03 May 2018

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan Normal

Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan Normal

Halodoc, Jakarta – Ada dua jenis persalinan yang sudah dikenal, yaitu persalinan normal dan caesar. Persalinan normal adalah kelahiran alami tanpa proses operasi melalui Miss V. Sedangkan persalinan caesar adalah kelahiran dengan prosedur operasi pada bagian bawah perut yang dilakukan untuk menolong bayi yang sulit dilahirkan secara normal.

(Baca juga: Yang Harus Diketahui Jika Melakukan Persalinan Normal)

Jika ibu memilih persalinan normal, maka ada beberapa tahap yang akan ibu lalui. Mulai dari tahap pembukaan jalan lahir, pengeluaran bayi, pengeluaran plasenta, dan observasi (pemantauan kondisi ibu selama dua jam setelah plasenta keluar). Lantas, pasca melahirkan normal, apa saja sih perawatan yang perlu dilakukan?

(Baca juga: Pembukaan Lengkap Saat Melahirkan, Ketahui Lebar Jalan Lahir Bayi)

1. Istirahat

Fase persalinan adalah proses yang panjang. Itu sebabnya, setelah proses persalinan selesai, ibu perlu beristirahat untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Ibu bisa mencuri waktu untuk beristirahat saat Si Kecil tidur. Dekatkan posisi tempat tidur Si Kecil dengan kasur ibu agar memudahkan proses menyusui. Jangan lupa juga untuk berbagi tugas dengan suami agar ibu tidak kewalahan dalam mengurus rumah tangga dan Si Kecil.

2. Jaga Asupan Makan

Hal penting yang perlu dijaga setelah melahirkan adalah asupan makan. Sebab setelah melahirkan, ibu membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menunjang proses menyusui dan mendukung tumbuh kembang bayi. Berikut adalah rekomendasi asupan makanan bagi ibu menyusui sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013:

  • Protein = 76-77 gram per hari.
  • Karbohidrat = 65 gram per hari (6 bulan pertama menyusui).
  • Lemak tak jenuh = 71-86 gram per hari (6 bulan pertama menyusui) dan 73-88 gram per hari (6 bulan kedua menyusui). Kebutuhan ini akan menurun sesuai usia ibu.
  • Zat besi = 32 mmg per hari (6 bulan pertama menyusui) dan 34 mg (6 bulan kedua menyusui).
  • Kalium =  1200-1300 mg per hari (kebutuhannya menurun sesuai usia)
  • Vitamin C = 100 mg per hari.
  • Vitamin E = 19 mg per hari.
  • Kalium = 500 mg per hari.

3. Perawatan Miss V

Setelah melahirkan, Miss V akan mengalami luka dan butuh waktu untuk pulih. Oleh karena itu, ibu perlu memberikan perawatan khusus untuk Miss V setelah melahirkan. Apa saja?

  • Jaga Miss V agar tetap bersih dan kering.
  • Gunakan pembalut untuk mengatasi pendarahan setelah persalinan.
  • Basuh Miss V dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi setelah melahirkan.
  • Larutkan losion antiseptik dalam air dan basuh pada Miss V atau tuangkan di atas jahitan untuk mencegah infeksi setelah melahirkan.
  • Jika ibu merasakan sakit yang tak biasa, seperti Miss V bengkak dan ada cairan berbau, ibu perlu segera bicara pada dokter. Sebab bisa jadi, ini adalah tanda terjadinya infeksi.

4.  Olahraga

Jika dilakukan secara rutin, olahraga bisa membantu mempercepat pemulihan bentuk tubuh setelah melahirkan. Ibu bisa melakukannya secara bertahap, mulai dari jalan santai selama 20-30 menit setiap hari. Setelah ibu merasa cukup siap, ibu bisa mulai untuk melakukan olahraga yang lebih berat seperti latihan otot dasar panggul dan perut. Tentunya, kemampuan olahraga bergantung pada kondisi dan kesanggupan ibu. Selama ibu merasa mampu, ibu boleh-boleh saja berolahraga. Tapi jika ibu ragu, ibu bisa bicara dulu ke dokter sebelum berolahraga.

5. Kondisi Emosi

Setelah melahirkan, ibu mungkin saja mengalami perubahan emosional. Itu sebabnya, beberapa ibu mengalami baby blues, yaitu kondisi gangguan suasana hati setelah melahirkan yang dapat memengaruhi kemampuan ibu dalam merawat bayi dan mengganggu waktu tidur. Kondisi ini tentu tidak boleh diabaikan. Ibu harus segera bicara pada dokter apabila setelah melahirkan ibu mengalami perasaan sedih berkepanjangan atau lebih dari 2 minggu.

Untuk bicara pada dokter, ibu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!