11 April 2018

7 Manfaat Sehat Bangun Pagi

7 Manfaat Sehat Bangun Pagi

Halodoc, Jakarta – Karena berbagai alasan, banyak orang yang membenci bangun pagi. Padahal, kebiasaan yang satu ini bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh, lho. Rutin bangun pagi bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah sakit. Kok bisa?

Nyatanya, bangun lebih cepat di pagi hari memberi kamu lebih banyak waktu untuk menyiapkan hari sebelum menjalani aktivitas harian. Kamu juga akan memiliki waktu untuk berolahraga, sarapan, dan tidak terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa kamu dapat jika rutin bangun pagi!

 

  • Waktu Berolahraga

 

Bangun lebih pagi artinya kamu akan memiliki waktu “luang” yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Sejumlah studi membuktikan bahwa rutin berolahraga kecil di pagi hari bisa memberi manfaat dan meningkatkan energi, kekuatan, dan menjaga sistem imun.

Alih-alih kembali tidur setelah alarm berbunyi, cobalah untuk bangun dan melakukan peregangan kecil. Sebab, bukan lagi rahasia bahwa berolahraga adalah satu cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh. Dalam jangka panjang, rutin berolahraga bisa membantu menghindari serangan penyakit.

 

  • Sarapan Sehat

 

Salah satu waktu makan yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh adalah sarapan. Nah, bangun lebih awal bisa membuat kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan menu makanan terbaik untuk sarapan.

(Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh)

Sarapan diibaratkan seperti bahan bakar yang membuat kamu bisa memulai aktivitas sehari-hari. Bagi orang dewasa yang secara teratur menyantap sarapan sehat setiap pagi lebih mungkin untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol.

 

  • Lebih Bahagia

 

Bangun pagi bisa membuat seseorang menjalani hari dengan lebih bahagia. Pasalnya, bangun pagi memberi banyak waktu untuk berjemur dan mendapat sinar matahari pagi. Seperti diketahui, sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pancaran sinar matahari pagi disebut dapat membuat seseorang lebih bersemangat, memiliki mood yang baik, serta kesehatan yang lebih terjaga. Jadi, masih mau melewatkan manfaat yang satu ini?

(Baca juga: 3 Dampak Kurang Vitamin D)

 

  • Membuat Produktif

 

Bangun pagi membuat kamu bisa melakukan aktivitas lebih awal. Artinya, lebih banyak hal yang bisa kamu selesaikan, alias lebih produktif. Selain itu, kamu juga bisa sampai di kantor lebih cepat, sehingga lebih mudah untuk membangun mood bekerja. Alhasil, pekerjaan akan lebih mudah untuk diselesaikan dan memberi rasa puas.

 

  • Lebih Segar

 

Bangun pagi, berolahraga, dan menyantap sarapan sehat akan membuat kamu tampil lebih segar. Hal ini penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan membuat kamu lebih siap untuk menghadapi hari.

Kesegaran dan kebahagiaan juga akan terpancar sepanjang hari. Selain karena kebutuhan tubuh yang sudah terpenuhi, bangun pagi juga dapat membuat kamu tampak segar karena kamu memiliki waktu untuk membuat penampilan kamu lebih menarik. Misalnya menyetrika baju atau sekadar mencoba teknik makeup yang berbeda, sehingga membuat penampilan lebih segar.

 

  • Bebas Cemas

 

Bangun pagi bisa membantu mengurangi rasa cemas dan membuat kamu lebih waspada. Pasalnya, bangun secara tiba-tiba atau terlalu siang akan membuat kamu lebih terburu-buru. Hal ini bisa membahayakan fungsi mental, seperti menurunkan mood, kreativitas, dan mengganggu memori.

 

  • Lebih Teratur

 

Memiliki jam bangun yang teratur akan membuat jam tidurmu menjadi lebih teratur pula. Hal ini akan membantu mengurangi risiko insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Pesanan akan diantar ke rumah dalam satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!