• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Hal yang Perlu Disiapkan jika Ingin Melahirkan Normal

8 Hal yang Perlu Disiapkan jika Ingin Melahirkan Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Setelah berbulan-bulan menjalani kehamilan, menanti momen melahirkan adalah hal yang mendebarkan sekaligus membahagiakan. Tak jarang juga ibu yang ingin melahirkan normal atau lewat vagina.

Sebenarnya, semua metode melahirkan yang dipilih ibu tetaplah baik. Namun, bagi ibu yang ingin melahirkan normal, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Apa saja? Yuk simak lebih lanjut!

Baca juga: 4 Olahraga untuk Bantu Ibu Hamil Melahirkan Normal

Persiapan Jika Ingin Melahirkan Normal

Jika ibu ingin melahirkan normal, berikut ini persiapan yang perlu dilakukan, agar proses melahirkan berlangsung lancar. Berikut ini di antaranya:

1. Riset dan Pilih Tempat Melahirkan

Melakukan riset kecil dan memilih tempat melahirkan adalah persiapan yang penting. Dalam memilih, sebaiknya usahakan lokasi rumah sakit atau praktik bidan dekat dengan rumah. Hal ini untuk memastikan waktu tempuh tidak terlalu lama, jika ada keadaan darurat terjadi.

2. Jaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Selama menjalani kehamilan, pastikan ibu memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. Perhatikan kalori dan kandungan nutrisi dalam semua makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa membantu ibu tetap sehat, terhindar dari masalah kesehatan selama hamil, dan bisa melahirkan dengan lancar.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga, misalnya senam hamil menjelang waktu melahirkan adalah persiapan yang penting untuk dilakukan. Dengan melakukan olahraga, ibu bisa berlatih mengatur pernapasan, meningkatkan kekuatan otot, dan mempersiapkan tubuh menjadi lebih bugar. 

Selain senam hamil, ibu bisa melakukan beberapa olahraga ringan lain, seperti jalan santai, senam kegel, atau yoga. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, tentang olahraga apa saja yang boleh dan sebaiknya dihindari. Saat berolahraga, segera istirahat atau berhenti ketika sudah merasa kelelahan.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan Normal

4. Jaga Kebersihan Diri

Untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi, penting untuk menjaga kebersihan diri sebagai persiapan melahirkan normal. Saat waktu melahirkan sudah dekat, sebisa mungkin cukur bulu kemaluan untuk memudahkan penjahitan jika ada robekan jalan lahir. 



5. Siapkan Kebutuhan Melahirkan

Selain berbagai persiapan tadi, ada pula beberapa kelengkapan yang perlu dipersiapkan jika ingin melahirkan normal, yaitu:

  • Dokumen pribadi, seperti KTP suami dan istri, untuk keperluan administrasi dan pencatatan identitas.
  • Buku atau kartu kunjungan pemeriksaan kehamilan.
  • Pakaian ganti, termasuk pakaian dalam. Usahakan bawa yang nyaman, longgar, dan menyerap keringat.
  • Minyak telon, pakaian, dan perlengkapan bayi lengkap.
  • Peralatan mandi, seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk.
  • Bantal dan guling untuk berjaga-jaga.
  • Makanan, minuman, dan camilan.

6. Siapkan Mental

Hindari rasa takut dan panik. Persiapkan mental sebaik mungkin dan terus berpikiran positif. Hal ini dapat membantu ibu untuk lebih tenang dan menyimpan tenaga agar tidak kelelahan, ketika waktu melahirkan tiba.

Baca juga: Uniknya Ritual Persalinan dari Berbagai Belahan Dunia

7. Jangan Tahan Buang Air Kecil

Ketika sudah mulai merasakan kontraksi dan akan segera melahirkan, jangan menahan-nahan jika ingin buang air kecil. Kandung kemih yang penuh dapat meningkatkan rasa nyeri di perut dan akan menghambat penurunan kepala bayi. Jika sulit ke toilet, ibu bisa menggunakan pispot di tempat tidur.

8. Ikuti Arahan Dokter dan Petugas Medis

Menjelang waktu melahirkan, petugas medis biasanya akan membantu ibu mengatur posisi, serta memberi arahan tentang cara mengejan yang benar. Ikutilah setiap arahan dari dokter dan petugas medis, termasuk jangan mengejan sebelum ada instruksi, agar proses melahirkan bisa berjalan lancar. 

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin melahirkan normal. Kalau ada yang masih ingin ditanyakan seputar melahirkan normal, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2021. Vaginal Delivery - What You Need to Know.
Practo. Diakses pada 2021. 10 Simple Pregnancy Tips to Help You Have a Normal Delivery.
Mom Junction. Diakses pada 2021. Tips for Normal Delivery.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Childbirth: How Should Women Facing Labor Approach Their Birth Plan?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stages of labor and birth: Baby, it's time!