16 October 2018

7 Penyebab yang Membuat Gigi Tampak Menguning

7 Penyebab yang Membuat Gigi Tampak Menguning

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya, cara merawat kesehatan dan kebersihan gigi tak hanya cukup dengan rajin menyikatnya saja. Kata ahli, terdapat makanan, minuman, dan kebiasaan yang dapat memengaruhi kesehatan gigi. Misalnya, membuat warnanya tampak menguning. Lalu, apa saja sih penyebab gigi cepat menguning? Dan bisa memudarkan warna gigi tersebut?

1. Sering Mengonsumsi Kopi

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi kopi atau minuman lainnya (teh atau minuman berenergi) yang mengandung tinggi kafein, rasanya perlu harap-harap cemas. Hal itu karena kafein merupakan salah satu penyebab gigi menguning. Lho kok bisa? Kata ahli, minuman tinggi kafein bisa mengikis enamel gigi, apalagi bila dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya, 2—3 kali sehari atau secara terus-menerus.

Selain itu, minuman berkarbonasi juga bisa jadi penyebab gigi menguning. Minuman jenis ini mengandung asam yang efeknya seperti dengan kopi dan teh. Nah, ketika enamel sudah terkikis, noda minuman itu bisa menempel pada dentin (yang alaminya berwarna kuning). Alhasil, gigi pun akan tampak bertambah kuning bila tidak dibersihkan secara teratur.

Menurut para ahli, minuman yang mengandung gula juga bisa menimbulkan masalah di atas. Pasalnya, si manis ini dapat menarik perhatian bakteri dalam mulut, sehingga produksi asam semakin tinggi. Hal yang bikin resah lagi adalah hal ini juga bisa membuat gigi berlubang dan masalah lainnya.

2. Penambah Rasa

Penambah rasa makanan seperti cuka dan saus memang bisa membuat rasa makanan jadi lebih sedap. Namun, bila terlalu berlebihan menggunakannya dalam memasak bisa membuat gigi jadi lebih menguning. Kata ahli, penambah rasa makanan ini bisa membuat perubahan warna pada gigi meski dirimu tidak merokok atau mengonsumsi kopi dan soda.

3. Kesehatan Gigi yang Buruk

Memiliki kesehatan gigi yang buruk juga bisa menjadi penyebab gigi menguning. Misalnya, tidak menyikat gigi atau melakukan flossing secara rutin. Kata ahli, kebiasaan ini bisa membuat gigi makin akrab dengan noda. Pasalnya, kedua hal di atas amat dibutuhkan gigi untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan atau minuman yang jadi penyebab gigi menguning.

4. Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur memang bisa membuat makanan semakin lezat. Namun, beberapa rempah-rempah, seperti kunyit, cabai, hingga kari bisa menghitamkan gigimu. Pasalnya, bahan-bahan tersebut mudah melekat di enamel gigi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyikat gigi setelah mengonsumsinya.

5. Merokok

Jangan heran bila gigi tampak menguning ketika memiliki kebiasaan merokok. Sebabnya, kandungan nikotin dan tar dalam tembakau bisa menempel pada enamel gigi, sehingga membuat gigi jadi menguning. Namun yang bikin resah, efek ini bisa berlangsung dalam waktu yang singkat. Kata ahli, para perokok berat bisa memiliki warna gigi yang kecokelatan, bahkan hitam setelah bertahun-tahun merokok.

6. Obat Kumur

Meski bisa membantu menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab bau mulut, terlalu sering menggunakan obat kumur bisa membuat mulut menjadi kering dan merusak enamel gigi. Lho kok bisa? Nah, ketika mulut kering air liur tak akan bekerja secara maksimal untuk membantu kelembapan mulut, melumpuhkan bakteri jahat, mengurangi tingkat keasaman, hingga mencegah noda menempel pada enamel gigi.

7. Terlalu Keras Menyikat Gigi

Anggapannya sih semakin keras menyikat gigi, semakin bersih sehingga gigi terlihat putih cemerlang. Padahal, kebiasaan yang satu ini justru keliru. Kata ahli, menggosok gigi terlampau keras bisa memberikan tekanan dan merusak lapisan enamel yang tipis. Selain itu, hal ini juga bisa mengekspos lapisan dentin sehingga gigi menjadi kuning.

Punya masalah kesehatan gigi atau ingin tahu lebih jauh mengenai penyebab gigi menguning? Kamu bisa lho bertanya langsung kepada dokter melalui Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: