7 Perubahan pada Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

Kehamilan, trimester kedua, perubahan ibu hamil
KEHAMILAN 10 August 2018

Halodoc, Jakarta – Ada banyak perubahan yang akan dialami ibu hamil, antara lain perubahan fisik dan mental. Pada waktu ini, kehamilan ibu sudah memasuki usia 18-24 minggu. Kondisi janin sudah semakin berkembang, dengan plasenta yang sudah siap mentransfer oksigen dan nutrisi ke tubuh janin.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Ibu Masuk Trimester Kedua

1. Perut Membesar

Perubahan yang pasti terjadi adalah ukuran perut yang semakin membesar. Ini karena perut harus lebih banyak menyediakan ruang untuk janin tumbuh dan berkembang di dalamnya. Seiring perut yang membesar, semakin bertambah pula berat badan ibu. Umumnya, penambahan berat badan di trimester kedua sebesar 1,5-2 kilogram per bulan sampai melahirkan.

Baca juga: Bahaya Obesitas Incar Ibu Saat Hamil

2. Perubahan Payudara

Ini termasuk ukuran payudara yang membesar dan perubahan warna pada puting payudara. Payudara yang membesar terjadi karena penumpukan lemak pada payudara semakin banyak dan kelenjar susu yang membesar untuk memproduksi ASI. Kulit payudara juga akan menggelap disertai dengan benjolan kecil di sekitar puting payudara.  Benjolan ini adalah kelenjar yang menghasilkan minyak untuk menjaga puting payudara agar tidak kering.

3. Perubahan Kulit

Beberapa ibu hamil akan mengalami perubahan kulit di trimester kedua. Di antaranya berupa munculnya bercak hitam di wajah, garis gelap dari pusar hingga kemaluan, serta munculnya stretch mark di area perut, payudara, pantat, dan paha. Stretch mark ini muncul akibat kulit yang meregang saat hamil.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

4. Pertumbuhan dan Penebalan Rambut

Perubahan hormon saat hamil juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk di area yang jarang ditumbuhi rambut. Antara lain wajah, lengan, dan punggung. Bahkan, beberapa ibu hamil juga akan mengalami penebalan pada rambut kepala.

5. Pergerakan Janin dalam Kandungan

Ini adalah hal yang banyak ditunggu ibu hamil. Di trimester kedua ini, akhirnya ibu hamil bisa merasakan pergerakan janin dalam kandungan. Meski pergerakan janin dalam kandungan terjadi pada waktu yang berbeda-beda, umumnya, pergerakan janin sudah bisa terasa di usia 20 minggu kehamilan.

6. Sakit Punggung

Sakit punggung bisa terjadi akibat penambahan berat badan selama kehamilan, menyebabkan tekanan berlebih pada punggung. Umumnya, sakit punggung bisa diatasi dengan:

  • Memperbaiki posisi tidur, yakni dengan tidur menghadap sisi kiri.
  • Jangan terlalu sering membawa barang berat, termasuk hindari menggunakan sepatu hak tinggi (high heels) selama kehamilan.
  • Memperbaiki posisi duduk, yakni dengan duduk tegak dengan memberi topangan pada punggung. Misalnya, menggunakan bantal yang diletakan di belakang punggung atau duduk di kursi yang memiliki sandaran empuk di bagian punggung.

7. Kaki Kram

Kaki kram biasanya terjadi saat tidur. Ini terjadi karena besarnya tekanan pada kaki akibat berat badan yang bertambah, sehingga menyebabkan kelelahan otot kaki. Selain itu, kram kaki juga bisa terjadi akibat aliran darah dari kaki yang tidak lancar. Ibu bisa mengatasi kram kaki dengan meregangkan otot betis sebelum tidur, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan mandi air hangat untuk melemaskan otot-otot tubuh.

Baca juga: Posisi Tidur yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

Itulah tujuh perubahan pada ibu hamil saat trimester kedua. Kalau ibu punya pertanyaan lain atau keluhan seputar kehamilan, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

SEKS

21 August 2018

Suami istri tidak bisa sebebas dulu berhubungan intim ketika ibu dalam keadaan hamil karena banyak yang dipert...

Selengkapnya

KECANTIKAN

21 August 2018

Membersihkan wajah penting dilakukan agar bebas dari kotoran, minyak, dan kuman yang menganggu....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

21 August 2018

Ada yang bilang kalau daging kambing bikin darah tinggi. Tapi, apa benar demikian?...

Selengkapnya