18 June 2018

4 Manfaat Menonton Film Horor

manfaat menonton film horor

Halodoc, Jakarta – Film-film yang mengangkat tema berbau mistis kini semakin banyak, baik buatan dalam negeri sendiri, maupun yang berasal dari luar negeri seperti Thailand, Korea, Jepang, dan lain-lain. Walaupun menghadirkan sosok yang sangat seram yang bisa membuat penontonnya ketakutan sampai berhari-hari, namun tetap saja film horror memiliki banyak peminatnya. Kamu juga termasuk pencinta film horor? Ternyata menonton film horor ada manfaatnya lho untuk kesehatan.

Selain bisa memicu adrenalin, penggemar film horor juga biasanya merasa terhibur bila film yang ditontonnya tersebut berhasil membuat jantungnya berdebar-debar dan napas terengah-engah. Yang jadi pertanyaannya, apakah film horor berdampak baik atau buruk untuk kesehatan?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menonton film horor dapat memberikan dampak buruk, yaitu memicu terjadinya reaksi pembekuan darah dalam tubuh. Dikutip dari WebMD, seorang professor komunikasi dari Purdue University, Glenn Sparks, juga sudah mempelajari dampak film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Hasilnya, menonton film horor dapat membuat denyut jantungmu meningkat sebanyak 15 kali per menit, telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot menegang dan tekanan darah meningkat.

Respon ini sebenarnya hampir mirip ketika kamu sedang merasa stres. Saat kamu sedang ketakutan pun, aliran darah ke bagian tubuh lain selain jantung dan otot juga mungkin ikut menurun. Hal itulah yang membuat suhu tubuh menurun dan kamu jadi merinding.

(Baca juga: Ini Dampak Menonton Film Dewasa Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?)

Namun, enggak semua dampak yang diberikan film horor itu negatif, kok.  Sebagian penelitian menunjukkan dampak baik dari film horor.

1. Membantu Membakar Kalori

Ternyata menonton film horor dapat membantu membakar kalori dalam tubuhmu, lho. Hal ini tentunya jadi kabar gembira buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, menonton film horor  selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan saat kamu berjalan kaki selama 30 menit. Semakin seram film horor yang kamu tonton, semakin banyak kalori dalam tubuh yang bisa dibakar.

Film horor juga disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk memacu adrenalinmu. Hormon adrenalin berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuhmu lebih cepat terbakar atau digunakan.

2. Mampu Mengurangi Stres

Hal ini mungkin terdengar aneh. Bagiamana bisa film horor mengurangi stres, yang ada malah membuat penontonnya jadi tambah stres. Eits, tunggu dulu. Menurut Mark Griffith, professor perilaku kecanduan di Nottingham Trent University, hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kalau kamu nonton film horor karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda yang bahkan belum pernah kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, nonton film horor juga bisa menjadi cara untuk melepaskan emosimu karena frustrasi atau tekanan batin. Saat sedang stres, kamu perlu mencari pelampiasan yang berguna untuk melegakan hatimu. Nah, salah satu caranya bisa dengan nonton film horor.

(Baca juga: Jangan Ditahan, Menangis  Ternyata Ada Manfaatnya)

3. Baik untuk Kesehatan Otak

Film horor diduga dapat memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Selain itu, adrenalin yang dilepaskan saat kamu menonton film horor juga memiliki efek anestesi mirip seperti obat. Senyawa ini baik untuk kesehatan mentalmu karena dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kamu rasakan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Natalie Riddell, seorang ahli imunologi di University College London mengungkapkan bahwa hormone adrenalin yang dihasilkan sebagai respon fight-or-fight saat sedang menonton film horor, dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat.

(Baca juga: Makan Popcorn saat Nonton Film Punya Manfaat Ini)

Nah, itulah beberapa manfaat menonton film horor. Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa ngobrol dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.