• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Olahraga Squat Jump untuk Tubuh Wanita

7 Manfaat Olahraga Squat Jump untuk Tubuh Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
7 Manfaat Olahraga Squat Jump untuk Tubuh Wanita

Kamu perlu melakukan jenis latihan yang tepat yang ditargetkan pada area tubuh yang kamu inginkan. Squat jump adalah latihan yang efektif untuk mengecilkan paha dan bokong. Kedua area tersebut sering menjadi masalah bagi banyak wanita. Tidak hanya membantu pembentukan tubuh, squat jump juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya untuk tubuh wanita

Halodoc, Jakarta – Paha dan bokong adalah area tubuh yang sering dikeluhkan banyak wanita. Untuk mengecilkan kedua area tersebut, mengatur pola makan saja tidak cukup, melainkan kamu perlu rutin melakukan jenis olahraga yang tepat yang ditargetkan pada bagian bawah tubuh. 

Squat jump adalah latihan yang cocok bagi para wanita yang ingin mengecilkan paha dan bokong. Jenis olahraga ini efektif untuk memperkuat dan mengencangkan seluruh bagian bawah tubuh, termasuk bokong, paha, betis, dan bagian inti tubuh kamu. Yuk, ketahui lebih lanjut manfaat squat jump untuk tubuh wanita di sini. 

Baca juga: Tips Squat yang Efektif untuk Mengencangkan Paha

Manfaat Squat Jump

Squat jump adalah versi HIIT (High Intensity Interval Training) yang penuh tenaga dari squats. Latihan ini bekerja pada glutes, perut bagian bawah, dan otot kaki. Melakukan squat jump dan variasinya secara teratur bisa membantu para wanita yang ingin membentuk tubuh. Sebab, latihan ini efektif untuk menghilangkan lemak dari tubuh bagian bawah, mengencangkan bokong dan kaki, serta meningkatkan kekuatan dan keseimbangan.

Berikut manfaat squat jump untuk pembentukan tubuh wanita:

  1. Membakar Kalori dan Lemak

Melakukan squat jump sebanyak 30 kali bisa membakar sekitar 100 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan kamu. Banyak wanita cenderung menumpuk lemak di tubuh bagian bawah, yang terkait dengan banyak masalah kesehatan. Nah, menambahkan squat jump ke dalam rutinitas olahraga kamu bisa membantu membakar kalori dan meluruhkan lemak dari tubuh bagian bawah.

Baca juga: Gerakan Squat Bisa Hilangkan Selulit di Paha

  1. Mengencangkan Otot Bokong, Kaki, dan Perut

Squat jump juga merupakan versi plyometric dari squat biasa. Plyometric atau disebut juga latihan lompat atau pylos adalah latihan yang membuat otot mengerahkan kekuatan maksimum dalam waktu yang singkat dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga. Itulah mengapa latihan berintensitas tinggi ini efektif untuk mengencangkan otot kaki, bokong, dan juga perut.

  1. Menjaga Mobilitas dan Keseimbangan

Memiliki mobilitas dan keseimbangan yang baik penting untuk pergerakan tubuh, menjalani kegiatan sehari-hari, dan untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Nah, melompat tidak hanya bisa meningkatkan mobilitas, tapi juga meningkatkan keseimbangan kamu.

Seiring bertambahnya usia, kekuatan kaki bisa menurun. Melakukan squat jump bisa mencegah kelompok otot tersebut melemah. Latihan ini juga membantu menjaga keseimbangan motorik dan membantu meningkatkan komunikasi otak ke otot.

  1. Meningkatkan Performa Olahraga

Studi ilmiah sudah menyimpulkan bahwa squat membantu para atlet untuk menunjukkan performa yang lebih baik, khususnya dalam latihan ketahanan. Itulah mengapa squat jump selalu ada dalam sebagian besar sesi pelatihan atletik.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Berolahraga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan olahraga, antara lain membantu meningkatkan regulasi glukosa, metabolisme lipid, dan sensitivitas insulin. Nah, dengan melakukan latihan kardio intensitas tinggi, seperti squat jump, kamu bisa mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, obesitas dan diabetes.

  1. Membantu Pembuangan Limbah

Squat jump adalah latihan kardio yang meningkatkan sirkulasi cairan tubuh dan meningkatkan keringat. Kedua hal tersebut membantu mengantarkan nutrisi ke jaringan, organ, dan kelenjar, serta membuang limbah dari tubuh.

  1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tidak hanya membantu wanita membentuk tubuh yang indah, squat jump juga bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang, lho.

Baca juga: Wanita Wajib Coba Olahraga Tinju, Inilah Alasannya

Itulah manfaat olahraga squat jump untuk tubuh wanita. Bila kamu ingin bertanya seputar jenis olahraga yang tepat untuk membentuk area tubuh tertentu, tanyakan saja pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya dari Halodoc siap memberikan saran kesehatan untuk kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2021. How To Do Jump Squats Properly? Benefits And Types