• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Ciptakan Kehangatan Lebaran di Rumah

7 Tips Ciptakan Kehangatan Lebaran di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Lebaran sangat erat kaitannya dengan mudik dan berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Namun, di tengah pandemi seperti sekarang ini, pemerintah mengeluarkan larangan untuk mudik guna menekan penyebaran virus corona. Meski di rumah aja, jangan khawatir lebaran menjadi membosankan, ya!

Baca juga: Ketahui Quarantine Fatigue, Rasa Lelah Akibat di Rumah Saja

Kamu tetap bisa melakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan bersama keluarga inti, meski tidak seramai saat berkumpul dengan keluarga besar. Berikut tips lebaran di rumah yang bisa kamu lakukan, agar suasana lebaran dengan keluarga inti semakin hangat!

  • Memasak Bersama

Datangnya lebaran tidak akan lengkap jika tidak disuguhkan dengan berbagai macam hidangan khas Hari Raya. Agar suasana lebih mengasyikkan, kamu bisa melakukan kegiatan yang satu ini dengan anggota keluarga lain sambil mengobrol dan bersenda gurau. Bukan hanya makanan khas hari raya saja yang bisa dimasak bersama, ada juga kue-kue kering khas lebaran.

  • Menonton Film

Mungkin hampir semua orang rindu dengan bioskop karena sudah hampir 2 bulan mengkarantina diri di rumah. Meski demikian, kamu tetap bisa menonton film kesukaan dengan cara streaming. Buat saja suasana rumah seperti di dalam gedung bioskop, dengan memutar film menggunakan proyektor, serta siapkan camilan khas bioskop, seperti popcorn.

Buat suasana senyaman mungkin dengan mematikan seluruh lampu dan menutup jendela agar suasana lebih nyaman. Enaknya nonton di rumah dibanding dengan pergi ke bioskop adalah kamu bisa melakukan movie marathon sambil ngobrol bersama dengan keluarga tanpa harus mengeluarkan kocek tambahan untuk membayar tiket film.

Baca juga: Ini 6 Manfaat PSBB bagi Keluarga

  • Board Game

Selain menonton film bersama, tips lebaran di rumah agar suasana lebih hangat adalah dengan melakukan permainan dengan smartphone yang dilakukan secara berkelompok. Beberapa permainan tersebut seperti ludo atau monopoli yang dilakukan secara bergantian. Board game cocok dilakukan di segala usia, sehingga permainan ini cocok untuk dilakukan seluruh anggota keluarga di rumah.

  • Piknik di Halaman Rumah

Lebaran sangat erat kaitannya dengan makanan-makanan khas hari raya. Nah, jika bosan mengonsumsi makanan di dalam rumah, kamu bisa melakukan piknik di halaman rumah agar makan terasa tidak membosankan. Tidak ada salahnya sesekali merubah suasana dan pemandangan saat makan. Jangan lupa menyiapkan aneka ragam makanan untuk dinikmati bersama.

  • Berkebun

Berkebun menjadi salah satu tips lebaran di rumah agar suasana lebih terasa hangat. Berkebun dapat dilakukan di halam rumah dengan memanfaatkan tanaman kecil dan pot. Kamu bisa menanam tumbuhan berbunga, atau tanaman rempah-rempah agar hasilnya bisa kamu nikmati sendiri di kemudian hari. 

  • Karaoke dan Bertukar Kado

Karaoke merupakan salah satu tips lebaran di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Kamu hanya perlu menyiapkan mikrofon portable dan menyetel lagu tanpa lirik. Pilihan lagu ini dapat kamu temukan di Youtube secara gratis. Sembari karaoke, kamu juga bisa bertukar kado antar sesama anggota keluarga. 

Baca juga: Panduan Belanja Aman dan Sehat saat Pandemi Corona dari WHO

Tips lebaran di rumah yang terakhir adalah bersilaturahmi dengan anggota keluarga jauh menggunakan video call. Jangan sampai karantina mandiri memutuskan tali silaturahmi antar sesama anggota keluarga. Dengan video call, kamu tetap bisa bersilaturahmi tanpa harus pergi ke luar rumah. Jika di saat seperti ini kamu mengalami masalah kesehatan, diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Fimela. Diakses pada 2020. Tips Nyaman Meskipun Lebaran di Rumah Aja.

Timeout.com. Diakses pada 2020. 101 things to do when you’re stuck at home.