22 June 2018

7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

manfaat wortel, manfaat wortel bagi kesehatan, manfaat wortel untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta – Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup digemari. Selain karena pengolahannya yang terbilang mudah, sayuran berwarna oranye ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Hampir sebagian besar orang beranggapan bahwa wortel hanya baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Namun, kamu juga perlu tahu manfaat wortel lainnya untuk tubuh, seperti berikut ini:

Meningkatkan Daya Ingat

Tidak banyak yang mengetahui kalau wortel ternyata bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak yang membuat kamu memiliki daya ingat yang lebih tajam. Ada banyak hal yang menyebabkan rusaknya sel saraf dan otak, salah satunya adalah stres oksidatif yang dipicu oleh polusi udara. Kandungan beta karoten pada wortel juga baik untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit demensia yang disebabkan karena bertambahnya usia.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tidak hanya kaya akan vitamin A, K, dan serat, wortel juga tinggi akan kandungan kalium yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Umumnya, orang yang sedang menjalankan diet rendah kolesterol akan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium, dan wortel menjadi salah satu menu yang paling banyak dipilih. Memiliki kadar kolesterol rendah akan melindungi tubuh kamu dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Jus wortel menjadi pilihan menu yang baik untuk kamu yang sedang melakukan diet, karena rendah kalori. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel akan membantu meningkatkan sekresi pada empedu, sehingga metabolisme dalam tubuh pun meningkat. Peningkatan metabolisme ini akan berdampak pada penurunan berat badan. Namun, jangan lupa imbangi juga dengan berolahraga, ya!

Baca juga: Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

Mendukung Kehamilan Lebih Sehat

Manfaat wortel selanjutnya adalah untuk menunjang kehamilan yang lebih sehat. Salah satu studi yang dilakukan oleh American College of Obstetrician and Gynecologysts, ibu hamil yang rutin mengonsumsi wortel akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Saat hamil dan menyusui, ibu membutuhkan kalsium sebanyak 1.000 miligram per hari, dan wortel memiliki kandungan magnesium, kalsium, potasium, dan folat yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk bukan menjadi satu-satunya buah yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Wortel pun demikian. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadi peradangan serta kerusakan sel. Rutin mengonsumsi segelas jus wortel akan menjaga tubuh kamu dari serangan penyakit flu.

Baca juga: 5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

Melindungi Tubuh dari Risiko Penyakit Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya dengan angka kematian yang cukup tinggi selain diabetes, jantung, dan stroke. Sel kanker mulai berkembang ketika terdapat sel tidak normal dalam tubuh yang berkembang secara luas dan tidak terkontrol. Nah, pengobatan alami yang bisa dicoba untuk melawan penyakit ini adalah dengan mengonsumsi wortel. Kandungan karetenoid yang tinggi pada wortel berperan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Mendukung Terciptanya Kulit Lebih Sehat

Kamu punya riwayat penyakit kulit seperti psoriasis atau ruam? Coba atasi dengan mengonsumsi wortel. Sayuran ini ternyata juga bisa membuat kulit kamu tampak lebih sehat. Tidak hanya itu, wortel juga memiliki kemampuan untuk merawat kulit akibat paparan sinar matahari sekaligus mempercepat proses penyembuhannya.

 

Itu tadi beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh yang akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi sayuran ini. Kalau kamu ingin menanyakan berbagai hal seputar kesehatan tubuh, download aplikasi Halodoc dan pilih layanan Tanya Dokter. Para dokter ahli akan membantu kamu mendapatkan solusi terbaik untuk berbagai masalah kesehatan yang kamu alami. Tak hanya itu, Halodoc juga memiliki layanan Apotek Antar untuk membeli segala obat tanpa perlu keluar rumah, lho.