Selain Kaya Serat, Ini 4 Kandungan dalam Wortel

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Selain Kaya Serat, Ini 4 Kandungan dalam Wortel

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar kata-kata orangtua bahwa kelinci memiliki mata yang bagus dan jernih karena diberi makan wortel? Wortel memang kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sayuran yang identik dengan sop ini juga kaya serat, jenisnya adalah pektin. Pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan melambatkan pencernaan gula dan pati. 

Tidak hanya itu, serat larut ini menjadi makanan yang ramah untuk bakteri di usus, sehingga kesehatan usus tetap terjaga dan tubuh terhindar dari penyakit. Serat larut jenis tertentu selain pektin mengganggu penyerapan kolesterol dari saluran cerna dan membantu menurunkan kolesterol darah. 

Sementara itu, serat tidak larut yang dimiliki wortel adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat yang tidak larut ini dapat mengurangi risiko sembelit dan melancarkan buang air besar. Selain serat, apa saja kandungan wortel lainnya yang baik untuk tubuh? 

Baca juga: 7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

  • Karbohidrat

Wortel terutama terdiri dari air dan karbohidrat. Sayuran satu ini memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan bisa meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi. Rentang indeks glikemik wortel terdiri dari 16-60, paling rendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel yang dimasak. Konsumsi makanan rendah glikemik memiliki banyak manfaat kesehatan dan sangat baik untuk pengidap diabetes

  • Vitamin dan Mineral

Kandungan wortel berikutnya adalah vitamin dan mineral, terutama biotin, kalium, dan vitamin A dari beta karoten, vitamin K1, dan B6. Vitamin A membantu meningkatkan penglihatan yang baik, biotin penting dalam metabolisme lemak dan protein, K1 penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang, dan B6 terlibat dalam konversi makanan menjadi energi. 

Baca juga: Kenali 4 Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh

  • Antioksidan

Kamu mungkin pernah bertanya, apakah kandungan nutrisi wortel bergantung pada warnanya? Memang, di beberapa negara, wortel tidak hanya memiliki satu warna, tetapi beberapa warna, seperti misalnya ungu. Nah, warna ini memiliki kaitan dengan kandungan antioksidan dalam wortel. Antioksidan betakaroten memberikan wortel warna oranye cerah. Sementara warna ungu mengandung antosianin, dan likopen untuk wortel merah. 

  • Senyawa Tanaman

Wortel mengandung banyak senyawa tanaman, termasuk karotenoid yang merupakan antioksidan terkuat yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, berbagai penyakit degeneratif, dan jenis kanker tertentu. Selain beta karoten, wortel mengandung alpha-karoten, lutein, lycopene, antosianin, dan polyacetylenes. 

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

Itu tadi beberapa kandungan wortel yang perlu kamu ketahui selain serat. Jadi, jelaslah manfaat wortel begitu banyak untuk menunjang kesehatan tubuh, karena didukung oleh senyawa-senyawa di dalamnya.

Beberapa kandungan nutrisi dalam wortel ini juga menjadi bahan untuk membuat suplemen, seperti misalnya vitamin A. Jika memang kamu tidak suka wortel, kamu bisa mengonsumsi suplemen tersebut. Mendapatkannya tidak susah, kamu bisa membelinya melalui aplikasi Halodoc. Tentu saja, download dahulu aplikasi Halodoc di ponsel kamu sebelum bisa menggunakannya, ya!