18 May 2018

7 Tanda Darah Tinggi yang Harus Diketahui semua orang

7 Tanda Darah Tinggi yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta – Penyakit tekanan darah tinggi atau yang kerap disebut dengan hipertensi sering kali tidak menunjukkan gejala serius. Bahkan, kamu tidak akan menyadari bahwa tubuh sudah terserang penyakit satu ini sampai kamu terserang penyakit lainnya. Pasalnya, hipertensi kerap menjadi penyebab utama tubuh mengalami berbagai masalah kesehatan serius, seperti stroke, obesitas, diabetes, dan jantung.

Tanda darah tinggi hanya bisa terlihat setelah kamu melakukan cek tekanan darah. Jika angka pada alat pengukur menunjukkan 140/90 mmHG atau lebih dari itu, bisa dipastikan kamu memiliki tekanan darah tinggi. Meski begitu, kamu tetap bisa mengenali gejalanya pada tubuh. Berikut ini beberapa tanda darah tinggi yang paling umum terjadi:

Pusing

Saat tubuh terserang suatu penyakit, sakit kepala menjadi gelaja umum yang paling sering muncul. Ketika flu, kamu pasti merasa sakit kepala akibat hidung tersumbat. Pun saat kamu terkena hipertensi atau hipotensi, kamu akan mengalami sakit kepala. Nah, kalau sakit kepala ini kamu rasakan setiap hari, kamu perlu waspada, karena bisa jadi tekanan darah kamu sudah melebihi batas.

Mual dan Muntah

Tanda darah tinggi selanjutnya yang bisa kamu kenali adalah sering mual dan muntah. Sama seperti sakit kepala, mual dan muntah seringnya disepelekan, karena dianggap sebagai masalah pencernaan yang lumrah terjadi. Padahal ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami kenaikan tekanan darah.

(Baca juga: Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Buah Ini)

Mati Rasa

Apakah kamu sering mengalami kesemutan pada salah satu anggota tubuh, seperti tangan atau kaki? Kalau iya, kamu tidak boleh meremehkan hal satu ini, karena kesemutan disinyalir sebagai gejala tekanan darah tinggi pada tahap yang sudah akut. Ini disebabkan karena saraf pada bagian tubuh tertentu mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan kamu mati rasa. Jika dibiarkan, kesemutan bisa berakibat terjadinya stroke pada tubuh.

Sesak Napas

Sesak napas pada pengidap darah tinggi merupakan kondisi yang amat jarang terjadi. Jika demikian, hipertensi yang menyerang para pengidap sudah berada pada stadium kronis. Terjadinya sesak napas disinyalir disebabkan karena kerja jantung yang tidak optimal karena hipertensi bisa merusak pembuluh arteri pada tubuh.

Munculnya Titik Darah pada Bola Mata

Cobalah luangkan waktu sejenak untuk berkaca dan perhatikan kedua bola mata kamu. Apakah terdapat titik darah pada salah satunya? Jika iya, tandanya kamu sudah terkena hipertensi. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya pembekuan darah pada bagian bola mata akibat tekanan darah yang terlalu tinggi.

Ironisnya, kebanyakan pengidap tak pernah mengetahui penyebab munculnya titik darah pada bola mata ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ketahui dulu penyebabnya sebelum menghilangkan titik darah tersebut.

(Baca juga: Adakah Hubungan Diabetes dengan Hipertensi? Begini Penjelasannya)

Pandangan Menjadi Buram

Seiring dengan rasa mual dan ingin muntah yang menyerang, saat mengalami hipertensi, pandangan mata kamu juga akan semakin membuaram. Ini disebabkan karena peredaran darah menuju area saraf penglihatan atau mata tidak bisa bekerja dengan baik. Seorang kardiolog dari UCHealth University of Colorado Hospital, Amber Khanna, M.D. menuturkan, kondisi ini juga mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah di area mata.

Perut Kembung dan Sulit Buang Air Kecil

Biasanya, penyakit tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan kronis lainnya, seperti misalnya gangguan ginjal. Kondisi ini sering dialami oleh wanita. Mereka akan kesulitan untuk buang air kecil diikuti oleh rasa sebah atau kembung pada perut.

 

Itu tadi tujuh tanda darah tinggi yang tidak boleh kamu abaikan. Jika kamu mengalami salah satunya, segera tanyakan pada dokter agar mendapatkan penanganan tepat sesegera mungkin. Tak perlu berkunjung, kamu bisa melakukan tanya jawab melalui fitur live chat di aplikasi Halodoc. Membeli obat pun mudah, karena layanan apotek antar di aplikasi ini membuat kamu mendapatkan segala obat tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!