20 June 2018

7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

tanda penyakit ginjal, gejala penyakit ginjal, gejawal awal penyakit ginjal

Halodoc, Jakarta – Racun dan segala zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine. Oleh karena itulah, kesehatan organ tubuh ini sangat perlu diperhatikan. Terjadinya masalah pada ginjal akan berdampak pada munculnya gangguan penyaringan hingga pembuangan. Namun, tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan kesehatan ginjal dengan mengabaikan tanda penyakit ginjal. Lalu, apa saja sih tanda awal penyakit ginjal yang perlu kamu cermati?

Tubuh akan Menjadi Mudah Lelah

Saat salah satu organ tubuh tidak mampu menjalankan perannya dengan baik, tubuh akan mengantisipasinya dengan mengeluarkan hormon eritropoietin. Fungsi lain dari hormon ini adalah untuk mengurangi produksi sel darah merah pada tubuh.

Munculnya hormon eritropoietin ini ditandai dengan menurunnya daya tahan tubuh, sehingga kamu akan merasa mudah lelah. Nah, kalau kamu mengalaminya padahal tubuh sedang sehat, kamu perlu waspada, karena bisa jadi bagian ginjal kamu sedang bermasalah.

Munculnya Rasa Mual dan Ingin Muntah

Ada beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam kategori silent killer, salah satunya adalah penyakit ginjal. Ini disebabkan karena gejala penyakit yang tidak terdeteksi, umumnya hanya mual dan muntah seperti halnya saat kamu masuk angin. Ironisnya, gejala ini dianggap sudah biasa bagi sebagian orang, sehingga cenderung diabaikan. Padahal, mual dan ingin muntah juga bisa menjadi salah satu gejala yang mengindikasikan bahwa terjadi gangguan kesehatan pada bagian ginjal.

Baca juga: Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Timbulnya Rasa Sakit pada Bagian Pinggang

Tanda penyakit ginjal berikutnya adalah timbulnya rasa sakit yang menyerang bagian pinggang, baik kanan atau kiri. Rasa sakit ini bisa menjadi indikator bahwa kamu sedang terserang penyakit batu ginjal atau terjepitnya batu ginjal pada bagian ureter. Gejala pasti dari batu ginjal sendiri memang sulit dideteksi. Oleh karena itulah kamu tidak boleh mengabaikan rasa sakit pinggang yang berkepanjangan.

Warna urine Mengalami Perubahan

Urine menjadi indikator yang bisa kamu lihat pertama kali apabila kamu mengalami gangguan kesehatan pada bagian ginjal. Jika warna urine kamu berubah kemerahan, artinya ginjal kamu sedang mengalami gangguan. Biasanya, ini akan diikuti dengan penurunan kadar urine dan rasa perih ketika kamu melakukan buang air kecil. Jika kamu mengalaminya, segeralah berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Terjadi Pembengkakan pada Beberapa Bagian Tubuh

Ketika ginjal mengalami gangguan, proses pembuangan zat metabolisme pun tidak akan berjalan dengan lancar. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat tubuh kamu membengkak. Beberapa bagian tubuh yang sering kali mengalami pembengkakan akibat tidak berfungsinya ginjal dengan baik adalah wajah, kaki, dan tangan.

Baca juga: Rajin Tensi Bisa Pantau Kondisi Ginjal

Nafas Menjadi Sesak

Selain tubuh akan mengalami pembengkakan, gangguan kesehatan pada ginjal akan berdampak pada kinerja paru-paru kamu. Cairan yang tidak berhasil dikeluarkan akan masuk ke dalam paru-paru kamu melalui pembuluh darah. Akibatnya, asupan oksigen dalam tubuh pun akan berkurang. Pada akhirnya, kamu akan menjadi sulit bernafas.

Muncul Rasa Gatal pada Tubuh

Tanda penyakit ginjal terakhir adalah munculnya rasa gatal pada tubuh. Kondisi ini juga terjadi karena penumpukan kotoran pada tubuh yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Kondisi ini akan berdampak pada kesehatan kulit, seperti misalnya munculnya rasa gatal yang ingin digaruk. Jika kamu terus menggaruknya, kulit kamu akan mengalami luka dan infeksi.

 

Itu tadi beberapa tanda penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Jangan sepelekan gejala apa pun yang terjadi pada tubuh kamu. Segera tanyakan pada dokter jika kamu mengalami perubahan pada tubuh yang tidak biasa. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc dan memilih dokter ahli untuk kamu tanyai. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!