• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Awal Penyakit Ginjal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Oktober 2021
7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

“Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk keberlangsungan hidup. Terjadinya penurunan fungsi atau kerusakan pada organ satu ini bisa memicu banyak masalah kesehatan, bahkan tak jarang berujung pada komplikasi yang serius. Jadi, sangat penting untuk mengetahui tanda awal penyakit ginjal agar bisa segera mendapatkan penanganan.”

Halodoc, Jakarta - Semua zat sisa yang tak lagi diperlukan tubuh akan dibuang dalam bentuk urine melalui ginjal. Inilah mengapa, menjaga kesehatan ginjal jadi hal yang wajib dilakukan. Adanya masalah pada organ ini akan memicu banyak problem, terlebih pada proses penyaringan hingga pembuangan pada tubuh. Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih abai dengan tanda awal penyakit ginjal sehingga tak jarang penanganan pun terlambat dilakukan. 

Tanda Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diperhatikan

Ginjal memiliki fungsi menyaring darah yang mengalir dari seluruh bagian tubuh. Melalui proses tersebut, ginjal membantu mengatur keseimbangan kadar elektrolit, membuang racun, hingga mengendalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Darah yang telah disaring lalu dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk urine. 

Baca juga: Rajin Tensi Bisa Pantau Kondisi Ginjal

Lalu, apa saja tanda awal penyakit ginjal yang sebaiknya kamu waspadai? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Berubahnya Warna Urine

Berubahnya warna urine jadi tanda awal adanya masalah pada ginjal. Biasanya, ciri penyakit ginjal ini ditunjukkan dengan warna urine yang lebih keruh. Ini karena penurunan fungsi ginjal yang berakibat pada perubahan warna pada urine. Tak hanya itu, seseorang juga cenderung akan mengalami perubahan kebiasaan buang air kecil, bisa jadi lebih sering atau lebih jarang. 

Tanda lainnya yang bisa dikenali saat berkemih adalah berubahnya tekanan aliran kencing, terdapat busa pada air seni karena adanya protein di dalam urine. Lalu, munculnya bercak darah atau hematuria, dan terasa nyeri ketika buang air kecil. 

  • Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Ketika tubuh sehat, ginjal akan membuat erythropoietin atau EPO yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah ini kemudian akan mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Apabila kadar EPO dalam ginjal mengalami penurunan, kadar oksigen dalam darah pun akan mengalami penurunan, sehingga tubuh akan mudah lemas. 

Baca juga: 7 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

  • Rasa Sakit pada Bagian Pinggang

Tanda penyakit ginjal berikutnya adalah timbulnya rasa sakit yang menyerang bagian pinggang, baik kanan atau kiri. Rasa sakit ini bisa menjadi indikator bahwa kamu sedang terserang penyakit batu ginjal atau terjepitnya batu ginjal pada bagian ureter. Gejala pasti dari batu ginjal sendiri memang sulit dideteksi. Oleh karena itulah, kamu tidak boleh mengabaikan rasa sakit pinggang yang berkepanjangan.

  • Mual dan Ingin Muntah

Ada beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam kategori silent killer, salah satunya adalah penyakit ginjal. Ini disebabkan karena gejala penyakit yang tidak terdeteksi, umumnya hanya mual dan muntah seperti halnya saat kamu masuk angin. Ironisnya, gejala ini dianggap sudah biasa bagi sebagian orang, sehingga cenderung diabaikan.

  • Nafas Menjadi Sesak

Gangguan kesehatan pada ginjal juga berdampak pada kinerja paru-paru. Cairan yang tidak berhasil dikeluarkan akan masuk ke dalam paru-paru melalui pembuluh darah. Akibatnya, asupan oksigen dalam tubuh pun akan berkurang. Akhirnya, kamu akan mengalami sesak napas.

Baca juga: Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

  • Kulit Terasa Kering dan Gatal

Kulit kering dan terasa gatal? Mungkin, kamu bukan sedang mengalami masalah kulit, tetapi penyakit ginjal. Kondisi ini terjadi karena penumpukan kotoran pada tubuh yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal.

  • Tubuh Mengalami Pembengkakan

Ketika ginjal mengalami gangguan, proses pembuangan zat metabolisme tentu tidak akan berjalan dengan lancar. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat tubuh membengkak. Beberapa bagian tubuh yang sering kali mengalami pembengkakan adalah wajah, kaki, dan tangan.

Jadi, jangan sepelekan tanda penyakit ginjal tersebut, ya! Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Pakai saja aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu membuat janji berobat ke rumah sakit terdekat, download aplikasinya sekarang juga ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 
Kidney Health Australia. Diakses pada 2021. Kidney Disease: look out for these symptoms.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2021. 10 Signs You May Have Kidney Disease.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Chronic kidney disease.