• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Agar Cepat Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Agar Cepat Hamil

8 Cara Agar Cepat Hamil

2 menit
Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 19 Mei 2022

“Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar cepat hamil. Beberapa di antaranya, seperti terapkan pola hidup sehat, stop KB, program dokter, perhatikan masa ovulasi, hingga berhenti merokok.”

8 Cara Agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Cepat memiliki momongan menjadi hal yang diidamkan bagi sebagian pasangan. Beberapa dari mereka tidak begitu saja mendapatkan kehamilan dengan cepat dan harus melakukan berbagai macam cara. Guna menunjang kehamilan, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Mempertahankan gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, serta biji-bijian dan protein tanpa lemak. Diet sehat kaya nutrisi yang dilakukan sebelum hamil dapat menurunkan risiko cacat lahir dan kelainan pada janin.

2. Stop KB

Bagi orang tua yang sudah pernah memiliki anak dan melakukan KB, sebaiknya mulai hentikan pemakaiannya jika berencana memiliki anak kedua. Begitu pun dengan pasangan yang belum pernah memiliki anak, hentikan penggunaan KB dan alat kontrasepsi lainnya agar kehamilan lekas terjadi.

3. Program Dokter

Pemeriksaan ke dokter diperlukan bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Terutama jika sang istri memiliki jadwal datang bulan yang tidak teratur. Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan calon ibu dan ayah terkena suatu penyakit yang berisiko membahayakan janin di kemudian hari.

4. Masa Ovulasi

Jika siklus menstruasi adalah 28 hari maka ovulasi biasanya terjadi di hari ke-14, dihitung dari hari pertama siklus menstruasi. Jika masih ragu dengan ketepatan harinya, kamu bisa menggunakan aplikasi pendeteksi masa ovulasi yang bisa diunduh secara gratis.

5. Hubungan Intim yang Nyaman

Melakukan hubungan intim yang nyaman jadi cara agar cepat hamil selanjutnya. Untuk menunjang situasi yang romantis, kamu bisa menggunakan wewangian, aromaterapi, dan pastikan kamar memiliki suhu yang sejuk. Situasi yang nyaman dapat meningkatkan keintiman saat bersama pasangan.

6. Jangan Langsung Beranjak

Cara agar cepat hamil selanjutnya adalah jangan langsung beranjak dari tempat tidur setelah pasangan mengalami ejakulasi. Disarankan untuk berbaring atau mengangkat kaki ke atas 10-15 menit. Dalam waktu tersebut, sperma akan masuk ke serviks dan berdiam diri di dalamnya.

7. Jangan atau Berhenti Merokok

Rokok bisa jadi penyebab menopause dini, yaitu 1-4 tahun lebih cepat dibandingkan seseorang jika tidak merokok. Bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil, sebaiknya dihindari, ya! Keguguran, bayi lahir prematur dan berat badan rendah, dan kematian bayi mendadak bisa menjadi dampak dari merokok saat hamil.

8. Jauhi Stres

Stres dapat menurunkan peluang kehamilan. Di saat yang sama, wanita stres cenderung lebih jarang melakukan hubungan intim. Mereka juga cenderung merokok dan mengonsumsi alkohol dan kafein lebih banyak. Jadi kelola stres dengan baik agar peluang kehamilan bisa meningkat.

Itulah beberapa cara agar cepat hamil yang bisa kamu lakukan. Jika memiliki masalah terkait dengan hal tersebut, segera buat janji rumah sakit untuk melakukan langkah perawatan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2022. How to Get Pregnant Fast.
WebMD. Diakses pada 2022. 7 Tips for Getting Pregnant Faster.
Baby Center. Diakses pada 2022. How to get pregnant fast.