuh

Saat bermain gim, diperlukan refleks tubuh yang cepat untuk memenangkan permainan. Itu mengapa bermain gim bisa membuat tubuh terbiasa dalam merespons rangsangan secara cepat dan tepat. Kemampuan ini bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terutama saat kamu menghadapi hal-hal tak terduga.

6. Mengasah Kreativitas

Seiring berkembangnya teknologi, permainan gim semakin bervariatif. Hal inilah yang mendorong para pemain gim untuk terus kreatif dan inovatif, sehingga bisa memenangkan permainan.

7. Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Bermain gim juga bermanfaat bagi pengidap sakit gigi. Karena saat bermain gim, kamu akan lebih fokus untuk bermain dan memenangkan pertandingan dibanding merasakan rasa sakit yang timbul. Semakin kamu fokus bermain, semakin berkurang rasa sakit yang dirasakan. Hal itu bisa terjadi karena saraf mengalami pengalihan dari rasa sakit ke permainan yang sedang kamu mainkan. Bermain gim juga bisa merangsang produksi hormon antitoksin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia.

Baca juga: 5 Cara Membatasi Anak yang Gemar Bermain Game

Dengan mengetahui tujuh manfaat bermain gim di atas, semoga bisa menambah pemahaman jika tidak semua gim berdampak negatif bagi kesehatan. Yang perlu diingat, bermain gim tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Sebab, bermain gim juga bisa menyebabkan ketergantungan, yang ditandai dengan kesulitan mengontrol diri untuk tidak bermain gim. Para ahli merekomendasikan agar bermain gim tidak lebih dari satu jam untuk meminimalkan potensi ketergantungan.

Jika kamu kesulitan untuk mengendalikan keinginan bermain gim, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih sendiri dokter yang ingin kamu ajak bicara melalui fitur Contact Doctor. Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya kapan saja dan di mana saja melalui pilihan komunikasi Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: 4 Tips Aman Anak Bermain di Playground