8 Hal yang Terjadi pada Janin di Usia Kehamilan 7 Bulan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
kehamilan 7 bulan,kehamilan,hamil 7 bulan

Halodoc, Jakarta – Menginjak usia kehamilan 7 bulan atau trimester ketiga, itu artinya masa penantian kelahiran akan segera berakhir. Pada usia kehamilan tersebut ada beberapa perubahan yang terjadi pada janin dan menarik untuk diketahui oleh ibu. Berikut adalah keterangannya:

  1. Berat badan bayi mengalami peningkatan yang signifikan dengan kisaran 900-1800 gram dan panjang sekitar 36 sentimeter. Pada kondisi ini, ibu akan mengalami kesulitan untuk mencari posisi nyaman untuk tidur, karena kandungan semakin membesar.
  2. Pada masa kehamilan ini, pendengaran bayi sudah sepenuhnya berkembang. Selain itu, janin juga sudah sering berganti posisi untuk merespon rangsangan, termasuk suara, rasa sakit, dan cahaya. Di momen ini ada baiknya ibu mulai semakin intens mengajak bayi untuk mengobrol atau mendengarkan musik yang dapat menenangkan bayi.
  3. Memasuki bulan ketujuh, struktur tulang bayi akan mulai menguat dari tulang rawan ke tulang keras. Maka dari itu, sebaiknya ibu mulai memperhatikan asupan kalsium supaya pertumbuhan tulang bayi tidak mengalami gangguan.
  4. Bayi mulai aktif bergerak dan intens menendang, bahkan jumlah tendangan bayi digunakan untuk mengukur kondisi bayi di dalam kandungan.
  5. Paru-paru mulai berkembang di usia kehamilan tujuh bulan, sehingga kalau bayi lahir dalam kondisi prematur sekalipun kesempatan untuk bertahan hidup lebih besar dengan perawatan intensif.
  6. Perkembangan sistem saraf pusat telah matang. Janin pun dapat melakukan gerakan pernapasan berirama dan mengontrol suhu tubuhnya.
  7. Siklus tidur dan bangun pada bayi sudah lebih jelas dan bayi sudah bisa bermimpi ketika sedang tidur.
  8. Bayi juga sudah bisa menangis serta membuka dan menutup matanya sebagai bentuk reaksi maupun respons untuk apa yang dirasakannya selama di dalam rahim.

Mengetahui ada banyak perubahan dan perkembangan yang dialami oleh janin ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan, penting untuk ibu memastikan asupan makanannya sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Apalagi menginjak bulan ketujuh, kehamilan menjadi periode yang menantang untuk ibu hamil. Pasalnya, pada masa tersebut segala sesuatu akan terasa tidak nyaman, ditambah lagi dengan pertambahan berat badan bayi.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Badan Sakit Setelah Olahraga

Beberapa nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil di bulan ketujuh kehamilan adalah:

Vitamin C

Asupan Vitamin C dapat mendukung pertumbuhan sel-sel bayi dengan cepat dan memastikan bahwa sistem kekebalan ibu berfungsi secara optimal dan membantu tubuh ibu menyerap zat besi dari makanan nabati. Ibu hamil dengan kadar Vitamin C rendah dapat memperbesar kemungkinan preeklampsia, tekanan darah tinggi, serta retensi cairan dan protein dalam urin.

Baca juga: Ini Trik yang Perlu Dilakukan Supaya Anak Enggak Takut ke Sekolah

Kalsium

Kalsium memastikan bahwa kepadatan mineral tulang ibu dapat lebih optimal dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan normal tulang, gigi, otot, dan saraf bayi. Kalsium juga penting untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan pengaturan tekanan darah.

Magnesium

Magnesium juga merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, magnesium membantu tubuh ibu memanfaatkan protein dan energi, mengatur gula darah dan tingkat tekanan darah, serta membantu fungsi otot dan saraf. Magnesium juga bermanfaat untuk mengurangi kram kaki yang biasa terjadi di trimester ketiga kehamilan. Mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau gelap dapat meningkatkan jumlah magnesium pada ibu hamil.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 yang ditemukan pada ikan sangat penting bagi kehamilan dan menyusui, karena diyakini bahwa kombinasi keduanya dapat mendukung perkembangan otak bayi, sistem saraf pusat, dan mata. Suplementasi minyak omega-3 selama kehamilan dapat bermanfaat, terutama jika asupan makanan ibu rendah karena kurang selera makan.

Kolin

Kolin memainkan peran penting dalam perkembangan selaput sel bayi, impuls saraf, dan otak. Multivitamin umum sering kekurangan kolin. Untuk alasan ini, ibu harus memasukkan makanan yang kaya kolin seperti telur, salmon, kacang merah, susu rendah lemak, ayam, kalkun, hati sapi, dan gandum.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai apa-apa saja yang terjadi pada usia kehamilan tujuh bulan serta bagaimana mengatur asupan nutrisi ibu hamil, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.